Perancis Tim Pertama yang Diuntungkan Teknologi VAR di Piala Dunia

#WorldCup2018 Untung ada VAR

Video Assistant Referee (VAR) yang menjadi andalan FIFA di Piala Dunia Rusia 2018 membuktikan keampuhannya dalam laga antara Perancis melawan Australia yang berlangsung semalam (16/6/2018). Tidak seperti VAR yang dipergunakan oleh sepak bola Amerika Serikat, dimana permainan harus terhenti menunggu keputusan dari VAR. Teknologi yang dipergunakan di turnamen sepak bola terakbar kali ini bisa berjalan dengan mulus.

1. Babak pertama imbang 0-0

Perancis Tim Pertama yang Diuntungkan Teknologi VAR di Piala Duniatwitter.com/TheSporTalk

Gol pertama tim nasional Perancis merupakan hasil dari teknologi VAR yang mulai dipergunakan di Piala Dunia Rusia 2018. Setelah bermain imbang 0-0 di babak pertama, timnas Perancis berhasil mencetak gol dari titik penalti meskipun keputusan untuk memberikan hadiah penalti tertunda hampir dua menit.

2. VAR mengubah keputusan wasit di lapangan

Dalam sebuah serangan sepuluh menit setelah babak kedua dimulai, Antoine Griezmann yang mengejar bola terjatuh di kotak penalti timnas Australia akibat tackle dari pemain tim nasional Australia, Risdon. Wasit yang memimpin laga menganggap bahwa penyerang tim nasional Perancis tersebut tidak dilanggar dan memutuskan melanjutkan laga.

Namun teknologi VAR membuat perbedaan di laga tersebut. Berdasarkan analisis wasit VAR terlihat jelas bahwa Antoine Griezmann jelas dilanggar dan seharusnya tim nasional Perancis dihadiahkan tendangan penalti.

3. VAR memberikan rasa adil dalam sebuah laga

Perancis Tim Pertama yang Diuntungkan Teknologi VAR di Piala Duniatwitter.com/MarcinTyc

Setelah mendapatkan informasi dari wasit VAR, wasit yang memimpin laga pun menunjuk titik penalti dan memberikan hadiah penalti dua menit kemudian dan pemain belakang Australia diberikan kartu kuning. Laga berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan tim nasional Perancis setelah Samuel Umtiti menyentuh bola dengan tangannya yang membuat wasit kembali menunjuk titik putih sebelum akhirnya Paul Pogba mencetak gol kemenangan.

Penerapan teknologi VAR ini memang sangat membantu memberikan rasa adil kepada tim yang berlaga, dalam hal ini tim nasional Perancis. Keputusan untuk memberikan hadiah penalti, meskipun terlambat namun rasanya pantas.

Tanpa VAR, keputusan tidak memberikan hadiah penalti atas pelanggaran kepada Antoine Griezmann akan membuat debat berkepanjangan. Namun dengan VAR kesalahan dapat segera dikoreksi dan slogan fair play pun bisa berjalan sebagaimana seharusnya.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya