Comscore Tracker

8 Teknologi Pendahulu Tablet Zaman Sekarang, dari Telegraf hingga PDA

Baru tahu kalau sebenarnya tablet PC umurnya sudah 100 tahun

Zaman sekarang kita mengenal teknologi yang bernama tablet PC. Itu adalah komputer yang bukan komputer. Hanya memiliki layar tanpa adanya keyboard, tablet menjadi sebuah komputer yang sangat praktis untuk digunakan ketika bepergian. Menarik bahwa inovasi ini datang dari penggambaran teknologi yang ada di film ataupun komik-komik sains fiksi.

Berkembangnya tablet PC hingga secanggih sekarang memiliki perjalanan yang panjang. Lewat trial and error, kegagalan dan percobaan, pada akhirnya perusahaan mampu menciptakan tablet-tablet canggih macam iPad. Berikut adalah teknologi-teknologi yang menjadi prototype tablet PC jaman sekarang, mulai dari 1800 hingga 2000.

1. Teleautograph (1888)

8 Teknologi Pendahulu Tablet Zaman Sekarang, dari Telegraf hingga PDAmashable.com

Bisa dibilang ini adalah komputer tablet paling purba yang pernah ada. Menggunakan pena spesial yang tersembung dengan senar, mesin ini akan mengirimkan pesan bertuliskan tangan tersebut ke orang lain via telegraf.

2. RAND tablet (1964)

8 Teknologi Pendahulu Tablet Zaman Sekarang, dari Telegraf hingga PDAmashable.com

Meloncat jauh ke dunia modern, hadir RAND tablet. Tablet ini berukuran 10 inci dan memiliki opsi-opsi yang meliputi menu, menggambar diagram hingga menulis software menggunakan digital stylus.

3. Dynabook (1968)

8 Teknologi Pendahulu Tablet Zaman Sekarang, dari Telegraf hingga PDAmashable.com

Bisa dibilang cikal bakal komputer tablet bermula dari Dynabook ini. Komputer berukuran buku ini sudah memiliki teknologi touchpad keyboard dan pada dasarnya memang berkonsep dasar pensil dan kertas. Sangat disayangkan, Dynabook harus berakhir karena teknologi yang belum memadai.

4. Apple Graphics Tablet (1979)

8 Teknologi Pendahulu Tablet Zaman Sekarang, dari Telegraf hingga PDAmashable.com

Apple sudah mulai merancang prototype dari iPad ini. Diberikan nama Apple Graphics Tablet, ini adalah komputer tablet pertama yang dipasarkan untuk rumah. Tablet ini merupakan aksesori untuk Apple II yang menggunakan teknologi magnetostriction.

Baca Juga: 7 Gadget yang Posisinya Sudah Terganti oleh Smartphone

5. KoalaPad (1984)

8 Teknologi Pendahulu Tablet Zaman Sekarang, dari Telegraf hingga PDAmashable.com

KoalaPad mengincar pasar anak-anak. Ketimbang bertindak seperti komputer pada umumnya, KoalaPad lebih terasa seperti mainan yang digunakan untuk alat menggambar di sekolah. Ukurannya hanya 10 inci dan memiliki resolusi yang kecil, tetapi sudah mulai menggunakan teknologi touch screen langsung dengan tangan.

6. GRiDPad (1989)

8 Teknologi Pendahulu Tablet Zaman Sekarang, dari Telegraf hingga PDAvintagecomputer.net

Diciptakan oleh GRiD Systems Corporation, tablet ini mampu menjalankan MS-DOS dengan menggunakan stylus yang disentuhkan ke layar monochrome 10 inci. Pada tahun itu, GriDPad adalah sebuah terobosan baru yang memukau namun sangat mahal hingga hanya segelintir orang yang dapat memilikinya.

7. Apple Newton MessagePad (1993)

8 Teknologi Pendahulu Tablet Zaman Sekarang, dari Telegraf hingga PDAmashable.com

Tablet yang kita kenal sekarang sebelumnya dikembangkan terlebih dahulu menjadi Personal Digital Assistant atau PDA. Untuk Apple, mereka punya produk bernama Apple Newton MessagePad yang sayangnya hanya bertahan satu tahun. Apple Newton MessagePad inilah yang pada akhirnya menjadi pionir dari populernya PDA.

8. Microsoft Tablet PC (2000)

8 Teknologi Pendahulu Tablet Zaman Sekarang, dari Telegraf hingga PDAbusinessinsider.com

Tidak bisa tidak diakui bahwa Microsoft-lah yang mulai mencetuskan tablet PC pada milenium. Pengembangannya hingga 2002 membuat Bill Gates meyakini bahwa tablet akan menjadi PC yang tidak memiliki batas. Dalam kurun waktu lima tahun, itu akan menjadi PC paling populer di Amerika.

Hebat ya sejarah dari tablet? Itu belum bicara tablet-tablet yang di atas tahun 2000 lho. Dari seluruh produk di atas, adakah yang pernah kalian miliki?

Baca Juga: 8 Gadget Konyol yang Pernah Diproduksi Apple, Banyak Orang Gak Nyangka

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You