El Clasico: Real Madrid Dibuat Frustasi oleh Barcelona

Madridista jangan kecewa, masih ada El-Clasico di Camp Nou

El Clasico yang berlangsung 23 Desember 2017 pukul 13.00 waktu setempat berlangsung sangat dramatis. Secara keseluruhan pertandingan yang baru saja berlangsung sangat di dominasi oleh serangan-serangan Barcelona. Ball possesion yang didapatkan Barcelona dalam pertandingan tadi sebesar 53% dengan perolehan 12 shots on target, sedangkan Real Madrid hanya memperoleh 47% dengan 5 bola yang mengarah ke gawang.

Pola permainan Real madrid secara keseluruhan kurang efektif dalam El Clasico kali ini. Real Madrid hanya dapat menyerang secara agresif pada babak pertama, sedangkan di babak kedua Real Madrid lebih bermain bertahan. Hal ini dimanfaatkan oleh Barcelona dimana mereka lebih leluasa untuk membawa bola memasuki daerah pertahanan Real Madrid.

Taktik brilian Barcelona berbuah hasil setelah 9 menit babak kedua berjalan, bermula dari bola yang berhasil direbut Ivan Rakitic dari kaki Toni Kroos, bola diumpan ke Sergi Roberto, kemudian memberikan umpan akurat ke Luis Suarez. Luis Suarez yang sudah berdiri bebas tanpa pengawalan dengan mudah melakukan penyelesaian yang berbuah Gol ke gawang Keylor Navas.

Beberapa menit berselang, Barcelona hampir menggandakan kedudukan dengan sekema yang sama dengan gol yang tercipta di babak pertama, serangan bermula dari tendangan Luis Suarez yang berhasil di tepis oleh Navas, lalu jatuh ke kaki Messi, diumpan ke Suarez kembali namun tembakan Suarez masih membentur gawang, bola muntah yang seharusnya dapat di konversi menjadi gol oleh Paulinho di hentikan oleh tangan Daniel Carvajal. Wasit langsung memberikan kartu merah kepada Carvajal karena dengan sengaja menghentikan bola dengan tangan dan Barcelona mendapatkan hadial penalty. Messi sukses menggandakan keunggulan Barcelona melaui titik putih. 

Setelah gol kedua Barcelona membuat Real Madrid merasa frustasi dan tidak bisa mengembangkan serangan ke gawang Barcelona. Serangan Real Madrid sempat hidup setelah Zidane memutuskan untuk memasukkan Gareth Bale dan Marco Asensio sekaligus menggantikan Mateo Kovacic dan Casemiro. Beberapa peluang sempat didapatkan Bale untuk menyamakan kedudukan, namun kesigapan kiper Ter Stegen membuat seluruh peluang Real Madrid Kandas.

Tidak satu gol pun berhasil di ciptakan Real Madrid hingga satu menit sebelum pertandingan selesai, Barcelona sempat menambah keunggulan melalui aksi individual Messi yang berhasil mengecoh bek Real Madrid. Umpan akurat yang diberikan Messi diselesaikan dengan tendangan keras Aleix Vidal ke gawang Real Madrid.

1. Christiano Ronaldo Mati Kutu

El Clasico: Real Madrid Dibuat Frustasi oleh Barcelonacaracol.com.co

Selepas Daniel Carvajal menerima kartu merah pada menit ke 63, Real Madrid semakin kesulitan untuk menyerang ke daerah pertahanan Barcelona. Selain itu sang pemain bintang yang baru-baru ini menerima Ballon d'or tidak bisa berbuat banyak di El Clasico kali ini.

Christiano Ronaldo sebenarnya sempat memiliki peluang di babak pertama untuk membuka keunggulan di gawang Barcelona di menit ke 3, namun sayang sundulan Ronaldo dianulir wasit karena Ronaldo sudah berdiri pada Posisi off side. Kemudian di menit 10 Ronaldo kembali memperoleh kesempatan melalui aksi dari Toni Kroos, namun Ronaldo gagal mengkonversikan umpan Kroos menjadi gol.

Sejak babak pertama Ronaldo harus bekerja keras memberikan umpan matang ke Benzema, namun kokoh nya bek Barcelona membuat pemain bintang ini mengalami frustasi untuk mengolah bola saat di daerah pertahanan Barcelona. Beberapa bola yang dikuasai Ronaldo berhasil direbut oleh pemain bertahan Barcelona. Rapat nya pertahanan Barcelona membuat Ronaldo tidak mampu bermain efektif di El Clasico kali ini.

2. Drama Luis Suarez

El Clasico: Real Madrid Dibuat Frustasi oleh Barcelonaeurosport.com

Pemain Barcelona yang satu ini sempat dijuluki raja diving, pasalnya pemain yang berasal dari Uruguay ini sering kali membuat reaksi berlebihan ketika dilanggar pemain lain. Sepanjang El Clasico berlangsung, Suarez selalu dapat membuat pemain Real Madrid menerima peringatan atas pelanggaran, bahkan kartu merah. Pertandingan El Clasico tadi, Sergio Ramos menerima kartu kuning karena secara sengaja terlihat mengayunkan tanganya ke muka Suarez.

Suarez merespon dengan terjatuh sembari menutup muka yang tadi dikenai oleh tangan Ramos, hal ini membuat wasit memberikan kartu kuning pada Ramos pada menit ke 59. Aksi drama Suarez dilengkapi dengan gol pertama yang diciptakan ke gawang Navas pada menit ke 54. Gol ini praktis menambah jumlah gol Suarez di La Liga menjadi 11 goal tepat di bawah top score Lionel Messi dengan 16 goal.

3.Barcelona Kokoh Di Puncah Klasemen

El Clasico: Real Madrid Dibuat Frustasi oleh Barcelonasoccerladuma.co.za

Dengan kemenangan atas Real Madrid di El Clasico di akhir musim setidaknya memberikan rasa kepercayaan diri kepada pemain Barcelona untuk bisa fokus dan memenangi Liga Champion. Hal ini juga sebagai kado natal untuk pemain Barcelona sebelum jeda musim 2 minggu kedepan. Raihan 3 poin ini sekaligus membuat Barcelona kokoh di puncah klasemen dengan perolehan 45 poin ,dimana unggul 14 poin dengan Real Madrid dan 9 poin atas Atletico Madrid di posisi 2 klasemen La Liga.

Banyak yang berspekulasi bahwa kemenangan atas Real Madrid membuat Barcelona sudah dipastikan bisa membawa pulang piala La Liga musim ini. Kesuksesan barcelona tak lepas dari ketidakkonsistenan dari tim rival Actletico Madrid dan Real Madrid. Barcelona harus tetap konsisten dan fokus di setiap pertandingan untuk bisa memastikan membawa pulang piala La Liga di akhir musim.

YB. Abraham Photo Writer YB. Abraham

Writing became one part of my life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya