Wasit Buka Kartu Kejadian Tandukan Zidane kepada Materazzi di PD 2006

Memori momen Piala Dunia Jerman 2006

Salah satu momen Piala Dunia yang paling dikenang adalah insiden di turnamen sepak bola terakbar dunia 12 tahun lalu.

Saat itu di babak final Piala Dunia yang berlangsung di Berlin mempertemukan Perancis melawan Italia.

Selain kemenangan Italia di babak final, salah satu insiden yang paling dikenang adalah tandukan Zinedine Zidane kepada Marco Materazzi. 

1. Zidane menanduk Materazzi di babak perpanjangan waktu

Wasit Buka Kartu Kejadian Tandukan Zidane kepada Materazzi di PD 2006twitter.com/OverallFootball

Kini wasit yang memimpin laga tersebut, Horacio Elizondo membuka tabir apa yang sebenarnya terjadi dari sudut pandang dirinya sebagai pengadil laga tersebut, seperti diungkapkannya kepada TEDtalk sebagaimana dilansir dari AS.

Dalam laga yang berlangsung tanggal 8 Juli 2006, Zidane mencetak gol pembuka bagi Prancis sebelum Marco Materazzi menyamakan kedudukan, sehingga laga harus dilakukan melalui babak perpanjangan waktu. Pada menit ke-110, Zidane menanduk Marco Materazzi di dadanya.

2. Dua asisten pelatih tidak melihat kejadian tersebut

Wasit Buka Kartu Kejadian Tandukan Zidane kepada Materazzi di PD 2006twitter.com/AsifBurhan

Wasit asal Argentina ini menyatakan bahwa saat kejadian dia tidak sempat melihat insiden tersebut dan terpaksa berkonsultasi dengan kedua asistennya, yang celakanya juga tidak melihat hal tersebut, sebagaimana dilansir dari AS.

"Satu saat saya melihat Materazzi tergeletak di lantai, sekitar 30 atau 40 meter dariku, dan saya pun menghentikan laga. Langsung, melalui interkom, saya bertanya kepada asisten mengenai apa yang terjadi. Yang mengagetkan, keduanya menjawab 'kami sama sekali tidak melihat sesuatu'".

3. Asisten wasit ke-4 yang melihat jelas kejadian tersebut

Wasit Buka Kartu Kejadian Tandukan Zidane kepada Materazzi di PD 2006twitter.com/RadioMARCA

Untungnya saat itu ada wasit ke-empat asal Spanyol bernama Luis Medina Cantalejo yang tampil ke muka - yang melihat kejadian tersebut dengan jelas.

"Mengerikan, tandukan Zidane kepada Materazzi sungguh mengerikan... F**k! Zidane menanduk Materazzi. Ketika Anda melihat videonya Anda tidak akan percaya kepadaku."

Atas informasi dari sang asisten wasit inilah, wasit Horacio Elizondo memberikan kartu merah kepada Zidane.

Italia akhirnya memenangkan laga ini melalui laga adu penalti dengan skor 5-3.

Situs FIFA mencatat bahwa Horacio Elizondo menjadi wasit yang pertama kali menjadi pengadil laga pembuka dan laga penutup Piala Dunia Jerman 2006.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya