Comscore Tracker

Apa itu FIFA? Ini Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Tugasnya

FIFA adalah induk sepak bola dunia

FIFA adalah sebuah induk organisasi resmi sepak bola di dunia. Kepanjangan FIFA adalah Federation Internationale de Football Association. Sebagai induk sepak bola, FIFA idealnya menjadi naungan bagi seluruh organisasi sepak bola di setiap negara anggota.

Selain itu, FIFA juga punya berbagai tugas dan fungsi untuk mengatur olahraga sepak bola di dunia. IDN Times akan membahas secara lengkap tentang organisasi FIFA, mulai dari sejarah, tugas, fungsi, hingga kasus korupsi yang terjadi pada tubuh FIFA. Simak, ya!

1. Sejarah FIFA

Apa itu FIFA? Ini Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan TugasnyaIlustrasi trofi piala dunia pertama tahun 1930 di Uruguay (fifamuseum.com)

Pembentukan FIFA

FIFA didirikan pada 21 Mei 1904 di belakang gedung asosiasi atletik di Paris, Prancis. Walaupun markas besar FIFA saat ini berada di Zurich, Swiss.

Pembentukan FIFA pertama kali merupakan inisiatif seorang jurnalis olahraga, Robert Guerin. Ia juga yang kemudian menjadi presiden FIFA pertama pada tahun 1904-1906. 

Lantas, Robert Guerin mengumpulkan tujuh organisasi sepak bola di Eropa. Tujuannya untuk membuat undang-undang dan statuta FIFA. Beberapa negara tersebut adalah Prancis, Belanda, Spanyol, Denmark, Swedia, Belgia, dan Swiss.

Perwakilan dari beberapa negara tersebut antara lain:

  • Robert Guerin dan Andre Espir (Prancis)
  • Carl Anton Wilhelm Hirschman (Belanda)
  • Andre Espir (Spanyol, dalam hal ini Real Madrid)
  • Ludvig Sylow (Denmark)
  • Louis Muhlinghaus dan Max Kahn (Belgia)
  • Victor E Schneider (Swiss)

Penyelenggaraan piala dunia pertama

Adanya undang-undang dan statuta FIFA pertama tersebutlah yang mengantarkan FIFA lebih berkembang dan dikenal dunia, tidak hanya Eropa. Kedua hal tersebut dibutuhkan untuk menaungi berbagai pertandingan internasional.

FIFA adalah organisasi yang bertanggung jawab untuk mengadakan kejuaraan sepak bola internasional. Dari hal itu, maka lahirlah kejuaraan piala dunia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali.

Piala dunia pertama kali diselenggarakan oleh FIFA di Uruguay pada tahun 1930. Saat itu, hanya ada 13 negara yang ikut berpartisipasi, yaitu Uruguay, Argentina, Cile, Prancis, Meksiko, Yugoslavia, Brasil, Bolivia, Rumania, Peru, Amerika Serikat, Paraguay, dan Belgia.

Sebenarnya ada beberapa negara lain yang berpotensi untuk ikut bergabung, tetapi mereka menolak karena kondisi ekonomi negara yang masih terpuruk akibat Perang Dunia I.

Peserta piala dunia setiap edisinya terus bertambah. Namun, ajang piala dunia sempat tidak diselenggarakan selama dua edisi, yaitu pada 1942 dan 1946 karena sedang terjadi Perang Dunia II.

2. Fungsi FIFA

Apa itu FIFA? Ini Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan TugasnyaPresiden FIFA saat ini, Gianni Infantino (fifa.com)

Secara umum, FIFA memiliki fungsi untuk memastikan terselenggaranya kompetisi-kompetisi sepak bola profesional di seluruh dunia dengan baik. Tidak hanya itu, FIFA juga idealnya berfungsi untuk merancang aturan dan ketentuan tentang persepakbolaan di dunia.

Selain itu, FIFA juga harus memastikan penegakan aturan-aturan tersebut dan mengontrol sepak bola profesional di dunia, khususnya pada 211 negara anggota FIFA.

3. Tugas FIFA

Apa itu FIFA? Ini Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan TugasnyaMarkas besar FIFA di Zurich, Swiss (fifa.com)

Tugas utama FIFA adalah mengatur dan menguji aturan tentang sepak bola secara keseluruhan. FIFA juga bertugas secara rutin untuk memantau berbagai fenomena perkembangan dunia sepak bola.

Di samping itu, tugas lain dari FIFA adalah sebagai berikut:

  • Mempromosikan sepak bola ke seluruh negeri.
  • Membuat daftar peringkat dunia FIFA setiap bulan.
  • Memberikan penghargaan bagi pemain terbaik dunia FIFA.
  • Mengatur transfer pemain sepak bola, dan sebagainya.

Baca Juga: Daftar Juara Piala Dunia Terlengkap dari Masa ke Masa, 1930-2018

4. FIFA dianggap sebagai organisasi korup

Apa itu FIFA? Ini Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan TugasnyaFIFA Uncovered (dok. Netflix/FIFA Uncovered)

Tahun 2022, platform streaming Netflix merilis seri dokumenter berjudul FIFA Uncovered yang secara umum membahas tentang kebobrokan FIFA sebagai induk sepak bola dunia.

Pada seri dokumenter tersebut, belasan petinggi FIFA diduga kuat melakukan tindak korupsi dan penyuapan terhadap sejumlah pihak untuk kepentingan tertentu. Salah satunya dalam pemilihan negara tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022.

Selain itu, seri dokumenter berisi empat episode ini mengungkap sisi gelap FIFA yang lekat dengan politik, suap, dan transaksi-transaksi terlarang. Bobroknya FIFA disebutkan dimulai sejak era Presiden FIFA, Joao Havelange sekitar tahun 1970-an.

Ia menjabat dari 1974-1998 dan diduga terlibat dengan sejumlah suap terhadap beberapa pihak. Presiden berikutnya, Sepp Blatter juga disebut-sebut sering 'cuci tangan' terhadap kasus korupsi yang terjadi di dalam tubuh organisasi.

Bahkan, sebanyak 14 executive commitee (exco) FIFA sudah dinyatakan bersalah atas dugaan korupsi. Hal itu membuat FIFA makin dicap sebagai organisasi korup.

Nah, demikianlah penjelasan tentang FIFA sebagai induk sepak bola dunia. Sebagai informasi, Piala Dunia 2022 tengah digelar di Qatar yang dijadwalkan berlangsung mulai 20 November hingga puncak finalnya pada 18 Desember 2022.

Baca Juga: 7 Fakta Trofi Piala Dunia, Pernah Dicuri dan Ganti Desain

Topic:

  • Yogama Wisnu
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya