Profil Almugera Kabar, Antar Jerman Juarai Piala Dunia U-17

Bek kiri cetak penalti penentu juara

Timnas Jerman keluar sebagai juara Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Indonesia pada Sabtu (2/12/2023). Skuad muda Jerman menekuk Prancis 4-3 lewat babak adu penalti setelah bermain imbang 2-2 hingga waktu perpanjangan.

Satu nama yang menyita perhatian adalah Almugera Kabar, pemain Jerman U-17 yang cetak gol penalti penentu kemenangan negaranya. Kabar merupakan pemain berkebangsaan Jerman dan Libya yang berposisi sebagai bek kiri.

Gol penentunya yang sukses merobek jala Paul Argney membuat banyak penggemar sepak bola penasaran dengan sosoknya. Berikut profil singkat Almugera Kabar.

1. Bek kiri didikan Dortmund yang potensial

Profil Almugera Kabar, Antar Jerman Juarai Piala Dunia U-17Almugera Kabar (instagram.com/bvb09efootball)

Almugera Raouf Mohammed Kabar merupakan pemain sepak bola kelahiran Bremen, Jerman pada 6 Juni 2006. Almugera Kabar merupakan pemain dengan kewarganegaraan Jerman dan Libya yang memiliki tinggi sekitar 186 cm. Sebagai bek kiri di skuad, Kabar cenderung lebih dominan pada kaki kiri dibanding kaki kanannya. 

Kabar mengawali karier sepak bolanya dengan bergabung ke akademi Hammer SpVg Youth. Lalu pada Juli 2019, Kabar bergabung ke skuad Borussia Dortmund Youth.

Dua tahun di sana, Kabar kemudian bergabung dengan Borussia Dortmund U-17 pada Juli 2021. Lalu pada Juli 2023, Kabar memulai kariernya di Die Borussen dengan membela skuad U-19 hingga saat ini.

2. Dipanggil timnas sejak usia 15 tahun

Profil Almugera Kabar, Antar Jerman Juarai Piala Dunia U-17Almugera Kabar (dfb.de)

Almugera Kabar membela timnas Jerman pertama kali sejak berusia 15 tahun. Tepatnya pada 2 September 2021, Kabar debut bersama Jerman U-16. Selama membela Jerman U-16, dia bermain sembilan kali dengan mengemas tiga gol.

Lalu pada 22 September 2022, Kabar pertama kali tampil bersama skuad Jerman U-17 sampai sekarang. Jika melihat statistik, Kabar sudah mengemas tiga gol dari 23 penampilannya bersama Der Panzer muda.

Baca Juga: Jerman Berhasil Kawinkan Piala Dunia U-17 dan Euro U-17

3. Cetak gol penentu Jerman U-17 juara Piala Dunia

Profil Almugera Kabar, Antar Jerman Juarai Piala Dunia U-17Penendang penalti terakhir Jerman U-17, Almugera Kabar (nomor 3) berhasil membobol gawang Prancis dan memastikan Jerman juara (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Penentuan juara Piala Dunia U-17 2023 yang mempertemukan Jerman dan Prancis harus berlangsung hingga adu penalti. Pada babak pertama, Jerman unggul lebih dulu lewat sepakan penalti Paris Brunner di menit 29.

Pada babak kedua, Jerman memperbesar peluang juara dengan gol Noah Darvich di menit 51. Namun dua menit berselang, Prancis berhasil memperkecil keunggulan Jerman lewat gol Saimon Nadelia Bouabre.

Kemudian tackle keras Mark Osawe pada menit 60 memaksa wasit mengeluarkan kartu kuning kedua untuknya. Jerman pun terpaksa bermain dengan sepuluh pemain.

Kekosongan lini tengah Jerman dimanfaatkan baik oleh Prancis untuk menciptakan peluang. Hasilnya, Mathis Amougou sukses memupuskan kemenangan Jerman dan memaksa pertandingan harus dilanjutkan hingga babak adu penalti.

Babak penalti berjalan cukup sengit dengan Jerman dan Prancis sama-sama mengumpulkan tiga gol. Sayap kanan Prancis, Gomis sayangnya gagal mengeksekusi penalti.

Kegagalan itu dimanfaatkan baik oleh penendang Jerman berikutnya, Almugera Kabar yang menjadi penentu kemenangan. Alhasil, Jerman U-17 keluar sebagai juara Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga: Kiprah 5 Negara Eropa di Piala Dunia U-17 2023, Jerman U-17 Juara!

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya