Comscore Tracker

Ada MV Lady Gaga, 10 Film Ini Dibuat Cuma Pakai Kamera iPhone!

Bukti kualitas kamera smartphone zaman sekarang sangat bagus

Beberapa waktu lalu, berita tentang Lady Gaga yang merilis video musik terbarunya ramai dibicarakan. Bukan karena masalah musiknya yang luar biasa enak atau sebaliknya, melainkan karena produksi video itu sendiri. Dikatakan produksi video itu sepenuhnya dilakukan menggunakan kamera iPhone 11.

Menggunakan tiga iPhone sekaligus, hasil gambar yang didapatkan begitu memukau. Kamu bisa melihat sendiri videonya. Namun apakah ini satu-satunya yang dibuat dengan iPhone atau smartphone? Tidak. Ada beberapa video pula yang hanya bermodalkan kamera smartphone dan itu pun ada yang menjadi film pendek. Berikut ini beberapa di antaranya.

https://www.youtube.com/embed/5L6xyaeiV58

1. Unsane

https://www.youtube.com/embed/u7KZrt_cHH0

Film psychological thriller garapan Steven Soderbergh ini sempat ditampilkan di Sundance Film Festival. Dalam wawancara dengan Indiewire, sang sutradara mengatakan dia terpukau melihat kualitas kameranya dan melihat akan hadirnya hal baru di dunia sinematografi.

2. Tangerine

https://www.youtube.com/embed/ALSwWTb88ZU

Dirilis debut pada Sundance Film Festival 2015, Tangerine terbilang sebagai film yang sukses dan menonjol. Beberapa penghargaan diraih film ini. Salah satunya adalah Gotham Award.

3. Romance in NYC

https://www.youtube.com/embed/4cgQuj8AEAE

Film ini digarap menggunakan kamera iPhone 6 dengan menonjolkan sisi intimasi. Hasilnya adalah sebuah film yang sangat alami seakan-akan seperti kehidupan sehari-hari yang kamu lihat dengan mata kepalamu sendiri.

4. I Play With the Phrase Each Other

https://www.youtube.com/embed/hmnbgYGLiWE

Dibuat dengan iPhone, I Play With the Phrase Each Other sepenuhnya bermain-main dengan aspek telepon. Bahkan di dalam ceritanya sendiri pun mengisahkan tentang panggilan menggunakan alat komunikasi tersebut.

5. Night Fishing

https://www.youtube.com/embed/eYO-suuPdlY

Night Fishing malahan masih digarap menggunakan iPhone 4. Film ini sebenarnya ditujukan untuk promosi iPhone. Akan tetapi kualitas yang baik menjadikannya tak hanya sekadar iklan produk, melainkan karya seni tersendiri.

Baca Juga: 7 Smartphone dengan Kamera Terbaik, Harga di Bawah Rp5 Juta

6. And Uneasy Lies The Mind

https://www.youtube.com/embed/VHS1o3BUwGQ

Satu lagi film thriller yang menggunakan kamera iPhone. Dalam penggarapan film ini, terdapat informasi jika tim film mengalami masalah terhadap baterai. Baterainya cepat habis karena udara yang dingin, sampai-sampai mereka harus menjepitnya di ketiak untuk membuat iPhone itu hangat dulu.

7. Made in Paris

https://www.youtube.com/embed/DQRJSxV2lLs

Pengambilan gambarnya menggunakan iPhone X dan hasilnya sangat sinematik mengingat ini adalah film kuliner yang fokus pada banyak detail.

8. The Painter of Jalouzi

https://www.youtube.com/embed/Eyr9NwyszNY

Film dokumenter satu ini menggunakan iPhone 6. Kisahnya adalah mengenai Duval yang hidup di Haiti dan menemukan sisi kreatif dan positif dari lukisannya.

9. Detour

https://www.youtube.com/embed/Ryk0eny1j0M

Michel Gondry adalah sutradara ternama yang memiliki kekhasan memberikan efek memukau. Detour merupakan proyek sampingannya yang menggunakan iPhone 7 Plus dan mengisahkan sepeda roda tiga yang mencari pemiliknya.

10. Snow Steam Iron

https://www.youtube.com/embed/c8IjAJQ4MgQ

Zack Snyder menjadi sutradara Justice League, tetapi di sini dia mencoba bereksperimen menggunakan iPhone 7 Plus. Secara mudahnya pesan yang dia bawa lewat film ini adalah kamu tetap bisa membuat film bagus menggunakan budget kecil.

Di zaman sekarang, kamu tak perlu bingung mengeluarkan dana yang besar untuk menyewa kamera demi mendapat hasil bagus. Cukup bermodalkan kamera smartphone-mu, itu sudah lebih dari cukup. Hanya tinggal bagaimana caranya kamu mengedit video-video itu untuk menjadi sesuatu yang unik. 

Baca Juga: 7 Aplikasi yang Bisa Mengubah Kamera HP Setara DSLR, Wajib Kamu Coba!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya