Profil Sandy Walsh, Bek Naturalisasi Timnas Kelahiran Belgia

Pernah bermain di timnas muda Belanda

Para pencinta sepak bola Indonesia pasti sudah akrab dengan Sandy Walsh. Ia adalah pemain naturalisasi timnas yang sudah resmi disumpah sebagai WNI sejak November 2017. Saat ini, Sandy Walsh dipercaya pelatih Shin Tae-yong untuk membela timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Sementara di level klub, Sandy Walsh membela klub Belgia KV Mechelen sejak 2020 sampai sekarang. Berikut profil dan perjalanan karier Sandy Walsh yang menarik diketahui.

1. Memilih Indonesia dari lima negara lainnya

Profil Sandy Walsh, Bek Naturalisasi Timnas Kelahiran BelgiaSandy Walsh (instagram.com/sandywalsh)

Bernama lengkap Sandy Henny Walsh, ia merupakan pemain sepak bola yang lahir di Brussel, Belgia pada 14 Maret 1995. Bek kanan setinggi 185 cm ini memiliki darah campuran dari orang tuanya. Ayahnya memiliki keturunan Inggris dan Irlandia. Sedangkan ibunya memiliki darah Swiss, Belanda, dan Indonesia.

Oleh sebab itu, Sandy Walsh sebenarnya memiliki kesempatan untuk membela satu di antara beberapa timnas, yaitu Belgia, Irlandia, Inggris, Swiss, Belanda, dan Indonesia. Namun, Sandy Walsh akhirnya memilih Indonesia setelah mendapat dukungan berbagai pihak, termasuk pelatih Shin Tae-yong dan Menpora RI, Zainuddin Amali.

2. Menimba ilmu di empat klub muda

Profil Sandy Walsh, Bek Naturalisasi Timnas Kelahiran BelgiaSandy Walsh saat membela Genk FC (instagram.com/sandywalsh)

Sandy Walsh sudah memulai karier sepak bola sejak kecil. Pada level junior, Walsh pernah membela beberapa klub, yaitu:

  • Tempo Overijse (2001-2002)
  • ERC Hoeilaart (2002-2003)
  • Anderlecht (2003-2011)
  • Genk (2011-2012)

Pada level junior, Sandy Walsh juga sempat tampil di sejumlah pertandingan bersama timnas muda Belanda. Melansir Transfermarkt, Sandy Walsh pernah membela timnas Belanda dari setiap kelompok umur, mulai dari Belanda U-15, U-16, U-17, U-18, U-19, dan U-20.

Baca Juga: Ketika Sandy Walsh Jadi Gelandang di Laga Indonesia Lawan Brunei

3. Membela klub-klub Belgia

Profil Sandy Walsh, Bek Naturalisasi Timnas Kelahiran BelgiaSandy Walsh (instagram.com/sandywalsh)

Setelah menghabiskan dua tahun bersama klub junior Genk, Sandy Walsh melanjutkan kariernya di skuad utama Genk pada 2012-2017. Dia mencatatkan 75 penampilan dengan mengemas 2 gol dan 6 assist untuk tim.

Setelah dari Genk, Walsh membela klub Belgia lainnya yakni Zulte Waregem pada 2017 hingga 2020. Tak jauh berbeda dengan kariernya di Genk, Walsh mencatatkan 80 pertandingan dengan 3 gol dan 4 assist bersama Zulte Waregem.

Pada 2020, Sandy Walsh hengkang dan memutuskan bergabung ke KV Mechelen hingga saat ini. Dia mengemas 114 pertandingan dengan mencetak 9 gol dan 15 assist selama berseragam Mechelen.

Baca Juga: 14 OOTD Pacar Sandy Walsh, Atlet yang Anggun Maksimal!

4. Ambil sumpah sebagai WNI pada November 2022

Profil Sandy Walsh, Bek Naturalisasi Timnas Kelahiran BelgiaSandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sandy Walsh resmi disumpah sebagai WNI pada 17 November 2022 lalu. Saat itu, Sandy Walsh bersama pemain naturalisasi lainnya, Jordi Amat mengambil sumpah janji setia dan kewarganegaraan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, DKI Jakarta.

Dengan pengambilan sumpah tersebut, Sandy Walsh resmi dapat membela timnas Indonesia. Meski sudah resmi, Walsh baru debut bersama timnas pada 8 September 2023 saat Indonesia menjamu Turkmenistan di Gelora Bung Karno (GBK).

Nah, itulah profil dan perjalanan karier Sandy Walsh, bek kanan kelahiran Belgia yang kini membela timnas Indonesia sebagai pemain naturalisasi.

Baca Juga: Profil Xabi Alonso, Pelatih Terbaik Bayer Leverkusen Musim 2023-2024

Topik:

  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya