Comscore Tracker

5G Segera Hadir dalam HP Berbagai Kelas, Simak 7 Ulasan tentangnya

Siap-siap tahun depan bisa puas internetan tanpa lemot

Hadirnya 5G mulai menemui titik terang. Sebab, Fifth Generation (5G) dari telekomunikasi seluler akan mulai merambah beberapa ponsel Android mulai tahun depan. Namun, bukan sembarang Android, melainkan hanya hape Android yang berkelas alias yang berada di jajaran papan atas.


Meski demikian, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat Qualcomm tidak menutup kemungkinan ponsel-ponsel standar juga bisa memiliki kekuatan internet 5G mulai tahun depan. Mau tahu bagaimana Qualcomm membuat para pengguna Android bisa menikmati 5G pada tahun 2020? Berikut ulasannya.

1. Menghadirkan chip 5G

5G Segera Hadir dalam HP Berbagai Kelas, Simak 7 Ulasan tentangnyafossbytes.com

Senior Wakil Presiden Qualcomm Keith Kressin melalui CNBC mengungkapkan kalau pada tahun 2020 mereka akan menjual chip baru. Pasalnya, chip baru itu sudah memiliki kapabilitas 5G. Bahkan, Kressin mengaku kalau dia menargetkan chip itu kepada ponsel-ponsel yang berkelas.

2. Berupa Snapdragon 865

5G Segera Hadir dalam HP Berbagai Kelas, Simak 7 Ulasan tentangnyapcworld.com

Kemudian, Qualcomm juga mengumumkan kalau chip yang akan beredar pada tahun 2020 nanti yaitu berupa Snapdragon 865. Nantinya, mereka akan menjualnya kepada para pembuat ponsel untuk dimasukkan ke dalam ponsel-ponsel papan atas seperti Samsung Galaxy. Dengan demikian, segala smartphone yang didukung oleh Snapdragon 865 akan memiliki koneksi internet 5G.

3. 5G menjanjikan kecepatan yang lebih baik

5G Segera Hadir dalam HP Berbagai Kelas, Simak 7 Ulasan tentangnyabbj.hu

Jika kamu menggunakan ponsel yang sudah dibekali 5G pada 2020 nanti, bersiap-siaplah, karena kamu akan merasakan sensasi kecepatan internet yang tidak biasa. Bagaimana tidak, 5G sendiri menjanjikan kecepatan internet dan latensi yang lebih rendah dari generasi sebelumnya. Untuk itu, Qualcomm bersedia untuk menghadirkan perangkat seluler 5G terbaik di pasaran.

Baca Juga: 7 Aplikasi Penguat Sinyal Terbaik yang Membuat Koneksi Stabil

4. Ada kans ponsel standar bisa nikmati 5G

5G Segera Hadir dalam HP Berbagai Kelas, Simak 7 Ulasan tentangnyapcworld.com

Qualcomm berkomitmen untuk mengupayakan agar jutaan smartphone bisa dibekali oleh chip 5G ini mulai tahun depan. Dengan begitu, maka bisa saja apabila ponsel-ponsel standar juga memiliki kekuatan internet 5G, bukan hanya smartphone mahal yang berada di jajaran atas. Lebih-lebih, jika pengguna ponsel dengan kekuatan 5G benar-benar merambah, alhasil operator akan semakin mempercepat rencana pembangunan jaringan 5G.

5. Ada 200 juta ponsel 5G yang beredar tahun depan

5G Segera Hadir dalam HP Berbagai Kelas, Simak 7 Ulasan tentangnyat3.com

Pada 2020 nanti, Qualcomm memprediksi akan ada sekitar 200 juta ponsel yang sudah disuntik chip 5G yang dikirim kepada pengecer. Sementara itu, analis dari perusahaan perbankan komersial dan investasi J.P. Morgan memperkirakan akan ada 229 juta ponsel 5G yang beredar pada 2020. Lebih hebatnya lagi, pada tahun 2021 ponsel 5G yang beredar akan meningkat 2 kali lipat, yaitu sebanyak 462 juta.

6. Cuma sedikit perusahaan ponsel yang bisa bikin chip

5G Segera Hadir dalam HP Berbagai Kelas, Simak 7 Ulasan tentangnyageekspin.co

Untuk membuat sebuah chip, apalagi seperti chip yang dibuat Qualcomm ini, sangatlah sulit. Buktinya, saat ini hanya ada 3 perusahaan ponsel terkemuka yang mampu membuat chip mereka sendiri: Samsung, Apple, dan Huawei.

Walaupun mampu membuat chip sendiri, tetapi perusahaan sekelas Samsung saja masih menggunakan chip Qualcomm untuk beberapa produk smartphone kelas atasnya. Selain itu, perusahaan-perusahaan ponsel lain yang menggunakan jasa Qualcomm adalah LG, Xiaomi, Oppo, Nokia, serta Google. Sebenarnya, hal tersebut wajar mengingat fokus dari perusahaan ponsel ini adalah kepada pemasaran dan penyesuaian penggunaan software.

7. Snapdragon 865 terpisah dari modem X55

5G Segera Hadir dalam HP Berbagai Kelas, Simak 7 Ulasan tentangnyaventurebeat.com

Usut punya usut, rupanya Qualcomm sengaja membuat chip 5G Snapdragon 865 dan modem 5G X55 secara terpisah. Dengan demikian, maka Snapdragon 865 tidak akan terintegrasi dengan modem X55.

Jadi, bagi para pembuat hp yang ingin menggunakan chip Snapdragon 865 harus menggunakan modem 5G yang sudah disediakan Qualcomm ini. Sebab, modem inilah yang memberikan layanan 5G.

Jadi, begitulah sederet gambaran seputar 5G yang dikepalai oleh Qualcomm pada tahun 2020 nanti. Tinggal menunggu hitungan bulan loh sebelum bisa menikmati internet 5G yang super kenceng!

Baca Juga: 7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP, Demi Koneksi Lancar

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You