Comscore Tracker

Crewmate di Among Us, Ini 10 Cara Jitu Menangkap Impostor

Gak perlu tarik urat!

Sejak dirilis pada 2018 oleh Innersloth, game "Among Us" yang mirip werewolf ini mendulang kesuksesan di tengah pandemik penyakit virus korona baru (COVID-19). Karena banyak yang harus tetap #DiRumahAja, Among Us jadi salah satu opsi agar tidak bosan.

Sekadar penjelasan singkat, Among Us membagi 10 pemainnya menjadi dua kubu: crewmate dan impostor yang tengah dalam misi luar angkasa di tiga tempat: The Skeld, MIRA HQ, dan Polus.

Sementara crewmate ditugaskan untuk mengerjakan beberapa task, impostor (maksimal 3) hanya tinggal berpura-pura mengerjakan task lalu membunuh crewmate. Selain itu, crewmate pun juga harus siap-siap memperbaiki alat-alat yang di-sabotage oleh impostor.

Kalau menemukan jasad, crewmate bisa lapor dan mem-vote pemain yang mencurigakan. Nah, saat voting berlangsung, di situlah keseruan fitnah dan argumentasi terjadi!

Crewmate di Among Us, Ini 10 Cara Jitu Menangkap ImpostorIDN Times/Alfonsus Adi Putra

Kamu sering mendapat peran crewmate? Susah membedakan impostor dari 9 pemain? Kamu tidak sendiri. Pasalnya, agak sulit membedakan impostor karena mereka pun diberikan daftar fake task agar seolah-olah mengerjakan tugas layaknya sesama crewmate. Kalau terlambat atau takut memperbaiki alat yang di-sabotage, impostor menang!

Apalagi, jika opsi confirm eject dimatikan, kamu tidak tahu yang apakah yang di-vote keluar adalah sesama crewmate atau impostor. Kalau salah? Impostor menang lagi! Nah, setelah sekian lama bermain Among Us, ternyata kamu bisa melihat beberapa hal agar bisa langsung mengetahui mana pemain yang adalah impostor. Apa saja?

1. Pemain yang ada di dekat mayat crewmate biasanya adalah impostor!

Crewmate di Among Us, Ini 10 Cara Jitu Menangkap Impostorandroidcentral.com

Gak selalu, tetapi jika kamu berpapasan dengan satu pemain lalu melihat mayat crewmate atau melihat pemain dekat mayat crewmate, ingat warna pemainnya lalu tekan report! Kemungkinan besar, pemain yang berpapasan denganmu adalah impostor, apalagi jika arah jalannya sama dengan arah mayat crewmate.

Bukan hal yang mudah memang, mengingat beberapa impostor suka self-report. Namun, jika kebetulan mereka tidak self-report dan kamu menemukan mereka tengah berjalan dari atau di sekitar mayat crewmate, patut dicurigai. Apalagi, jika saat diskusi mereka diam-diam saja!

2. Gunakan CCTV dan map, ingat siapa yang kamu lihat dan di mana

Crewmate di Among Us, Ini 10 Cara Jitu Menangkap Impostortwitter.com/InnerslothDevs

Cara ke-2 adalah, ingat baik-baik lokasi dan pergerakan pemain di sekitar map. Ada bantuan peta dan CCTV (di The Skeld) kalau kamu tidak tahu nama lokasinya. Setidaknya, kalau kamu ingat pergerakan player yang berpapasan denganmu beserta lokasi serta terakhir kali kamu melihatnya, kamu bisa membuat argumen kuat sebelum voting.

Sebagai contoh, bila tubuh ditemukan di ruang Admin, lalu kamu sempat melihat 1 - 2 player keluar dari ruang Admin sebelumnya, maka kamu bisa menebak langsung siapa. Tetapi ingat, jangan terlalu membeberkan banyak informasi. Alih-alih dipercaya, kamu malah dicurigai dan di-vote jadi impostor!

3. Pelajari mana task asli dan task palsu, serta trik Medbay!

Crewmate di Among Us, Ini 10 Cara Jitu Menangkap ImpostorIDN Times/Alfonsus Adi Putra

Kalau kamu sudah sering bermain Among Us, entah sebagai crewmate atau impostor, maka kamu sudah akrab dengan berbagai task, baik yang dikerjakan oleh crewmate atau yang pura-pura dikerjakan oleh impostor. Nah, informasi ini bisa kamu jadikan bukti untuk menuduh impostor. Jika ada player terlihat gelisah saat mengerjakan task, maka kamu bisa memastikan kalau kecurigaanmu 90 persen benar terhadap mereka!

Task pada Among Us terbagi menjadi tiga jenis: Common, Visual, Long, dan ShortCommon didapatkan oleh semua pemain (kecuali impostor), visual task adalah tugas yang dapat kamu lihat pengerjaannya, long task memiliki langkah berbelit-belit atau memakan waktu, dan short task adalah tugas mudah yang tidak memakan waktu.

Crewmate di Among Us, Ini 10 Cara Jitu Menangkap Impostorreddit.com

Paling mudah mengetahuinya adalah saat mereka sedang berpura-pura mengerjakan visual task seperti scanning di MedBay. Jika scanning tidak keluar dan mereka hanya berdiri di sana, berarti mereka adalah impostor! Namun, sekali lagi, jika opsi visual task dimatikan, maka akan lebih susah.

4. Impostor akan memecah crewmate agar jalan sendiri

Crewmate di Among Us, Ini 10 Cara Jitu Menangkap Impostorknowyourmeme.com

Sebagai crewmate, paling aman pergi bergerombol karena akan menyusahkan impostor untuk membunuhmu. Kalau kamu sendirian dan merasa diikuti, jangan panik, dan carilah crewmate lain agar kamu aman. Nah, kalau player yang mengikutimu langsung pergi, 80 persen patut dicurigai ia adalah impostor.

Berusaha untuk ada dalam jangkauan penglihatan pemain lain dan cukup jauh agar tidak terbunuh impostor. Jika kamu benar-benar dibuntuti oleh satu pemain hingga ke seisi map dan merasa curiga akan dibunuh, jangan sungkan untuk menekan tombol emergency meeting. Tetapi, pastikan kamu memiliki bukti, atau kamu yang akan di-vote.

5. Pemain yang biasanya berjalan sendiri patut dicurigai

Crewmate di Among Us, Ini 10 Cara Jitu Menangkap Impostorgamespot.com

Melihat pemain yang berjalan sendiri seolah-olah tidak takut dibunuh impostor? Bisa jadi dialah impostor-nya! Kalau berdua atau bertiga di satu area map saja bikin merinding disko, apalagi yang berjalan sendiri. Entah crewmate tersebut punya rencana sendiri atau... dialah impostor-nya.

Kamu bisa mencoba menguntitnya sambil menjaga jarak. Namun, hati-hati, Jika impostor tersebut tahu niatmu, kamu malah akan digiring ke tempat sepi lalu dihabisi. Selain itu, kamu rentan dituduh oleh sang impostor dan dicurigai oleh crewmate lainnya karena menguntit tanpa sebab yang jelas.

Baca Juga: Tuman! 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan Para Pemain Among Us

6. Impostor terlihat lebih cepat "bosan" dan meninggalkan ruangan

Crewmate di Among Us, Ini 10 Cara Jitu Menangkap Impostorgamespot.com

Semua player memiliki daftar task berbeda yang harus dikerjakan. Beda dengan crewmate, impostor hanya diberikan task palsu yang tidak bisa dikerjakan. Mereka biasanya hanya masuk, berdiri sambil pura-pura mengerjakan tugas, lalu pergi. Nah, di sini, kamu bisa menangkap basah mereka secara tidak langsung.

Kalau biasanya task yang ada di satu ruangan bersifat long dan satu pemain terlihat buru-buru keluar saat sedang ramai, maka kamu pun bisa menaruh curiga pada pemain tersebut. Impostor cenderung cepat bosan dan langsung keluar karena tidak menemukan mangsa empuk. Kalau impostor tidak sabaran, akan cepat tertangkap, deh!

7. Pergerakan impostor yang cepat hilang

Crewmate di Among Us, Ini 10 Cara Jitu Menangkap ImpostorKompas Tekno

Semua pemain Among Us diberi kecepatan seragam yang dapat diatur sebelum bermain. Tetapi, jika kamu tengah mengikuti satu pemain seperti di langkah ke-5, dan ia tiba-tiba sudah hilang bak tertiup angin, entah koneksimu yang ping nya terlalu besar, atau... dia adalah impostor! Apalagi, di area tempat ia "menghilang" ada vent. Hanya impostor yang bisa masuk vent dan kamu harus waspada.

8. Perhatikan task bar!

Crewmate di Among Us, Ini 10 Cara Jitu Menangkap Impostorreddit.com

Tahukah kamu, ternyata task bar yang ada di pojok kiri atas bisa dijadikan patokan untuk melihat apakah impostor benar-benar mengerjakan task atau tidak! Semakin banyak crewmate yang menyelesaikan tugas, maka task bar hijau akan terisi dan crewmate bisa menang. Karena impostor tidak mengerjakan tugas, maka task bar tidak akan terisi.

Sebagai catatan, metode ini amat berguna bila pemain yang tersisa kurang dari 5 dan rata-rata sudah menyelesaikan task-nya. Semakin sedikit, maka akan semakin mudah memantau task bar dan menemukan impostor di menit-menit terakhir. Selain itu, jika kamu sudah terbunuh, selesaikan saja task-nya agar bisa menang, bukannya keluar!

9. Menyamar dengan lingkungan

Crewmate di Among Us, Ini 10 Cara Jitu Menangkap Impostoryoutube.com

Kamu benar-benar ingin menangkap impostor? Kamu bisa berdiri di belakang objek map Among Us seperti gambar di atas dan kamu takkan terlihat sama sekali.

Selain bersembunyi dari kejaran impostor, kamu bisa diam-diam mengamati impostor yang sedang bersiap melakukan aksinya. Sesudahnya, kamu bisa langsung keluar dari tempat persembunyian, menangkap basah sang impostor, dan report!

10. Hal-hal ambigu dalam Among Us yang patut diingat

Crewmate di Among Us, Ini 10 Cara Jitu Menangkap Impostoryoutube.com

Terlepas dari langkah-langkah di atas, ada beberapa hal ambigu perlu diingat.

  • Player yang ada di dekat jasad pemain bisa jadi adalah crewmate lain yang kebetulan melintas;
  • Saat player lain membuntutimu sendiri, bisa jadi sebenarnya mereka lah yang curiga padamu; dan
  • Kalau koneksimu ping-nya besar, maka player yang kamu ikuti bisa saja sudah beberapa langkah di depanmu. Jadi, bukan kamu kehilangan jejak, namun memang internetmu saja bapuk!

Dengan kata lain, langkah-langkah tadi bertujuan untuk memberikanmu "petunjuk" membedakan dan bertahan impostor.

Crewmate di Among Us, Ini 10 Cara Jitu Menangkap Impostorgfycat.com

Selain itu, ada tiga hal yang tidak dapat diandalkan dalam membedakan impostor:

  • Report;
  • Sabotage; dan
  • Main tuduh impostor.

Kenapa? Karena hal-hal tersebut bisa dilakukan oleh semua pemain, termasuk impostor! Kalau reportimpostor-pun juga bisa self-reportimpostor pun bisa men-sabotage peralatan map dan membetulkannya sendiri agar dipercaya, dan impostor pun juga cenderung mengorbankan crewmate hingga sesama impostor agar tidak di-vote keluar!

Cara terbaik untuk bertahan dan menangkap basah impostor adalah dengan mengamati gerak-gerik semua pemain dan menyelesaikan task secepatnya. Trust no one dan jangan panik jika salah vote.

Sebagai crewmate di Among Us, kamu punya cerita menangkap impostor dengan caramu? Yuk, bagi resepnya di kolom komentar di bawah!

Baca Juga: 10 Tips Menjadi Crewmate Baik di Game Among Us, Kalahkan Impostor!

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya