Comscore Tracker

4 Kebiasaan Ini Ternyata Menguras Daya Baterai Smartphone

Ini jarang disadari pengguna

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan kamu akan ponsel pintar sangat tinggi. Hampir tidak mungkin kamu bisa lepas dari benda yang satu itu. Nah, salah satu faktor seseorang ingin membeli ponsel baru ialah ketahanan baterai. Apakah mampu memenuhi kebutuhan sang pemilik atau justru membutuhkan dukungan daya seperti powerbank?

Terlepas dari hal tersebut, sebenarnya terdapat beberapa hal yang mungkin kamu tak sadari justru menguras daya baterai ponsel. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pengaturan model sleep yang tidak optimal

4 Kebiasaan Ini Ternyata Menguras Daya Baterai Smartphoneunsplash.com/Lorenzo Rui

Pernahkah kamu sadar bahwa ketika mendiamkan ponsel beberapa saat maka layar akan otomatis mati? Ya, itu merupakan fitur sleep untuk mengurangi konsumsi baterai. Namun yang menjadi permasalahan adalah ketika layar ponsel mati dan kamu hidupkan kembali secara terus-menerus akan membuat daya terkuras alih-alih hemat. Ada baiknya mengubah setelan waktu sleep yang lebih lama supaya menghemat daya baterai.

2. Kerap menggunakan mobile data

4 Kebiasaan Ini Ternyata Menguras Daya Baterai Smartphoneunsplash.com/Host Sorter

Siapa sangka justru dengan menggunakan mobile data membuat baterai ponsel menjadi lebih boros? Dengan menggunakan mobile data berarti ponsel kamu dibiarkan bekerja untuk menangkap sinyal baik saat kondisi susah sinyal atau tidak. Berbeda apabila menggunakan jaringan Wifi, karena jaringan Wifi cenderung lebih stabil dibanding jaringan provider.

Baca Juga: 5 Kelebihan Vivo V15, Smartphone Mumpuni dengan Harga Terjangkau

3. Fitur GPS selalu dalam keadaan hidup

4 Kebiasaan Ini Ternyata Menguras Daya Baterai Smartphoneunsplash.com/Enrique Alarcon

Fitur GPS (Global Positioning System) merupakan fitur yang membantu untuk memberikan lokasi secara akurat. Fitur tersebut sering kamu gunakan saat menggunakan Maps atau memesan layanan ojek online.

Pemakaian yang terus-menerus dalam arti saat tidak butuh namun fitur GPS tetap menyala sangat menguras baterai. Pasa;nya GPS akan terus membutuhkan dukungan sinyal internet yang kuat guna membuat lokasi yang akurat.

4. Lupa menghapus background process

4 Kebiasaan Ini Ternyata Menguras Daya Baterai Smartphoneunsplash.com/Rami Al-zayat

Background process adalah saat kamu selesai memakai aplikasi namun tidak dimatikan (clear task) maka sejatinya aplikasi tetap berjalan walaupun sudah ditutup. Bayangkan jika kamu memiliki banyak aplikasi dan sering digunakan, berapa banyak background process yang menyedot daya baterai?

Baca Juga: 6 Aplikasi Investasi Reksadana untuk Android dan iOS, Diawasi OJK!

Agung Destian Putra Photo Community Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You