Comscore Tracker

Mudah dan Cepat, 7 Cara Membersihkan Casing Smartphone yang Kotor

Caranya akan berbeda, tergantung material casing-mu

Casing smartphone memang hanyalah aksesori standar yang terbilang tidak wajib digunakan. Hanya saja banyak orang menggunakannya mengingat mereka ingin bodi smartphone mereka lebih terawat dan tak tergores.

Permasalahannya sering kali casing tersebut dibiarkan begitu saja tanpa pernah dibersihkan, menyebabkan debu dan kotoran lainnya bertumpuk. Berikut ini ada beberapa cara membersihkan casing HP yang kotor.

1. Perhatikan terlebih dahulu bahan casing-mu

Mudah dan Cepat, 7 Cara Membersihkan Casing Smartphone yang Kotorshinyshiny.tv

Bahan casing yang berbeda punya penanganan yang berbeda pula. Sebagai contoh, kamu tidak bisa menyamakan cara pembersihan casing kayu dengan casing plastik.

Tidak mungkin kamu menggunakan bahan bleach untuk material kayu. Jadi perhatikan baik-baik terlebih dahulu bahannya.

2. Bersihkan terlebih dahulu menggunakan air sabun

Mudah dan Cepat, 7 Cara Membersihkan Casing Smartphone yang Kotorspringwise.com

Untuk menjamin debu-debu yang menempel pada casing hilang, bersihkan dengan membilas casing itu menggunakan air sabun. Merendamnya beberapa menit di air sabun juga membantu mengangkat kotoran-kotoran itu. Bahan kayu tidak terlalu memerlukan sabun sehingga kamu cukup membilasnya dengan air.

3. Sikat dan gosok noda yang membandel

Mudah dan Cepat, 7 Cara Membersihkan Casing Smartphone yang Kotor9to5mac.com

Umumnya ada akan kotoran yang membekas sangat kuat sehingga dibilas sekalipun tidak bisa hilang. Kamu perlu menggosoknya.

Gunakan sikat yang halus atau setidaknya spons atau semacam kain. Gosok dengan ditekan kuat sampai kotoran itu menghilang.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Casing Komputer Gaming Terbaik di 2020, Tampil Kece! 

4. Gunakan pasta gigi jika noda itu tak kunjung hilang

Mudah dan Cepat, 7 Cara Membersihkan Casing Smartphone yang Kotortimesofindia.indiatimes.com

Pasta gigi membuat gigimu bersih dan tampak putih. Ternyata kegunaannya tersebut juga bisa diberlakukan kepada casing smartphone-mu.

Jika dirasa noda di casing-mu terlalu kuat, maka kamu bisa mencoba mengoleskan pasta gigi ke noda tersebut, lalu gosok lagi. Bahan ini akan ampuh untuk mengatasi noda teh atau kopi.

5. Pakailah pemutih dan hidrogen peroksida untuk mengembalikan warna casing-mu

Mudah dan Cepat, 7 Cara Membersihkan Casing Smartphone yang Kotorcontecinc.com

Ini hanya berlaku untuk casing plastik. Biasanya, casing plastik yang terlalu lama akan berubah warna menjadi kuning kecokelatan.

Untuk mengubahnya, pakailah bleach atau pemutih, tapi ini hanya akan mengubah warnanya sedikit. Jika benar-benar ingin kembali ke warna jernihnya, gunakan hidrogen peroksida.

6. Keringkan casing dengan posisi area yang punya sirkulasi udara baik

Mudah dan Cepat, 7 Cara Membersihkan Casing Smartphone yang Kotorthespruce.com

Jika dirasa sudah bersih, maka ini waktunya kamu mengeringkan casing-mu. Lap casing-mu, lalu letakkan di tempat yang cukup berangin atau punya sirkulasi udara yang baik.

Tidak masalah pula kamu mengeringkannya dengan menjemur di bawah sinar matahari. Tetapi pastikan kamu mengingat durasinya karena jika terlalu lama, casing-mu malah akan rusak.

7. Berikan mink oil

Mudah dan Cepat, 7 Cara Membersihkan Casing Smartphone yang Kotorsenacases.com

Ini hanya berlaku untuk casing yang menggunakan bahan kulit. Agar menjamin kulit lebih baik dan bertahan lama, lapisi casing itu dengan mink oil. Biarkan beberapa saat agar minyak itu menyerap di bahan kulitnya.

Pada dasarnya cara membersihkan casing HP tidaklah terlalu susah, tapi itu akan bergantung pada bahannya. Perhatikan saja bahan casing-mu agar tidak salah memilih metode pembersihan.

Baca Juga: 7 Tip Memilih Casing HP yang Paling Cocok untuk Kamu

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya