Comscore Tracker

Daftar 10 Smartphone 2018 dari Tersusah Sampai Paling Mudah Diperbaiki

Bisa jadi pertimbanganmu untuk memilih smartphone nih

Pertimbangan utama kita untuk membeli sebuah ponsel umumnya terletak pada harga dan performa, apakah harga itu sebanding dan dapat semurah mungkin. Tapi ada satu lagi yang bisa dijadikan pertimbangan, yaitu kemudahan untuk memperbaikinya.

iFixit membuat daftar dengan mengurutkan ponsel apa saja yang susah dan gampang diperbaiki. Ada pula penjelasannya mengenai sisi positif dan negatif dari tiap ponsel lewat sisi perbaikannya. Berikut adalah daftar-daftarnya dengan pilihan ponsel yang sekarang paling umum dimiliki dan diinginkan oleh orang, list 10 teratas smartphone yang paling mudah diperbaiki!

10. HTC One (M7)

Daftar 10 Smartphone 2018 dari Tersusah Sampai Paling Mudah Diperbaikiphandroid.com

Bisa dikatakan untuk memperbaiki ponsel ini tanpa melukai part yang lain hampir tidak mungkin bisa. Itu menjadikan komponen-komponen di dalam HTC One susah untuk diganti. Baterainya pun terkubur di dalam motherboard dan cukup menyusahkan untuk diganti.

Belum lagi untuk membuka layar display harus membuang casing belakang. Itu berarti memperbaiki layar rusak hampir tidak mungkin.

9. Nexus 6P

Daftar 10 Smartphone 2018 dari Tersusah Sampai Paling Mudah Diperbaikidigit.in

Sangatlah sulit (bukan tidak mungkin) untuk membuka gadget ini tanpa melukai kover kameranya. Tentu saja karena desainnya, ponsel ini sangat sulit diganti komponennya. Untuk display layarnya sendiri tidak dapat diganti jika keseluruhan tubuh ponsel tidak dibedah.

8. Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Daftar 10 Smartphone 2018 dari Tersusah Sampai Paling Mudah Diperbaikitheverge.com

Layar display harus dibuka (yang mana kebanyakan akan rusak) jika ingin mengganti USB port-nya. Selain itu bagian depan dan belakang gelas membuat keretakan lebih parah yang mana itu dipersulit dengan perekat kuat pada kaca bagian belakang sehingga  sangat sulit untuk membedahnya. Untungnya komponennya banyak yang modular dan itu dapat diganti secara terpisah. Kasus ini juga berlaku untuk versi Edge.

7. Samsung Galaxy S9 dan S9+

Daftar 10 Smartphone 2018 dari Tersusah Sampai Paling Mudah Diperbaikicnet.com

Bagian belakang dan depan yang bermaterial kaca ditempel kuat dengan perekat hingga membuat resiko semakin besar untuk kerusakan serta membuat perbaikan susah. Perbaikan layarnya juga susah karena banyak yang harus dibedah. Belum lagi kasus perekat itu. Namun seperti S7, komponennya banyak yang modular dan dapat diganti secara terpisah.

6. Huawei Mate 9

Daftar 10 Smartphone 2018 dari Tersusah Sampai Paling Mudah Diperbaikicnet.com

Memperbaiki layar display yang rusak adalah hal yang paling susah dilakukan untuk phablet ini. Baterainya terperangkap di dalam kabel flex dan terekat kuat di tempatnya, tapi itu masih bisa diganti saat power-nya mulai berangsur hilang. Yang menyenangkan dari ponsel ini adalah komponen-komponen hardware seperti kamera, loudspeaker dan USB board bisa dan mudah diganti.

Baca Juga: Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Boros

5. iPhone XR

Daftar 10 Smartphone 2018 dari Tersusah Sampai Paling Mudah Diperbaikiharveynorman.co.nz

Keluaran terbaru Apple ini cukup mudah diperbaiki. Prosedur pembedahan ponsel ini yang mana juga mudah untuk mengakses baterainya membuat desain ponsel ini tidak ikut rusak.

Selain itu layar display yang rusak dapat diganti tanpa perlu banyak membedah komponennya. Hanya saja dengan kaca di bagian belakang dan depan ponsel membuat ponsel ini memiliki resiko retak dua kali lipat lebih banyak dan jika bagian belakang itu rusak, diperlukan penggantian komponen seluruhnya.

4. OPPO R9m

Daftar 10 Smartphone 2018 dari Tersusah Sampai Paling Mudah Diperbaikiifixit.com

Baterai ini sangat mudah diakses dan dilepas. Selain itu komponennya juga kebanyakan modular, membuat penggantian menjadi lebih murah. Hanya saja untuk membedah ponsel ini cukup sulit. Bagian body belakang sangatlah kaku sehingga beresiko besar untuk rusak.

3. Xiaomi Redmi Note 3

Daftar 10 Smartphone 2018 dari Tersusah Sampai Paling Mudah Diperbaikidigit.in

Sebagai ponsel flagship, Xiaomi Redmi Note 3 sangat difavoritkan dan ternyata mudah diperbaiki. Walaupun tidak ada sekrup eksternalnya, case belakangnya sangat mudah untuk dilepas. Hal itu berlaku juga untuk baterainya. Sayangnya komponennya terpasang menjadi satu. Untuk melepas dan menggantinya, seluruh ponsel juga harus ikut terbedah.

2. Motorola Droid Bionic

Daftar 10 Smartphone 2018 dari Tersusah Sampai Paling Mudah Diperbaikiphonearena.com

Smartphone ini tidak memerlukan alat-alat penting untuk mengganti SIM dan microSD. Lalu baterainya juga dapat dilepas dengan sangat cepat. Yang lebih baik lagi, ponsel ini dirangkai oleh sekrup dan material plastik yang terbatas. Tak hanya itu, perekat juga sangat sedikit digunakan dalam konstruksi ponsel ini.

1. Fairphone 2

Daftar 10 Smartphone 2018 dari Tersusah Sampai Paling Mudah Diperbaikifairphone.com

Bagi para penyedia jasa, perbaikan Fairphone 2 sangatlah difavoritkan alias paling mudah diperbaiki. Komponen-komponen di dalamnya, termasuk yang mudah rusak seperti baterai dan layar, gampang diganti tanpa perlu alat.

Modul di dalamnya diamankan dengan sekrup Phillips #0 dan konektor pegas yang sederhana. Modul individunya bisa dibuka dan komponennya mudah diganti secara satu per satu.

Itulah urutan-urutan ponsel yang memiliki perbaikan paling susah hingga yang paling mudah. Adakah ponselmu yang masuk daftar ini? Susahkah diperbaikinya? Kalau ada ponsel yang ingin kalian cari, kalian bisa mempertimbangkan daftar ini.

Baca Juga: 10 Smartphone Terbaik yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Penghujung 2018

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya