Comscore Tracker

Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Gen 1, Siap untuk HP 2022!

Makin responsif dan canggih dalam genggaman

Pada hari pertama Snapdragon Tech Summit dari 30 November sampai 1 Desember 2021 yang digelar di Hawaii, Qualcomm memperkenalkan chipset baru, Snapdragon 8 Gen 1. Chipset ini menjadi suksesor dari Snapdragon 888+ 5G.

Qualcomm memberikan tugas kepada Snapdragon 8 Gen 1 untuk menjadi dapur pacu bagi HP flagship yang akan datang. Oleh karena itu, fiturnya pun tidak main-main. Apa saja kecanggihan yang ditawarkan Snapdragon 8 Gen 1?

https://www.youtube.com/embed/KcyOB9GQMng

1. Performa tinggi, hemat baterai

Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Gen 1, Siap untuk HP 2022!ilustrasi HP (unsplash.com/Eddy Billard)

Setelah Arm meluncurkan Armv9 pada Mei 2021 silam, Snapdragon 8 Gen 1 langsung jadi chipset pertama yang menggunakan teknologi tersebut. Mengusung CPU Kryo delapan (octacore, pembagian prosesor di Snapdragon 8 Gen 1 adalah:

  • core Cortex-X2 (3,0 GHz)
  • core Cortex-A710 (2,5 GHz)
  • core Cortex-A510 (1,8 GHz)

Sementara Snapdragon 888+ 5G masih diproduksi 5nm, Snapdragon 8 Gen 1 diproduksi secara 4nm. Dengan Snapdragon 8 Gen 1, Qualcomm ingin kinerja bertambah hingga 20 persen dan 30 persen lebih hemat baterai.

2. Grafik mumpuni untuk gaming

Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Gen 1, Siap untuk HP 2022!mobile gaming (unsplash.com/SCREEN POST)

Berbicara soal grafik, Snapdragon 8 Gen 1 tetap menyertakan GPU Adreno. Di chipset yang baru ini, kinerja Adreno dalam proses rendering 30 persen lebih cepat. Yang tidak kalah penting, kecanggihan Adreno menghemat baterai hingga 25 persen. Selain itu, dengan API Vulkan, kinerja grafik terdongkrak hingga 60 persen.

Qualcomm juga memperbarui fitur Snapdragon Elite Gaming pada Snapdragon 8 Gen 1. Apa saja?

  • Teknologi Adreno Frame Motion yang menggandakan frame rate dan lebih hemat baterai hingga 50 persen
  • Volumetric rendering sekelas PC untuk grafik yang lebih mulus
  • VRS Pro yang meningkatkan kinerja dan penghematan baterai
  • Dukungan untuk teknologi Unreal Engine 5
  • Dukungan untuk refresh rate 144Hz di resolusi QHD+

3. Koneksi 5G super cepat

Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Gen 1, Siap untuk HP 2022!ilustrasi koneksi 5G (freepik.com/starline)

Dalam perkembangan koneksi 5G, Qualcomm adalah salah satu yang ujung tombak. Oleh karena itu Qualcomm menyematkan modem Snapdragon X65 Gen 4 di Snapdragon 8 Gen 1.

Snapdragon X65 adalah Modem-RF 5G dengan kecepatan 10Gb/detik pertama di dunia. Sebagai perbandingan kecepatan seri Snapdragon 888 terdahulu terpatok di 7,5Gb/detik! Selain itu, modem ini juga dilengkapi dengan fitur 3GPP Release 16 5G.

Dengan fitur-fitur ini, Qualcomm menjamin koneksi Snapdragon 8 Gen 1 lebih cepat dan jangkauan jaringan, frekuensi, dan bandwidth lebih andal untuk koneksi 5G di seluruh dunia.

4. Peningkatan kemampuan kamera

Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Gen 1, Siap untuk HP 2022!ilustrasi mengambil gambar dengan HP (unsplash.com/Angela Compagnone)

Qualcomm juga memberi tambahan baru pada kemampuan kamera. Dengan Snapdragon 8 Gen 1, Qualcomm memperkenalkan fitur bertajuk Snapdragon Sight untuk kamera HP di masa depan. Inilah beberapa fitur tangkapan gambar dan video yang ditawarkan Snapdragon Sight:

  •  Image signal processor 18-bit Qualcomm Spectra yang always on menangkap data 4.000 kali lebih sensitif dari versi 14-bit dengan kecepatan 3,2 gigapixel/detik
  • Kemampuan menangkap 240 foto berkualitas 12MP dalam 1 detik
  • Image processing yang menggabungkan 30 frame gambar untuk menghasilkan gambar yang lebih detail, terang, dan berwarna (berguna untuk mode malam, HDR, menghapus objek di foto, dan fitur-fitur edit gambar lainnya)
  • Dukungan video 8K/30 frame per second (fps) beserta resolusi HDR, HDR10, dan HDR10+
  • Chromatic Aberration Correction untuk lensa kamera ultra wide
  • Dukungan untuk lensa 200MP
  • Dukungan untuk tiga kamera setajam 36MP tanpa lag
  • Resolusi super untuk kemampuan zoom yang lebih baik saat merekam video
  • Fitur bokeh untuk video beresolusi 4K
  • Dukungan deteksi wajah berbasis kecerdasan buatan (AI) yang mendeteksi 300 fitur wajah

Baca Juga: 7 HP dengan Kamera Video 4K Terbaik 2020, Rekam Konten Jernih Banget!

5. AI yang lebih pintar

Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Gen 1, Siap untuk HP 2022!ilustrasi menggunakan HP (unsplash.com/Meghan Schiereck)

Dengan teknologi AI Gen 7, Snapdragon 8 Gen 1 jauh lebih pintar dibanding chipset sebelumnya. Qualcomm meningkatkan kinerja tensor pada DSP Hexagon Snapdragon 8 Gen 1 dengan sistem memori yang dua kali lebih besar. Hasilnya, tensor jadi 4 kali lebih cepat dan 1,7 kali lebih hemat baterai.

Salah satu penggunaan sistem AI teranyar ini adalah efek kamera yang serupa dengan kamera Leica. AI juga lebih pintar mendeteksi letak HP agar kinerja antena juga lebih ditingkatkan. Kemudian, sampling berbasis AI juga menawarkan efek DLSS untuk meningkatkan pengalaman bermain game di HP.

6. Privasi layar mirip Blackberry

Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Gen 1, Siap untuk HP 2022!ilustrasi menggunakan HP (unsplash.com/Becca Tapert)

ISP Qualcomm Spectra pada Snapdragon 8 Gen 1 bukan hanya berfungsi untuk gambar. Qualcomm menambahkan satu lagi ISP pada Sensing Hub Gen 3 di SoC-nya. Berbeda fungsi, ISP ini didesain untuk memacu sensor kamera agar always on dengan resolusi tinggi dan rendah konsumsi baterai.

Fitur yang ditawarkan oleh ISP ini adalah untuk privasi layar. Selain mematikan layar saat HP diletakkan dengan layar ke bawah, ISP ini dapat menggelapkan layar jika ada yang ingin mengintip, sebuah fitur yang dulu pernah terkenal di Blackberry.

Sementara fitur always on pada kamera berpotensi menimbulkan masalah privasi, Qualcomm meyakinkan bahwa justru data yang tertangkap kamera tetap aman dalam perangkat. Selain itu, para pengguna juga bisa memilih untuk tetap menyalakan kamera atau tidak.

7. Koneksi Wi-Fi yang andal dan audio wireless yang lebih jernih

Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Gen 1, Siap untuk HP 2022!ilustrasi headphone wireless (coolheadphonez.com)

Selain koneksi 5G yang andal, Qualcomm juga ikut menyertakan dukungan untuk koneksi nirkabel Wi-Fi 6 dan 6E pada Snapdragon 8 Gen 1. Dukungan ini diberi nama Qualcomm FastConnect 6900. Dengan fitur ini, koneksi nirkabel pada Snapdragon 8 Gen 1 dipacu dengan kecepatan 3,6 Gb/detik.

Selain itu, Qualcomm FastConnect 6900 juga meningkatkan koneksi Bluetooth 5.2 dan mendukung fitur audio wireless, bernama Snapdragon Sound. Fitur-fitur audio yang ditawarkan Snapdragon Sound adalah:

  • Streaming musik nirbkabel berkualitas 16-bit/44,1kHz dengan teknologi Qualcomm aptX Lossless
  • aptX Voice menjernihkan kualitas panggilan suara
  • Qualcomm aptX Adaptive memastikan sinkronisasi audio/video rendah latensi
  • Snapdragon 8 Gen 1 adalah yang pertama mendukung LE Audio untuk siaran dan perekaman stereo serta voice back-channel untuk gaming
  • Qualcomm Aqstic berbasis AI bertugas untuk:
    • Menangkal gema dan bising
    • Perekaman suara HDR
    • Total Harmonic Distortion + Noise (THD+N)
    • Mendukung playback hingga -108dB

8. Keamanan yang lebih terjaga

Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Gen 1, Siap untuk HP 2022!ilustrasi smartphone (youtube.com/Snapdragon)

Tak ketinggalan, Qualcomm membekali Snapdragon 8 Gen 1 dengan berbagai fitur keamanan demi menjaga data para penggunanya. Chipset yang baru ini menampilkan Trust Management Engine untuk menjaga data pengguna dan memfilter aplikasi dan layanan digital.

Selain itu, Qualcomm mengklaim Snapdragon 8 Gen 1 adalah platform HP pertama yang termasuk Android Ready SE. Bukan tidak mungkin, HP dengan Snapdragon 8 Gen 1 bisa jadi kunci mobil, surat izin mengemudi (SIM) digital, dompet digital, dan identifikasi digital lainnya di masa depan.

Selain keamanan, fitur Qualcomm Secure Processing Unit pada Snapdragon 8 Gen 1 juga mendukung iSIM, kartu SIM yang terintegrasi dengan HP. Dengan begitu, para pengguna bisa dengan mudah tersambung ke jaringan seluler tanpa kartu SIM fisik.

Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Gen 1, Siap untuk HP 2022!Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (youtube.com/Snapdragon)

Itulah fitur-fitur utama yang ditawarkan oleh Snapdragon 8 Gen 1, chipset flagship teranyar dari Qualcomm yang siap mendukung HP terbaru nantinya. Dari fitur-fitur ini, mana yang menurutmu paling berguna?

Bagi yang tidak sabar menjajal kinerja Snapdragon 8 Gen 1, Qualcomm memprakirakan Black Shark, Honor, iQOO, Motorola, Nubia, OnePlus, OPPO, Realme, Redmi, SHARP, Sony Corporation, vivo, Xiaomi, dan ZTE akan merilis HP yang akan mengusung chipset tersebut sebelum akhir 2021. Tunggu tanggal rilis dan hands-on-nya ya!

Baca Juga: Kinerja Juara, Ini 7 HP Terbaik Bertenaga Snapdragon 888

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya