Comscore Tracker

Sudah Beredar 10 Tahun, Ini 7 Alasan Kenapa iPad adalah Tablet Terbaik

Sebelum berbagai tablet bermunculan, iPad udah muncul duluan

Tak terasa tahun 2020 sudah mencapai bulan April saja. Itu artinya, tepat 10 tahun yang lalu, Steve Jobs bersama Apple meluncurkan iPad original. Sebenarnya Jobs sudah terlebih dahulu mengumumkannya pada Januari 2010. Namun, tidak ada yang pernah menyangka kalau teknologi yang dikeluarkan oleh Apple adalah berupa iPad.

Yap, banyak orang yang terkejut karena iPad sendiri merupakan gabungan dari hp dengan komputer. Kemudian bagian terbaik dari hp maupun komputer digabungkan menjadi satu sehingga terbentuklah iPad. Meskipun hingga saat ini tablet Android banyak beredar di pasaran, namun sedikit sekali yang berhasil menyaingi Apple bersama iPad nya.

Bahkan, Samsung yang merupakan kompetitor berat Apple saja tidak sanggup menjual tablet sebanyak yang Apple jual. Berikut beberapa alasan kenapa iPad terus menguasai pasar dan menjadi yang terbaik!

1. Sangat konsisten untuk kualitas tiap iPad

Sudah Beredar 10 Tahun, Ini 7 Alasan Kenapa iPad adalah Tablet Terbaiktechnobuffalo.com

Melansir Digital Trends, senjata rahasia iPad adalah konsistensi, baik dalam kualitas maupun kinerja. Selama bertahun-tahun, Apple memperluas cakupannya supaya bisa mencakup berbagai varian harga dan berbagai pengguna. Namun, yang luar biasa adalah bahwa kedua kualitas mendasar tersebut tercermin di semua iPad.

Dengan kualitas yang terus terjaga dalam setiap iPad keluaran terbarunya, tentu itu merupakan sebuah keuntungan karena para pengguna sudah percaya dengan Apple. Oleh karena itu, Apple terus berusaha untuk konsisten dalam menghadirkan produk keluaran terbarunya demi menjadi yang terbaik di antara kompetitornya.

2. Punya ciri khas pada desainnya

Sudah Beredar 10 Tahun, Ini 7 Alasan Kenapa iPad adalah Tablet TerbaikiMore

Desain ikonik dari iPad tidak banyak berubah dalam satu dekade belakangan ini. Logam yang dipadukan dengan tampilan cantik tetap menjadi ciri utama iPad. Walaupun begitu, ada beberapa iPad yang memang hadir lebih tipis dan ringan karena menyesuaikan dengan ukuran dan segmentasinya, seperti iPad Mini yang notabene diproyeksikan untuk anak kecil.

Sementara itu, para kompetitor Apple tidak membuat sebuah desain yang meninggalkan kesan. Lihat saja tablet Android murah kepunyaan Asus, Acer, dan Lenovo. Jika dibandingkan dengan iPad yang sudah tua sekalipun, desain iPad tetap lebih halus dibanding mereka. 

3. Pengalaman yang dibawa iPad sangat berbeda

Sudah Beredar 10 Tahun, Ini 7 Alasan Kenapa iPad adalah Tablet Terbaikwccftech.com

Pada dasarnya, iPad dan tablet Android memiliki satu tujuan yang sama, yakni untuk membuat orang-orang bisa merasakan smartphone dan komputer yang dijadikan satu. Bedanya, jika laptop atau komputer dianalogikan sebagai truk, maka iPad adalah sebuah mobil, demikian dikutip dari Fast Company.

Banyak sekali fitur yang diperkenalkan dari waktu ke waktu, sehingga baik Android maupun Apple memberikan pengalamannya masing-masing. Hanya saja pendekatan terpadu Apple dalam memberikan pengalaman ke tablet-tabletnya telah membantu iPad untuk mendominasi pasar. Baik iPad tua ataupun yang baru-baru ini rilis, pengalaman iPad selalu terasa sangat berbeda.

Baca Juga: 10 Tahun Usia iPad, Ini 12 Tahap Perjalanan Tablet Apple Tersebut

4. Tablet Android gagal menghadirkan permintaan yang sesuai

Sudah Beredar 10 Tahun, Ini 7 Alasan Kenapa iPad adalah Tablet Terbaikmynexttablet.com

Hal yang sama tidak berlaku untuk tablet Android. Setiap pembuat tablet menyesuaikan pengalaman sesuai dengan keinginan mereka. Akibatnya, seseorang yang menggunakan satu tablet Android tertentu kemungkinan besar akan berpindah haluan karena menemukan tablet yang sama sekali berbeda.

Praktis, pendekatan yang tablet Android lakukan membuatnya gagal mencapai adopsi yang lebih luas. Inilah kenapa banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan iPad dibanding tablet Android.

5. Punya dukungan software yang kuat

Sudah Beredar 10 Tahun, Ini 7 Alasan Kenapa iPad adalah Tablet Terbaikdigitaltrends.com

Alasan kesuksesan iPad selanjutnya adalah dukungan yang diterima untuk software beserta aksesorinya. Buktinya, Apple dapat memberikan software iPadOS terbaru ke iPad yang lebih lama, yang memungkinkan model yang jauh lebih tua untuk merasakan software terbaru. Contohnya seperti iPadOS 13 yang kompatibel dengan iPad Air 2 keluaran tahun 2014.

Mengetahui iPad bisa ditenagai software terbaru, maka banyak orang berpikir bahwa lebih bermanfaat apabila menggunakan iPad. Kamu tidak dapat mengharapkan hal yang sama dengan tablet lain. Di lain sisi, Apple terkadang mendaur ulang desain iPads-nya, jadi kamu tidak hanya akan memiliki lebih banyak pilihan, tetapi terkadang aksesorinya juga lebih murah.

6. Penjualan iPad selalu unggul

Sudah Beredar 10 Tahun, Ini 7 Alasan Kenapa iPad adalah Tablet Terbaikwaystoearnmoney.org

Sementara Apple terus menjadi pemimpin dalam penjualan tablet secara global, tablet Android selalu gagap selama bertahun-tahun sejak yang pertama datang ke pasar tidak lama setelah rilis iPad. Walaupun sudah mengerahkan kemampuan terbaiknya, tablet Android tidak pernah mampu melampaui Apple dalam hal penjualan. Samsung saja hanya bisa mengekor terus di peringkat kedua.

Bandingkan saja sendiri, perusahaan seperti Samsung, Huawei, dan Lenovo mengalami pertumbuhan negatif dari tahun ke tahun dalam laporan terakhir. Adapun tablet Windows belum berfluktuasi secara drastis selama bertahun-tahun, angka-angka stagnan mengindikasikan bahwa mereka tidak akan mencapai level iPad dalam waktu dekat.

7. iPad masih bisa lebih baik lagi

Sudah Beredar 10 Tahun, Ini 7 Alasan Kenapa iPad adalah Tablet Terbaikmacworld.com

Kini kamu sudah tahu betapa unggulnya iPad di pasaran. Kendati begitu, rupanya iPad diprediksi masih bisa lebih baik daripada sekarang alias belum mengeluarkan jurus terbaiknya. Rupanya Apple bercita-cita untuk menjadikan iPad sebagai pengganti untuk PC yang ada di setiap rumah.

Itulah beberapa alasan kenapa iPad selalu menjadi yang terbaik dibandingkan tablet Android. Kamu tim Apple atau Android nih?

Baca Juga: Baru Dirilis, Ini 7 Fitur Fantastis yang Dimiliki iPad Pro 2020!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya