Virgil Van Dijk Pecahkan Rekor Transfer, Ini Daftar 10 Bek Termahal Dunia

Bek-bek ini pernah tercatat jadi bek termahal dunia..

Manajemen Liverpool memberikan kabar suka cita kepada penggemarnya di akhir tahun 2017 dengan keberhasilan mereka mendapatkan bek 'idaman' sang pelatih, Jurgen Klopp, yaitu Virgil Van Dijk.

Sudah bukan rahasia lagi kalau pelatih berkebangsaan Jerman ini memang menginginkan pemain berkebangsaan Belanda tersebut. 'Cinta mati' terhadap pemain yang diharapkan akan memperkuat barisan pertahanannya dibuktikan dengan tidak mendatangkan pemain lainnya di jendela transfer musim panas lalu yang berlangsung selama bulan Juli-Agustus 2017 lalu. 

Padahal sepanjang musim lalu banyak orang yang sudah memperingatkan Jurgen Klopp agar memperkuat lini belakang mereka untuk mengimbangi lini depan mereka yang dikenal tajam sampai ada yang menjuluki 'The Fab Four'.

Namun kegagalan mendapatkan pemain berusia 26 tahun ini setelah situs resmi klub, Liverpoolfc.com mengumumkan kesepakatan yang sudah tercapai untuk mendatangkan sang pemain saat jendela transfer dibuka tanggal 1 Januari 2018 mendatang. 

Harian The Telegraph mengungkapkan bahwa bek tengah Southampton ini akan menjadi pemain belakang termahal dunia dengan fee transfer sebesar £75 juta atau sekitar 85 juta euro dengan gaji £180 ribu per minggunya. Berikut 10 bek termahal dunia sepanjang sejarah seperti dilansir dari harian utama Spanyol, Marca.

10. Lilian Thuram - Parma ke Juventus dengan nilai transfer 41.5 juta Euro

Virgil Van Dijk Pecahkan Rekor Transfer, Ini Daftar 10 Bek Termahal DuniaTwitter.com/SPORTCIRCUSINT

Lilian Thuram bermain selama 5 musim bersama Juventus sebelum akhirnya pindah ke Barcelona pada bulan Juli 2006 dimana dia bermain selama dua musim.

9. Leonardo Bonucci - Parma ke Juventus dengan nilai transfer 41.5 juta Euro

Virgil Van Dijk Pecahkan Rekor Transfer, Ini Daftar 10 Bek Termahal DuniaTwitter/bonucci_leo19

Bersama Juventus Bonucci membentuk trisula BBC [Buffon, Bonucci dan Chielini] sebagai salah satu trisula yang sangat disegani musim lalu saat membawa Juventus ke babak final Liga Champion Eropa. Namun hubungan yang buruk dengan pelatih memaksanya pindah ke Milan di jendela tranfer musim panas lalu.

8. Thiago Silva - Milan ke PSG dengan nilai transfer 42 juta Euro

Virgil Van Dijk Pecahkan Rekor Transfer, Ini Daftar 10 Bek Termahal DuniaTwitter/tsilva3

Thiago Silva bermain selama tiga musim bersama AC Milan sebelum akhirnya pindah PSG diman dia sudah bermain selama 5 musim terakhir ini dimana dia diangkat sebagai kapten klub.

7. Nicolas Otamendi - Valencia to Manchester City dengan nilai transfer 44.6 juta Euro

Virgil Van Dijk Pecahkan Rekor Transfer, Ini Daftar 10 Bek Termahal DuniaTwitter/Notamendi30

Nicolas Otamendi sempat bermain selama satu musim bersama Valencia sebelum akhirnya pindah ke Manchester City. Musim ini dia sudah mencetak 5 gol untuk tim asuhan Pep Guardiola ini.

6. Rio Ferdinand - Leeds United ke Manchester United dengan nilai transfer 46 juta Euro

Virgil Van Dijk Pecahkan Rekor Transfer, Ini Daftar 10 Bek Termahal DuniaTwitter/rioferdy5

Bersama Manchester United, Rio Ferdinand merupakan bek andalan Sir Alex Ferguson dimana dia bermainselama 12 musim, sebelum akhirnya pindah ke QPR tahun 2014 dimana dia bermain selama satu musim sebelum akhirnya pensiun Juli tahun 2015.

5. David Luiz - Chelsea ke PSG dengan nilai transfer 49.5 juta Euro

Virgil Van Dijk Pecahkan Rekor Transfer, Ini Daftar 10 Bek Termahal DuniaTwitter/DavidLuiz_4

Mantan pemain Benfica ini bermain selama dua musim di PSG sebelum akhirnya kembali lagi ke Chelsea di jendela transfer musim panas 2016. Saat ini sedang mengalami cedera lutut, meskipun sempat mencatatkan dua gol musim 2017/18 ini.

4. John Stones - Everton ke Manchester City dengan nilai transfer 56 juta Euro

Virgil Van Dijk Pecahkan Rekor Transfer, Ini Daftar 10 Bek Termahal DuniaTwitter/Johnnstones

Mantan pemain Barnsley ini bermain untuk Everton selama tiga musim sebelum pindah ke Manchester City musim lalu. Musim ini sudah mencetak tiga gol bagi klubnya di Liga Champions Eropa.

3. Benjamin Mendy - Monaco ke Manchester City dengan nilai transfer 57 juta Euro

Virgil Van Dijk Pecahkan Rekor Transfer, Ini Daftar 10 Bek Termahal DuniaTwitter/benmendy23

Benjamin Mendy merupakan bagian dari skuad AS Monaco yang mengguncang dunia sepak bola di Liga Champions Eropa musim lalu bersama Kylian Mbappe - yang berhasil menembus babak semi final Liga Champions Eropa musim lalu, Dia bermain selama satu musim di AS Monaco. Namun cedera yang dialaminya membuatnya harus membuatnya menjadi penonton sampai bulan April 2018 nanti.

2. Kyle Walker - Tottenham ke Manchester City dengan nilai transfer 60 juta Euro

Virgil Van Dijk Pecahkan Rekor Transfer, Ini Daftar 10 Bek Termahal DuniaTwitter/kylewalker2

Kyle Walker merupakan salah satu pemain Tottenham Hotspur yang berhasil 'mengeluarkan dirinya' dari klubnya dimana dia bermain selama 6 musim. Bersama klub barunya dia berhasil memberikan 5 assist musim ini.

1. Virgil Van Dijk - Southampton ke Liverpool dengan nilai transfer 85 juta Euro

Virgil Van Dijk Pecahkan Rekor Transfer, Ini Daftar 10 Bek Termahal DuniaTwitter/VirgilvDijk

Jurgen Klopp memilih tidak mencari pemain lain setelah gagal mendapatkan pemain berkebangsaan Belanda ini di jendela transfer musim panas lalu.

Virgil Van Dijk dibeli oleh Southampton dari Celtic dengan nilai 15,7 juta Euro pada bulan September 2015 dan hanya dalam waktu dua tahun lebih nilainya sudah meningkat lima kali lipat.

Pasca transfer Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain, harga pemain memang terkerek naik secara tidak wajar. Selain karena sudah meratanya pendapatan klub-klub Eropa yang mendapatkan pendapatan dari pembagian hak siaran TV, kadang suntikan dana dari pemilik juga berpengaruh.

Tinggal sekarang apakah para bek termahal ini bisa membuktikan diri bahwa klub tidak salah menggelontorkan dana tersebut untuk mendapatkan jasa mereka (kecuali tentunya yang sudah pensiun seperti Lilian Thuram dan Rio Ferdinand). Waktulah yang akan membuktikan.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya