Comscore Tracker

Jian Kang Bao: Aplikasi Ampuh Atasi COVID-19 saat Tiongkok Lockdown

Ada indikator yang bisa digunakan untuk melihat kamu sakit

Tiongkok tidak seperti yang kita bayangkan ketika wabah COVID-19 akibat virus corona merebak di sana. Dalam permasalahan lockdown-nya, mereka tidak semata-mata membiarkan warganya berada di dalam rumah saja, tetapi juga mengawasi mereka sampai sedetail-detailnya. Menariknya, mereka memanfaatkan teknologi daring.

Caranya adalah lewat sebuah aplikasi bernama 健康宝 yang dibaca Jian Kang Bao. Aplikasi yang jika diartikan menjadi “harta karun berupa kesehatan” tersebut memiliki cara khusus untuk memberitahu kondisi warga. Bahkan aplikasi ini bisa membantu mengatasi dan menekan penyebaran wabah COVID-19 di sana. Kok bisa? Berikut caranya.

1. Jian Kang Bao dianggap sebagai kartu kesehatan warga Tiongkok selama pandemik

Jian Kang Bao: Aplikasi Ampuh Atasi COVID-19 saat Tiongkok Lockdownbj.bendibao.com

Menangkap tulisan dari lishiren.com, aplikasi Jiang Kang Bao sepertinya tidak wajib dimiliki warga Tiongkok, namun disarankan untuk memasangnya. Itu karena aplikasi ini mempunyai fungsi untuk mengecek status kesehatan individu. Mereka yang sedang di luar negeri pun disarankan meng-install-nya.

2. Warna akan menjadi penentu kamu sebagai warga Tiongkok bisa keluar atau tidak dari isolasi

Jian Kang Bao: Aplikasi Ampuh Atasi COVID-19 saat Tiongkok Lockdownbj.bendibao.com

Nantinya di aplikasi tersebut ada sebuah ikon berwarna yang mana tiap orang bisa berbeda-beda. Warna tersebut adalah merah, kuning dan hijau. Mereka yang mendapatkan warna merah berarti mendapatkan pengawasan super ketat atau malahan harus mendapatkan isolasi.

Sedangkan warna kuning harus tetap berada di rumah, dan yang warna hijau memiliki hak untuk keluar rumah. Intinya warna tersebut akan menjadi indikator apakah kamu bisa bekerja atau pergi bersosialisasi.

Baca Juga: 7 Aplikasi yang Bisa Mengubah Kamera HP Setara DSLR, Wajib Kamu Coba!

3. Indikator tersebut akan ditentukan lewat jawaban yang kamu berikan

Jian Kang Bao: Aplikasi Ampuh Atasi COVID-19 saat Tiongkok Lockdownbj.bendibao.com

Tentu saja warna tersebut tidak muncul tiba-tiba. Kamu diharuskan memilih sejumlah opsi terlebih dahulu ketika meng-install Jian Kang Bao. Pilihan tersebut menyangkut masalah kesehatan saat ini.

Pertanyaannya bisa menyangkut: “Ke mana sajakah kamu pergi dalam 14 hari ini?” Pertanyaan-pertanyaan tersebut juga akan berulang setiap hari untuk memastikan apa kondisi tubuhmu selama masa pandemik ini.

4. Aplikasi ini memberikan info detail, karena meminta seluruh keterangan profilmu

Jian Kang Bao: Aplikasi Ampuh Atasi COVID-19 saat Tiongkok Lockdownbj.bendibao.com

Keterangan dari lishiren.com menyebutkan aplikasi Jian Kang Bao akan meminta identitas dirimu. Mulai dari nama lengkap, nomor KTP, dan lainnya. Foto diri sendiri juga akan diminta. Semua informasi ini nanti akan diisi sendiri dan dimintai pertanggungjawaban sepenuhnya.

5. QR Code akan menunjukkan kondisi kesehatanmu

Jian Kang Bao: Aplikasi Ampuh Atasi COVID-19 saat Tiongkok Lockdownm.lishiren.com

Dalam gambar yang dibagikan oleh lishiren.com, pada bagian kanan atas terdapat QR Code. QR ini digunakan untuk melihat informasi personal tentang kesehatanmu sehingga jika toko atau petugas kesehatan ingin mengetahuinya, cukup dengan melakukan scanning QR tersebut.

Data-data ini jelas tersimpan dalam satu server yang mana bisa dilihat untuk memperhatikan kesehatan warga. Tidak mengagetkan jika lockdown Tiongkok terbilang efektif mengingat dibantu aplikasi praktis ini. Menurutmu apakah Indonesia juga perlu memberlakukannya? Yuk, berdiskusi di kolom komentar!

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Iklan Mengganggu pada Aplikasi Resmi Xiaomi

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya