Comscore Tracker

60 Juta AirPods Terjual Sepanjang 2019, Apple Raup Banyak Keuntungan

Habis iPhone, terbitlah AirPods

Perusahaan terkemuka asal Amerika Serikat, Apple kembali menunjukkan kehebatannya di bidang teknologi. Pasalnya, salah satu produk Apple berhasil menjadi yang terbaik di tahun 2019, dilihat dari performanya di pasaran yang mendominasi pangsa pasar.

Produk yang dimaksud adalah earphone tanpa kabel, AirPods. Bagaimana tidak, AirPods berhasil mendominasi pangsa pasar earphone nirkabel di dunia, mengalahkan para pesaingnya. Terlebih, penjualan yang dilakukan oleh Apple sangat fantastis untuk AirPods. Simak ulasan selengkapnya untuk mengetahui lebih lanjut.

1. 60 juta AirPods terjual sepanjang tahun 2019

60 Juta AirPods Terjual Sepanjang 2019, Apple Raup Banyak Keuntunganmelmagazine.com

Strategy Analytics mengungkapkan bahwa Apple telah meraih keuntungan dari produknya yakni AirPods. Bagaimana tidak, rupanya Apple berhasil menjual 60 juta AirPods sepanjang tahun 2019! Tentu saja ini adalah sesuatu yang fantastis di mana Apple berhasil melampaui para pesaingnya.

2. Menguasai setengah pasar dari earphone nirkabel

60 Juta AirPods Terjual Sepanjang 2019, Apple Raup Banyak Keuntunganarstechnica.com

Selain itu, laporan ini juga menyatakan kalau Apple melalui AirPods-nya sukses mendominasi pasar untuk penjualan earphone nirkabel. Buktinya adalah dengan berhasil menjual hampir 60 juta AirPods dalam setahun, itu berarti Apple menguasai setengah pasar dari earphone nirkabel.

3. Samsung dan Xiaomi sebagai rival kalah jauh

60 Juta AirPods Terjual Sepanjang 2019, Apple Raup Banyak Keuntungangearbest.com

Melansir Business Insider, Samsung dan Xiaomi selaku kompetitor Apple, kalah telak di bidang earphone nirkabel. Bukan tanpa sebab, masing-masing dari Samsung dan Xiaomi hanya menguasai kurang dari 10 persen pangsa pasar earphone nirkabel. Namun, itu merupakan hal yang wajar karena Apple sudah terlebih dahulu meningkatkan pamor AirPods nya sejak pertama kali diluncurkan pada 2016 silam.

Baca Juga: 7 Fitur Andalan AirPods Pro yang Paling Bikin Orang Tertarik, Canggih!

4. Melahap 71 persen total pendapatan penjualan earphone nirkabel dunia

60 Juta AirPods Terjual Sepanjang 2019, Apple Raup Banyak Keuntunganpinterest.com

Lebih hebatnya lagi, AirPods bukan hanya membuat Apple eksis di dunia earphone nirkabel. Akan tetapi, AirPods juga mendatangkan keuntungan yang sangat besar bagi Apple.

Usut punya usut, dari total pendapatan seluruh earphone nirkabel di dunia, 71 persennya adalah milik AirPods. Tidak mengejutkan sih, karena AirPods kan dibanderol mulai dari Rp2 jutaan, sementara Samsung Galaxy Buds hanya Rp1,7 jutaan.

5. Masih bisa meningkat lebih jauh

60 Juta AirPods Terjual Sepanjang 2019, Apple Raup Banyak Keuntunganvox.com

Dengan terlihatnya keuntungan fantastis yang diterima Apple, CEO mereka Tim Cook membantah kalau pendapatan tersebut adalah pendapatan maksimal Apple. Menurut Cook, Apple optimis kalau mereka masih punya perjalanan panjang ke depannya, meskipun kini iPhone bukanlah kekuatan mereka semata wayang. Dan itu terbukti dengan penjualan AirPods yang membludak.

6. Berpotensi menyentuh angka 90 juta dalam penjualan AirPods

60 Juta AirPods Terjual Sepanjang 2019, Apple Raup Banyak Keuntunganbusinessinsider.sg

Seorang analis bernama Daniel Ives menjelaskan kalau Apple berpotensi meraup laba besar dari AirPods. Jika kini mereka telah menjual 60 juta AirPods dalam setahun, Ives memprediksi ke depannya Apple bisa menjual AirPods 90 juta per tahunnya. Praktis, itu berarti Apple harus bisa meningkatkan penjualannya untuk AirPods sebesar 50 persen.

7. Pendapatan dari iPhone semakin menurun

60 Juta AirPods Terjual Sepanjang 2019, Apple Raup Banyak Keuntungantheverge.com

Sejak dulu, Apple memang terus menerus bergantung pada penjualan iPhone. Sayangnya, kini penjualan iPhone terus menurun dilihat dari pendapatan Apple di kuartal keempat 2019.

Mereka hanya mendapatkan Rp455 triliun dari penjualan iPhone, menurun 9 persen dari tahun lalu di mana pendapatan mereka dari iPhone adalah Rp492 triliun. Jadi, Apple harus bisa memaksimalkan pamor AirPods untuk menjadi produk andalan mereka.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang penjualan AirPods serta dampaknya pada Apple. Inovasi dari Apple memang canggih-canggih ya!

Baca Juga: AirPods Terlalu Mahal untukmu? Tenang, Ini 7 Alternatif Terbaiknya

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya