Comscore Tracker

Huawei Hadirkan MateBook D14 2022, Ini Spek dan Harganya!

Harga baru, fitur yang tetap gahar

Pada Rabu 27 Juli 2022, Huawei menggelontorkan berbagai seri gadget terbaru sebagai bagian dari smart office-nya lewat perhelatan Huawei APAC Smart Office Launch 2022 di Bangkok International Trade and Exhibition Centre (BITEC), Bangkok, Thailand.

IDN Times berkesempatan menghadiri peluncurannya secara langsung. Sudah diluncurkan pada 2019, Huawei memperbarui MateBook D14. Apa bedanya MateBook D14 2022 dengan seri sebelumnya? Dan, berapa harganya? Mari simak fakta selengkapnya mengenai spek dan harga MateBook D14 2022 berikut ini!

1. Desain

Huawei Hadirkan MateBook D14 2022, Ini Spek dan Harganya!Engsel layar Huawei MateBook D14 bisa menekuk hingga 180° (Dok. Huawei Indonesia)

Hadir dengan warna Mystic Silver, MateBook D14 memiliki desain elegan logam ringan nan ramping. Tidak perlu pegal saat dibawa-bawa, laptop ini hanya memiliki berat 1,38kg.

Dari segi kerampingan, MateBook D14 hanya memiliki ketebalan hampir 16mm saja. Fitur unik dari desain MateBook D14 adalah engsel layar yang bisa dibuka hingga lurus 180° untuk memenuhi kebutuhan produktivitas sehari-hari.

2. Layar

Sesuai dengan namanya, MateBook D14 memang memiliki layar FullView berteknologi IPS LCD anti-glare seluas 14 inci. Selain itu, layar laptop ini memiliki aspect ratio 16:9, rasio screen-to-body 84 persen, dan bezel setipis 4,8mm. Dengan layar ini, menonton film, seri, atau video jadi lebih mendalam.

Untuk resolusi, layar MateBook D14 mendukung resolusi 1920x1080p. Selain itu, layar laptop ini juga telah dirancang dengan sertifikasi flicker-free dan sertifikasi Reduced Blue Light dari TÜV Rheinland. Hasilnya, bukan cuma memanjakan mata, layar MateBook D14 juga menjaga mata dari kerusakan akibat cahaya biru.

3. Prosesor

Huawei Hadirkan MateBook D14 2022, Ini Spek dan Harganya!Intel Core i3 Generasi ke-11 (ark.intel.com)

Inilah yang menjadi faktor pembeda signifikan dari MateBook D14. Prosesor yang disematkan Huawei untuk MateBook D14 adalah Intel i3 Generasi ke-11. Meski generasi ke-12 adalah yang terbaru saat ini, laptop ini masih dijamin lebih cepat dibanding versi pendahulunya. Untuk sistem operasi, MateBook D14 sudah ditenagai Windows 11 Home.

Demi mendongkrak kinerja MateBook D14, Huawei membekali laptop ini dengan RAM 8GB dan NVMe PCle SSD sebesar 512GB. Dari segi kinerja grafis, MateBook D14 sudah dipasang kartu grafis Intel Iris XE Graphics, sehingga tampilan konten di layar MateBook D14 sudah tak perlu diragukan lagi detailnya.

Baca Juga: Intel Perkenalkan Prosesor Gen 11 ke Khalayak Indonesia

4. Konektivitas

Dari segi konektivitas, MateBook D14 terbaru telah mendukung koneksi nirkabel tercepat saat ini, WiFi 6. Huawei mengklaim bahwa dukungan WiFi 6 di MateBook D14 membuatnya 2,7 kali lebih cepat dari pendahulunya. Bahkan, MateBook D14 bisa men-download file dengan kecepatan 2,4 Gb/detik.

Untuk konektivitas kabel, MateBook D14 memuat tiga port, yaitu USB 3.2 Gen. 1, USB-A 2.0, dan USB-C. Selain itu, untuk menghubungkan media, laptop ini juga memiliki port HDMI dan lubang jack headphone 3,5mm.

Huawei Hadirkan MateBook D14 2022, Ini Spek dan Harganya!fitur Super Device di perangkat Huawei (IDN Times/Alfonsus Adi Putra)

Sebagai salah satu perangkat smart office keluaran Huawei, MateBook D14 juga disematkan fitur Super Device untuk bisa berkolaborasi lintas perangkat secara mulus. Dari pusat kendali MateBook D16, tinggal pilih layar Super Device, dan seret perangkat mana yang ingin dihubungkan.

Dengan Super Device, MateBook D14 terbaru bisa:

  • Membuka tiga jendela dari aplikasi HP Huawei di layar MateBook D14.
  • Mengakses dan memindahkan data dari HP hanya dengan drag-and-drop.
  • Menerima atau melakukan panggilan suara atau video dari HP ke MateBook D14.

Selain itu, perangkat Huawei lain seperti earphonespeaker, hingga printer bisa juga memanfaatkan fitur koneksi cepat. Tinggal dekatkan ke laptop, maka jendela pop-up otomatis akan membuat koneksi perangkat Huawei ke MateBook D14 secepat kilat.

5. Fitur lain

Selain fitur-fitur tersebut, MateBook D14 memiliki dua speaker dan dua mikrofon. Algoritma audio kustom membawakan kualitas audio revolusioner dan suara kitar detail. Kemudian, tombol power pada MateBook D14 juga bertindak sebagai sistem keamanan pemindai sidik jari.

Di keyboard backlit MateBook D14, Huawei menanamkan perintah hotkey "Fn+P" yang mengaktifkan Performance Mode atau Standard Mode untuk mengatur mode kinerja laptop. Bingung cari webcam? Ternyata, webcam MateBook D14 terletak di keyboard laptop dan harus ditekan untuk digunakan. Benar-benar menjaga privasi!

6. Baterai

Berbagai fitur tersebut tak akan lengkap bila MateBook D14 tidak memiliki baterai mumpuni. Oleh sebab itu, untuk versi terbarunya ini, Huawei membekali D14 dengan baterai berkapasitas 56Wh.

Tak perlu takut kehabisan baterai saat bepergian, MateBook D14 telah mendukung pengisian daya kilat SuperCharge 65W dengan adaptor berkabel USB-C. Huawei menjamin bahwa dengan pengisian daya selama 15 menit saja, MateBook D14 bisa digunakan selama 2 jam.

7. Harga

Huawei Hadirkan MateBook D14 2022, Ini Spek dan Harganya!harga dan promo PO Huawei MateBook D14 di Indonesia (Dok. Huawei Indonesia)

Dengan fitur-fitur teranyarnya, berapakah harga yang dibanderol Huawei untuk MateBook D14? Masa pre-order (PO) MateBook D14 telah dibuka sejak 27 Juli sampai 5 Agustus 2022 mendatang. Bukan Rp7.599.000, selama masa PO, Huawei MateBook D14 2022 dipasang harga sebesar Rp6.999.000!

Jika memesan terlebih dulu, ada berbagai keuntungan yang bisa didapat, worth hingga Rp2,2 juta! Keuntungan-keuntungan tersebut adalah:

  • Cashback Rp600.000.
  • Microsoft Office 365.
  • Huawei Backpack dan mouse Bluetooth.

Apakah kamu tertarik dengan spek dan promo yang ditawarkan Huawei dengan MateBook D14? Tunggu apa lagi, yuk, segera bungkus!

Baca Juga: Intel Luncurkan Prosesor Generasi 12 dan Evo Generasi 3

Topic:

  • Nurulia
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya