Comscore Tracker

Pertama di Dunia, Klub Ini Akan Bayar Pemainnya Pakai Uang Virtual

Jadi revolusi baru dunia sepak bola

Sebagai sebuah industri, sepak bola merupakan cabang olah raga yang memiliki perputaran uang yang tidak sedikit.

Seiring kemajuan zaman, mau tidak mau sepak bola akan tersentuh dengan kemajuan teknologi - dalam hal ini misalnya teknologi VAR (virtual assistant referee) yang diterapkan di Piala Dunia Rusia 2018. Kini teknologi cryptocurrency juga merambah dunia sepak bola.

1. Pemilik klub adalah investorcryptocurrency

Pertama di Dunia, Klub Ini Akan Bayar Pemainnya Pakai Uang VirtualPixabay.com

Dilansir dari The Guardian, sebuah klub semi profesional Gibraltar bernama Gibraltar United akan menjadi klub pertama di dunia yang membayar gaji para pemainnya menggunakan uang virtual mulai musim depan.

Hal ini disampaikan oleh pemilik klub bernama Pablo Dana yang juga adalah seorang investor mata uang digital, Quantocoin. 

Negara kecil ini memang merupakan negara terdepan dalam fintech (financial technology) dan blockchain (Database publik yang menyimpan catatan transaksi digital uang virtual).

2. Berbagai keuntungan menggunakancryptocurrency sebagai alat pembayaran

Pertama di Dunia, Klub Ini Akan Bayar Pemainnya Pakai Uang VirtualInstagram/@gibraltarunitedfc

Menurut sang pemilik klub, dengan menerapkan metode pembayaran ini akan dapat menjadi inspirasi bagi pihak lainnya untuk melakukan langkah serupa. Selain itu hal ini juga akan menghilangkan korupsi keuangan di cabang olah raga ini.

Keuntungan lainnya adalah kemampuan untuk membayar para pemain asing yang mengalami kesulitan membuka rekening di negara tersebut.

Penerapan teknologi uang virtual ini juga dimungkinkan dilakukan di negara tersebut, mengingat tingkat melek teknologi keuangan di negara tersebut sudah matang.

3. Sejumlah pemain sepertiLionel Messi, Michael Owen dan Luis Figo sudah berpartner dengan perusahaancryptocurrency

Pertama di Dunia, Klub Ini Akan Bayar Pemainnya Pakai Uang VirtualPixabay.com

Secara teori, transfer pemain yang menggunakan cryptocurrency akan terbebas dari pajak dan biaya lainnya yang sering timbul dari transaksi pada umumnya, sekaligus mengakhiri pembayaran ilegal kepada klub, agen dan pihak-pihak lainnya.

Hal ini terbukti saat sebuah klub amatir Turki, Harunustaspor melakukan transfer pemain menggunakan mata uang digital.

Saat itu mereka hanya membayar nilai transfer dengan jumlah minimal, yang bisa menjadi konfirmasi bahwa ini juga bisa berlaku untuk transaksi dengan nilai yang lebih besar.

Menurut RT, sejumlah pemain terkenal seperti Lionel Messi, Michael Owen dan Luis Figo sudah berpartner dengan perusahaan cryptocurrency.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya