Final FA Cup: Selain Pemain 2 Klub, Ada 137 Pemain Lain Turut Bermain

Kompetisi sepak bola tertua di dunia

Laga Final Piala FA yang disponsori oleh Emirates - sehingga disebut sebagai Emirates FA Cup, yang akan dilangsungkan hari Sabtu ini (19/5/2018) di Wembley Stadium, dengan mempertemukan Chelsea kontra Manchester United, menjadi highlight laga minggu ini.

Laga ini menjadi menarik. Selain karena bertepatan dengan upacara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, juga karena akan mempertemukan dua klub yang berjuang mendapatkan trofi tersisa musim ini.

Chelsea yang bertindak sebagai tuan rumah dalam laga ini perlu memenangkan piala ini, guna menyelamatkan muka mereka sebagai juara bertahan Liga Premier Inggris musim lalu, di tengah rumor akan hengkangnya Antonio Conte di akhir musim ini.

Manchester United membutuhkan trofi penghibur setelah musim ini disalip oleh klub tetangga mereka, Manchester City yang berhasil meraih gelar Liga Premier Inggris.

1. Terdapat 137 nama di bola sama seperti umur turnamen ini

Final FA Cup: Selain Pemain 2 Klub, Ada 137 Pemain Lain Turut Bermainwww.thefa.com

Namun FA sebagai penyelenggara turnamen sepak bola tertua di dunia ini - yang ke-137 kalinya tahun ini, membuat sebuah langkah simbolis guna merayakan babak final tahun ini.

Dilansir dari situs resmi FA, bola yang akan digunakan dalam edisi final tahun ini, yaitu Nike Orden V akan dibubuhi dengan 137 nama pencetak gol dalam penyelenggaraan turnamen musim ini.

Bola yang diberi nama "Ball For All' ini akan memasukkan para pencetak gol dari setiap babak yang berlangsung, mulai dari babak pendahuluan ekstra sampai babak semifinal - ditambah dengan gol yang paling memorable dan memberikan impak paling besar.

2. Beberapa pemain yang ada di dalam bola tersebut

Final FA Cup: Selain Pemain 2 Klub, Ada 137 Pemain Lain Turut Bermainwww.thefa.com

Di antaranya gol perdana di babak pendahuluan ekstra yang dicetak oleh Chipping Sodbury Town, Liam Pullen.

Terdapat juga gol dari Noah Keats di babak kualifikasi keempat, membuat Truro City berhasil menjadi klub Cornish pertama yang berhasil mencapai babak/ronde pertama sejak tahun 1969.

Sebuah gol dari pemain divisi pertama Wigan Atletic yaitu Will Grigg yang berhasil menguburkan impian Manchester City juga akan dimasukkan dalam bola tersebut.

Dua pemain dari klub yang akan berlaga di final, yaitu Alexis Sanchez dan Willian juga masuk dalam daftar ini.

3. Nama yang ada di bola tidak memandang kasta klub pemain

Final FA Cup: Selain Pemain 2 Klub, Ada 137 Pemain Lain Turut Bermaintwitter.com/@FootbalIStuff

Menurut seorang petinggi FA, yaitu direktur relasi laga professional, Andy Ambler, kebijakan ini menjadi bukti tidak adanya perbedaan kelas di antara klub yang berpartisipasi.

"Salah satu hal yang paling spesial mengenai Emirates FA Cup adalah bahwa pencetak gol di babak tambahan permulaan (Extra preliminary round) berbagi penghormatan yang sama dengan nama yang paling terkenal.

"Dari 3000 gol yang tercipta dalam kompetisi musim ini, mulai dari semua level piramida sepak bola, diwakili oleh 137 nama dari kompetisi musim ini," demikian tegas sang petinggi FA tersebut.

Masih menurut situs resmi FA, kompetisi ini akan membagikan total dana £14,6 juta bagi 737 tim yang berkompetisi musim ini, di mana pemenang akan mendapatkan hadiah sebesar £1,8 juta.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya