Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Laptop

Jangan sampai menyesal ketika membeli laptop

PC atau Personal Computer pada zaman digital saat ini merupakan teknologi yang begitu diperlukan baik untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari pendidikan, bisnis, pekerjaan kantor, bermain games untuk bersenang senang maupun kompetitif, content creator, dan pekerjaan-pekerjaan lainnya sekarang butuh PC. Dengan kebutuhan-kebutuhan yang begitu beragam, laptop bisa jadi opsi portabel sebagai alternatif PC yang dapat digunakan di mana saja dan kapan saja.

Laptop yang dijual oleh beberapa perusahaan laptop memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan perbedaan kebutuhan pasar, hal ini yang membuat banyak orang masih kebingungan ketika memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Berikut beberapa hal yang baiknya diperhatikan sebelum membeli laptop supaya tidak menyesal saat membeli laptop.

1. Sistem Operasi

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Laptopunsplah.com/Jeremy Bezanger

Sebagian besar orang mengenal sistem operasi laptop seperti Windows, MacOS, dan ChromeOS dikarenakan sebagian besar laptop dilengkapi dengan salah satu dari tiga sistem operasi tersebut. Tentu saja masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Bagi yang mencari laptop dengan harga murah dengan spesifikasi yang rendah, ChromeOS menjadi opsi. Sistem operasinya yang simpel dan ringan jadi kelebihannya sehingga sistem operasi yang satu ini bisa dijalankan di laptop yang memiliki spesifikasi rendah. Namun tentu saja memiliki keterbatasan dalam pengoperasiannya.

Jika kamu mencari laptop untuk kebutuhan bersekolah, berkuliah, dan mempunyai hobi bermain game, sistem operasi Windows merupakan pilihan yang tepat. Hal tersebut karena Windows memiliki fitur yang lebih banyak dari sistem operasi lainya serta mampu mengakses hampir keseluruhan aplikasi yang ada. Oh iya, Windows ini paling sering dipakai pengguna laptop.

Sementara bagi kalian seorang profesional yang sedang mencari sebuah laptop, maka laptop dengan sistem MacOS adalah pilihan yang tepat. MacOS merupakan sistem operasi yang dikenal dengan kematangannya sehingga sering disukai oleh para profesional. Namun laptop dengan sistem operasi MacOS hanya ada di laptop Macbook milik Apple yang harganya bisa dibilang cukup mahal. Minusnya, MacOS memiliki keterbatasan Aplikasi yang dapat digunakan. Bahkan banyak game yang tidak bisa dijalankan di sistem operasi yang satu ini sehingga kurang cocok bagi yang memiliki hobi bermain game.

2. CPU

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Laptopunsplash.com/Roman Spiridonov

CPU atau biasa kita menyebutnya dengan prosesor merupakan otak dari sebuah laptop yang memiliki pengaruh pada kinerja sebuah laptop. Pertimbangan CPU dalam membeli laptop bukan hanya dilihat dari seberapa tinggi kelas CPU, akan tetapi juga dari segi generasi dan performanya.

Untuk saat ini CPU yang sering digunakan kebanyakan laptop ada Intel dan AMD. Intel saat ini sudah memiliki generasi ke-12 dengan kelas tertingginya yaitu Intel Core i9 dan AMD dengan generasi 5000 series dengan kelas tertingginya AMD Ryzen 9. 

Generasi dan kelas CPU sangatlah berpengaruh dalam menentukan pilihan laptop. Contoh Intel Core i9 generasi ke 12 memiliki performa 16 Cores 24 Threads, sedangkan Intel Core i9 generasi ke 10 memiliki performa 10 Cores 20 Threads. Begitu juga Core i7 generasi ke 12 memiliki performa 12 Cores 20 Threads yang itu lebih baik daripada Intel Core i9 generasi ke 10. Maka dari itu tips memilih CPU yang baik hendaknya dengan mempertimbangkan antara generasi, kelas, dan performanya.

3. Jenis Penyimpanan Drive

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Laptopunsplash.com/Aegon Boucicault

Jenis penyimpanan drive yang umum digunakan di pasaran ada dua. Kalau nggak Solid State Drive (SSD) ya Hard Drive (HDD). SSD menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat dari HDD secara keseluruhan baik kecepatan baca sistem dan tulis sistem. Hal tersebut karena SSD merupakan teknologi penyimpanan yang lebih baru dan lebih canggih dibanding HDD.

Kemampuan SSD jauh lebih cepat karena SSD menggunakan chip flash untuk penyimpanannya dan bukan cakram magnetik seperti HDD. Karena tidak menggunakan cakram magnetik tentunya SSD tidak menghasilkan suara berisik. Selain itu SSD memiliki daya tahan lebih kuat terhadap goncangan daripada HDD, sehingga penyimpanan lebih aman.

Dengan performa SSD yang lebih baik, tentu saja SSD memiliki harga yang lebih mahal daripada HDD.

4. Kapasitas RAM (Random Access Memory)

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Laptopunsplash.com/Harrison Broadbent

RAM berfungsi sebagai penyimpanan data yang sedang dikerjakan laptop dalam melakukan banyak pekerjaan. Semakin banyak kapasitas RAM, maka semakin banyak juga laptop mampu melakukan pekerjaan yang bisa dimuat. 

Jika RAM sudah mencapai batas maksimal dalam memuat penyimpanan sementara yang dikerjakan laptop, kinerja laptop akan melambat dan bisa terjadi Freeze pada laptop yang mengakibatkan laptop perlu di-restart.

5. Layar

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Laptopunsplash.com/Joshua Woroniecki

Layar juga perlu dijadikan pertimbangan dalam membeli laptop sesuai dengan kebutuhan pembeli, walaupun untuk sebagian besar orang tidak mempermasalahkan layar laptop. Namun untuk seorang profesional content creator atau graphic desainer tentu membutuhkan layar dengan resolusi layar yang mininum Full HD dan memiliki colour gamut dengan akurasi 100%. Tentu saja laptop dengan spesifikasi layar yang bagus memiliki harga yang tinggi pula.

Layar laptop saat ini sudah ada yang menyediakan fitur layar sentuh, yang mampu mempermudah pekerjaan. Namun memilih layar sentuh juga memiliki kelemahan yaitu rentan terhadap cipratan air atau debu di udara. Selain itu juga harganya lebih mahal. Oleh karena itu, sesuaikan dulu kebutuhanmu sebelum memilih layar laptop yang kamu mau, ya.

6. Kapasitas Baterai

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Laptopunsplash.com/Panos Sakalakis

Jika kamu seorang yang akan memakai laptop di dekat stop kontak maka kapasitas baterai tidak akan menjadi perhatian utama ketika akan membeli laptop. Sementara bagi kamu yang mengharuskan memakai laptop di setiap waktu dan di mana saja, maka kamu memerlukan laptop dengan daya tahan baterai setidaknya 7 jam untuk menunjang produktivitas.

Selain kapasitas baterai, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah charger laptop yang mempunyai pengisian baterai yang cepat dan selalu bagus dalam kondisi laptop dimatikan atau dihidupkan, karena mempengaruhi keawetan sebuah baterai. 

7. Garansi

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Laptopunsplash.com/Ashkan Forouzani

Garansi menjadi penting ketika membeli sebuah laptop. Garansi merupakan sebuah jaminan dari perusahaan penjual laptop terhadap kualitas laptop yang dijual. Garansi ini bertujuan untuk memberikan after sales service dari penjual laptop, jadi penjual tidak akan lepas tangan setelah laptopnya terjual untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi pembeli.

Sebagai pembeli, garansi berperan penting dalam mengurangi risiko pembelian karena pembeli tidak sepenuhnya mengetahui produk yang dia beli memiliki kecacatan atau kualitas yang lebih rendah. Dengan Garansi, laptop yang sudah kita beli memiliki jaminan kerusakan selama waktu yang ditentukan.

 

Itulah hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika membeli sebuah laptop. Yang paling wajib diingat adalah tentukan dulu kebutuhan, tujuan, dan budget-mu sebelum membeli laptop. Hal tersebut agar kamu bisa memilih laptop yang paling pas sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. 

Abiyu Raihan Hanif Photo Writer Abiyu Raihan Hanif

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya