Profil Sofyan Amrabat, Gelandang Maroko Penggawa Baru MU

Amrabat dipinjam MU selama semusim

Sofyan Amrabat akhirnya resmi bergabung ke Manchester United dengan status pinjaman selama semusim. Kehadiran Amrabat tentu menjadi angin segar buat manajer MU, Erik ten Hag, karena dianggap sebagai kepingan puzzle yang hilang di dalam skuadnya.

MU bukannya tak keluar uang untuk meminjam Amrabat. Mereka harus merogoh kocek hingga 10 juta euro atau setara Rp191 miliar demi meminjam Amrabat selama semusim.

Ada klausul permanen yang menyertai Amrabat. Mereka boleh membelinya dengan harga total, termasuk add-ons hingga 25 juta euro atau senilai Rp478 miliar.

Gelandang asal Maroko ini sudah diperkenalkan ke publik Old Trafford. Nantinya, dia akan menggunakan nomor punggung empat di MU pada musim ini.

Sambutan fans MU juga begitu wah, ketika Amrabat diperkenalkan. Mengingat rekam jejaknya di Piala Dunia 2022 Qatar lalu begitu mentereng, mereka berharap banyak pada Amrabat. Mari kita ulas perjalanan karier Amrabat yang dilansir berbagai sumber.

1. Pernah bela Belanda di level usia dini

Profil Sofyan Amrabat, Gelandang Maroko Penggawa Baru MUSofyan Amrabat (instagram.com/sofyanamrabat)

Amrabat lahir di Huizen, Belanda pada 21 Agustus 1996. Dengan fakta itu, Amrabat bisa membela Belanda atau Maroko dalam level internasional.

Awalnya, Amrabat sempat berseragam Belanda di level junior. Tapi, ketika memasuki level senior, Amrabat memilih untuk membela negara asalnya, Maroko.

Baca Juga: Amrabat Merapat ke MU, Erik Ten Hag Semringah  

2. Tempa diri di Eredivisie

Profil Sofyan Amrabat, Gelandang Maroko Penggawa Baru MUSofyan Amrabat berseragam Feyenoord. (instagram.com/sofyanamrabat)

Gak cuma lahir di Belanda, Amrabat juga berkembang dalam atmosfer sepak bola Oranje. Dia menimba ilmu di akademi Utrecht sejak 2007 sampai 2014.

Kemudian, pada 2 November 2014, Amrabat promosi ke tim utama. Kemampuannya berkembang pesat di sini dan mulai dipercaya menjadi pilar andalan. Hingga akhir musim 2016/17, Amrabat membela Utrecht dan mencatatkan 87 caps dengan mencetak tiga gol di semua kompetisi.

Musim panas 2017, Amrabat digaet oleh Feyenoord. Dia menandatangani kontrak selama empat musim di sana. Tapi, karier Amrabat hanya seumur jagung di Feyenoord. Sebab, pada musim panas 2018, dia dibeli oleh raksasa Belgia, Club Brugge.

Bersama Brugge, Amrabat sempat dipinjamkan ke Hellas Verona. Hingga akhirnya, di musim dingin 2020, Verona memutuskan membeli Amrabat seharga 3,5 juta euro. Lucunya, ketika datang, Amrabat malah langsung dijual Verona ke Fiorentina dengan mahar 20 juta euro plus bonus 1,5 juta euro.

Namun, ada klausul yang menyebutkan Verona bisa memakai jasa Amrabat sampai akhir musim 2019/20. Bersama Verona, kemampuan berkembang pesat setelah mencatatkan 35 caps, dengan satu gol serta dua assist.

Amrabat semakin matang ketika bermain buat Fiorentina. Debut saat La Viola kalah dari Inter Milan dengan 3-4, di 26 September 2020, Amrabat mulai sering menghiasi starting eleven.

Akhirnya, pada musim panas 2023, Amrabat dipinjam MU selama semusim. Manchester United harus merogoh 10 juta euro atau setara Rp191 miliar untuk meminjam Amrabat dengan opsi pembelian seharga 20 juta euro, plus add-ons 5 juta euro pada 2024 mendatang.

Baca Juga: 5 Klub yang Pernah Dibela Sofyan Amrabat, Hampir ke Barcelona!

3. Meledak di Piala Dunia 2022

Profil Sofyan Amrabat, Gelandang Maroko Penggawa Baru MUSofyan Amrabat berseragam Timnas Maroko. (instagram.com/sofyanamrabat)

Karier internasional Amrabat dimulai saat mewakili Belanda U-15. Saat itu, dia hanya bermain sebanyak empat kali sebelum akhirnya memilih main buat Maroko.

Amrabat mulai membela Maroko dari level U-17 pada Piala Dunia U-17 2013. Lalu, pada 28 Maret 2017, dia debut di skuad senior Maroko. Saat itu, Maroko menang 1-0 atas Tunisia dalam laga persahabatan.

Pada Piala Dunia 2018, Amrabat masuk dalam skuad utama Maroko. Tapi, saat itu perannya tak terlalu vital dan Maroko hanya jadi juru kunci Grup B, kalah dari Spanyol, Portugal, serta Iran.

Tapi, empat tahun kemudian, Amrabat bersama Maroko meledak. Performanya luar biasa, dia menggila, dan menjadi fenomena. Hingga akhirnya, Maroko diantarkannya ke semifinal Piala Dunia 2022 dan menempati posisi keempat di turnamen tersebut.

Baca Juga: Profil Sergio Reguilon, Bek Baru Manchester United dari Spurs

4. Prestasi dan penghargaan

Profil Sofyan Amrabat, Gelandang Maroko Penggawa Baru MUSofyan Amrabat (twitter.com/ManUtd)

Sofyan Amrabat telah memenangkan beberapa penghargaan dan prestasi selama berkarier sebagai pesepak bola. Berikut daftarnya:

Feyenoord

  • KNVB Cup: 2017/2018
  • Johan Cruyff Shield: 2017, 2018

Club Brugge

  • Belgian First Division A: 2019/2020 

Individual

  • Eredivisie Player of the Month: November 2017
  • Hellas Verona Player of the Season: 2019/2020
  • Gazzetta dello Sport Best African Player in Serie A: 2020

Demikianlah profil dan karier Sofyan Amrabat, gelandang asal Maroko yang menjadi penggawa baru The Red Devils dalam mengarungi Premier League musim 2023/2024.

Baca Juga: 10 Fakta Sofyan Amrabat, Gelandang yang Diminati Manchester United

Topik:

  • Yogama W
  • Satria Permana
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya