Piala Dunia Antarklub: Sejarah, Aturan, dan Juara Terbanyak

Diikuti 6 klub dan 1 tuan rumah

Piala Dunia Antarklub merupakan turnamen sepak bola tahunan internasional yang mempertemukan wakil-wakil dari enam konfederasi sepak bola di dunia dan satu klub tuan rumah. Setiap wakil merupakan juara dari kompetisi pada setiap konfederasi atau di Eropa dikenal dengan Liga Champions.

Piala Dunia Antarklub pertama kali digelar pada 2000 dan masih bergulir hingga sekarang. Kejuaraan ini sudah diselenggarakan di berbagai negara, mulai dari Brasil, Jepang, Qatar, Maroko, hingga Uni Emirat Arab.

Pada 2023, Piala Dunia Antarklub digelar mulai 13-23 Desember 2023 di Uni Emirat Arab dengan Al-Ittihad sebagai tuan rumah. Berikut sejarah, format, aturan, dan klub juara terbanyak Piala Dunia Antarklub.

1. Sejarah Piala Dunia Antarklub

Piala Dunia Antarklub: Sejarah, Aturan, dan Juara TerbanyakReal Madrid juara Piala Dunia Antarklub 2022. (Twitter/@realmadrid).

Gelaran Piala Dunia Antarklub bermula dari kejuaraan Piala Interkontinental yang mempertemukan juara Liga Champions Eropa dan juara Copa Libertadores Spanyol. Piala Interkontinental sudah digelar sejak 1960 oleh Union of European Football Associations (UEFA) atau federasi sepak bola di Eropa dan Conmebol atau federasi sepak bola Amerika Selatan.

Kemudian pada 1980, Piala Interkontinental berubah nama menjadi Piala Toyota yang diadakan di Jepang. Namanya berubah karena terkait kerja sama dengan sponsor.

Pada 1993, muncul ide dari komite eksekutif FIFA untuk mengadakan turnamen antarklub dari setiap konfederasi. Pembicaraan tentang penyelenggaraan turnamen tersebut terus berlanjut sampai menentukan calon tuan rumah Piala Dunia Antarklub.

Ada beberapa calon tuan rumah, seperti China, Brasil, Meksiko, Paraguay, Turki, Amerika Serikat, Uruguay, dan Tahiti. Akhirnya pada 7 Juni 1999, Brasil yang terpilih sebagai tuan rumah pertama Piala Dunia Antarklub.

Mulanya, turnamen perdana akan digelar pada 1999 yang mempertemukan juara kontinental 1998, juara Piala Interkontinental, dan juara klub nasional negara tuan rumah. Namun, turnamen ditunda setahun dan menambah delapan klub peserta baru dari juara kontinental 1999.

Pada 2000, Piala Dunia Antarklub pertama kali digelar di Brasil. Klub yang keluar sebagai juara adalah Corinthians setelah mengalahkan tim satu negaranya, Vasco da Gama dalam babak adu penalti. Pada 2001 hingga 2004, Piala Dunia Antarklub sempat ditiadakan karena beberapa alasan, terutama masalah finansial FIFA ketika itu.

Hingga saat ini, Piala Dunia Antarklub digelar di berbagai negara tuan rumah yang berbeda dan diikuti enam klub juara liga dari setiap konfederasi ditambah satu klub tuan rumah.

2. Format dan aturan Piala Dunia Antarklub

Piala Dunia Antarklub: Sejarah, Aturan, dan Juara TerbanyakCristiano Ronaldo meraih trofi Piala Dunia Antarklub saat membela Manchester United. (twitter.com/manutdmen)

Pada gelaran perdananya, Piala Dunia Antarklub menggunakan format dua babak. Ada delapan klub yang dibagi menjadi dua grup. Setiap juara grup akan bertemu di final, sedangkan runner-up setiap grup akan memperebutkan juara ketiga.

Lalu pada 2005, format kompetisi berubah menjadi eliminasi tunggal. Setiap tim akan melawan tim lainnya hingga babak adu penalti jika hasil seri untuk menentukan pemenang. Ada enam klub yang akan memperebutkan posisi juara yang terbagi menjadi tiga tahap, yaitu babak perempat final, semifinal, dan final.

Babak perempat final mempertemukan juara Liga Champions dari Oseania, Afrika, Asia, dan Amerika Utara. Pemenang nantinya akan masuk semifinal untuk melawan juara Liga Champions Eropa dan Amerika Selatan. Kemudian pemenangnya akan bertemu di final.

Saat ini, ada empat tahap pada Piala Dunia Antarklub, yaitu babak play-off, perempat final, semifinal, dan final. Berikut rinciannya:

  • Tahap pertama: Juara liga negara tuan rumah vs juara Liga Champions Oseania.
  • Tahap kedua: Pemenang tahap pertama vs juara Liga Champions Afrika dan Juara Liga Champions Asia vs CONCACAF (Amerika Utara).
  • Tahap ketiga: Pemenang dari dua pertandingan tersebut akan melawan juara Liga Champions Eropa dan Amerika Selatan.
  • Tahap keempat: Final dari pemenang pada semifinal.

Baca Juga: 5 Klub Terakhir yang Sukses Menjuarai Piala Dunia Antarklub, Superior!

3. Juara terbanyak Piala Dunia Antarklub

Piala Dunia Antarklub: Sejarah, Aturan, dan Juara TerbanyakReal Madrid ketika menjuarai ajang Piala Dunia Antarklub 2018. (skysports.com)

Sejak pertama kali digelar pada 2000, Piala Dunia Antarklub sudah diikuti dan dimenangkan oleh berbagai klub juara dunia. Namun, ada beberapa klub yang paling banyak menjuarai Piala Dunia Antarklub. Berikut daftar klub dengan juara Piala Dunia Antarklub terbanyak sejak 2000-2023:

5 Trofi

  • Real Madrid (Spanyol)

3 Trofi

  • Barcelona (Spanyol)

2 Trofi

  • Corinthians (Brasil)
  • Bayern Munchen (Jerman)

1 Trofi

  • AC Milan (Italia)
  • Inter Milan (Italia)
  • Sao Paulo (Brasil)
  • Internacional (Brasil)
  • Manchester United (Inggris)
  • Liverpool (Inggris)
  • Chelsea (Inggris)
  • Manchester City (Inggris)

Demikianlah sejarah, format, aturan, dan juara terbanyak Piala Dunia Antarklub sejak digelar pada 2000 hingga 2023. Ada klub favoritmu?

Baca Juga: Daftar Juara Piala Dunia Antarklub dari 1960-2022, Lengkap

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya