Setelah Neymar, Barcelona Dipusingkan Klausul Pelepasan Samuel Umtiti

Menurut Laporan Manchester City siap mengaktifkan klausulnya

Barcelona bisa kembali dihadapkan dengan yang namanya klausul pelepasan (release clause), sesuatu yang wajib menurut hukum ketenagakerjaan di Spanyol.

Pertengahan tahun lalu mereka dibuat pusing dengan klausul pelepasan ini, karena Paris Saint-Germain mengaktifkan klausul pelepasan tersebut guna mendapatkan Neymar. Uang sebesar 222 juta euro menjadikan Neymar sebagai pemain termahal dunia sampai saat ini.

Klausul pelepasannya 'hanya' 60 juta euro

Setelah Neymar, Barcelona Dipusingkan Klausul Pelepasan Samuel Umtititwitter/@samumtiti

Seakan tidak belajar dari pengalaman pahit ini - yang kini terasa manis mengingat kinerja mereka justru lebih bagus tanpa Neymar, meskipun kehilangan seorang pemain dengan cara begini tentunya tidak menyenangkan - petinggi Barcelona menetapkan klausul pelepasan Samuel Umtiti di level yang sangat rendah.

Dilansir dari media Spanyol, AS, saat didatangkan di musim panas 2016 dari Olympique Lyon dengan harga 25 juta euro, sang pemain memiliki klausul pelepasan senilai 60 juta euro.

Seiring berjalannya waktu, kinerja kinclong Samuel Umtiti di lapangan bersama Barca membuatnya menjadi bagian penting dari barisan pertahanan klub Catalan tersebut dan tim nasional Perancis.

Pep Guardiola sedang mencari seorang pemain belakang

Setelah Neymar, Barcelona Dipusingkan Klausul Pelepasan Samuel Umtititwitter/@samumtiti

Harian utama Spanyol, Marca melaporkan bahwa nilai klausul pelepasan sang pemain senilai 60 juta euro termasuk rendah, dan Manchester City sedang mempertimbangkan untuk mengaktifkan klausul pelepasannya tersebut.

Mengutip harian terkemuka Perancis, L'Equipe, yang menyebutkan bahwa hal ini termasuk 'sangat mungkin' yang membuat pemain berkebangsaan Perancis bisa saja bertukar kostum di jendela transfer musim dingin ini.

Masih menurut AS, Pep Guardiola juga sedang mencari seorang bek tengah untuk membantu Otamendi dan Stones di tengah badai cedera yang melanda Vincent Kompany dan tidak konsistennya Mangala. Nilai 60 juta euro hanya sedikit lebih banyak dari yang dibayarkan Manchester City untuk Kyle Walker. Dan jauh lebih kecil dari yang dibayarkan oleh Liverpool untuk Virgil Van Dijk.

Perlu kontrak baru dan peningkatan klausul pelepasan

Setelah Neymar, Barcelona Dipusingkan Klausul Pelepasan Samuel Umtititwitter/@FCBarcelona

Guna menangkal kemungkinan ini sebuah kontrak baru dan peningkatan kontak dalam hal ini tawaran gaji mungkin harus segera dilakukan oleh petinggi Barcelona, sekaligus menaikkan klausul pelepasannya. 

Sang pelatih jelas ingin mempertahankan pemainnya ini mengingat peran pentingnya menjaga pertahanan Barcelona yang tentunya berharap memenangkan gelar La Liga musim ini setelah menjadi juara paruh musim di musim kompetisi ini.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah Pep Guardiola berani menyentuh mantan klub yang pernah diasuhnya tersebut.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya