Comscore Tracker

7 Rekomendasi Earphone Gaming Terbaik di Bawah Rp1,5 juta

Langkah kaki lawan pun kedengeran!

Selain keyboard dan mouse yang sensitif, apa lagi yang dibutuhkan seorang gamer agar dapat mengeluarkan potensi terbaiknya? Salah satunya lagi adalah headphone atau earphone yang tidak kalah peka. Kali ini, kita akan bahas earphone.

Dengan earphone terbaik, gamer menjadi peka terhadap lingkungan game sehingga mampu mendeteksi lawan. Terutama untuk gamer first person shooter (FPS), earphone yang baik akan membantu mereka mendengar suara tembakan atau suara langkah kaki lawan yang mengendap-endap.

Tentu saja, earphone gaming seharusnya dibedakan dari earphone yang digunakan untuk mendengar lagu. Namun, dalam beberapa kasus, bedanya tipis! Selain penampilan yang bikin percaya diri, menurut situs Soundguys, ada beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan membeli earphone gaming, seperti:

  • Kenyamanan;
  • Suara kitar dan soundstage;
  • Kompatibilitas dengan PC, mobile, atau konsol;
  • Noise-cancelling/isolasi suara;
  • Durabilitas; dan
  • Mikrofon.

Jadi, cobalah untuk menguji earphone agar tidak salah beli. Dengan enam pertimbangan tersebut, inilah 7 earphone gaming yang dapat kamu beli di bawah Rp1,5 juta untuk menambah kepekaanmu terhadap pergerakan lawan dalam game!

1. Razer Hammerhead Duo (Rp1,3 juta)

https://www.youtube.com/embed/wAGFTHLEFXY

Di tempat pertama, Hammerhead Duo dari Razer menawarkan kualitas di kelas harganya. Dari segi suara hingga daya tahan, Razer tidak main-main dengan earphone ini. Dari segi durabilitas, rangka Hammerhead Duo terbuat dari bahan aluminium dan kabelnya pun berpilin, sehingga tahan tekanan. Tetap saja, jaga baik-baik, lho.

Tentu saja, suara adalah fitur utama Hammerhead Duo. Earphone ini dibekali dengan teknologi double driver, satu dynamic dan satu balanced armature. Dengan kata lain, separasi bass frekuensi menengah dan tinggi dapat terdengar jelas. Selain itu, mikrofon Hammerhead Duo yang lengkap fungsi juga mudah digunakan. Cocok untuk bermain game di PC, mobile, hingga konsol!

2. Razer Hammerhead True Wireless (Rp1,2 jutaan)

https://www.youtube.com/embed/fPc2sFU9Z_g

Lagi-lagi Razer! Fans earbud nirkabel (wireless), yuk merapat! Kalau kamu tidak ingin terkendala kabel saat bermain mobile game, cobalah Hammerhead True Wireless. Meskipun desainnya mirip dengan AirPods dari Apple, jangan ketukar, ya! Jika tak ingin rogoh kocek terlalu dalam untuk AirPods, Hammerhead True Wireless cocok untukmu.

Pertama, kita bahas dulu kekurangannya. Hammerhead versi nirkabel ini tidak memiliki sistem noise-cancelling. Selain itu, dari segi kontrol, earbud ini memiliki kontrol sentuhan yang sensitif dan terkadang suka salah mengartikan perintah.

Dari segi kelebihannya, meski tanpa noise-cancelling, kamu akan tetap mendapatkan porsi suara yang balanced dengan bass. Tinggal sesuaikan saja volume suara dan cocokkan dengan telinga, maka suara eksternal pun tidak kedengaran.

Hammerhead True Wireless menekankan fungsi mode latensi rendah, hingga 60 ms, lebih responsif dari AirPods! Ditambah dengan kualitas suaranya yang mumpuni, earbud ini layak dinobatkan sebagai salah satu yang terbaik di kelas wireless untuk gaming.  Di sisi lain, mikrofon Hammerhead True Wireless juga berfungsi dengan baik untuk berkomunikasi dengan rekan tim.

3. Turtle Beach Battle (Rp1 jutaan)

https://www.youtube.com/embed/zBLzvFpJssc

Di tempat ke-3, kamu bisa mempertimbangkan Turtle Beach Battle untuk para gamer mobile dan konsol, terutama Nintendo Switch. Untuk yang memiliki dana Rp1 jutaan dan namun sering bepergian untuk turnamen, earphone ini cocok untukmu.

Dari segi suara, Battle memang tidak terlalu "nendang" dalam hal bass dan tidak cocok untuk digunakan pada game bertema open world. Namun, kalau dalam game bertemakan battle royale seperti PUBG atau Fortnite atau suka menonton di jalan, earphone ini boleh dicoba.

Sayangnya, Battle tidak dilengkapi dengan noise-cancelling dan bobot housing-nya pun aneh dan berat jika ditambah boom mic yang bisa dilepas (detachable) sehingga sedikit membuat tidak nyaman. Untungnya, kami bisa jamin Battle tidak mudah jatuh dari telinga, terutama jika kamu telah menemukan silicon tip yang tepat untuk Battle. 

Baca Juga: 7 Cara Merawat Earphone yang Benar, biar Gak Rusak Melulu

4. 1More Triple Driver (Rp900 ribuan)

https://www.youtube.com/embed/odtajkoaIoo

Biasa direkomendasikan untuk musik, earphone 1More Triple Driver menawarkan suara bintang lima dengan harga kaki lima. Ya, tak perlu diragukan lagi, earphone ini pun cocok "diderek" untuk gaming.

Mengklaim diri sebagai earphone bersertifikasi THX pertama di dunia dan dicap "Hi-Res", 1More Triple Driver memiliki tiga driver, yaitu dua balanced armature dan satu dynamic, sehingga bisa merangkum suara dari frekuensi tinggi hingga rendah. Dengan bass yang seimbang, 1More Triple Driver amat direkomendasikan untuk mendengarkan musik atau gaming!

Harus diakui, 1More Triple Driver tidak memiliki sistem noise-cancelling. Namun, dengan ukuran silicon tip yang pas dan pengaturan volume, kuping bak tersegel dari suara luar! Dengan housing kokoh dari aluminium dan kabel berpilin, 1More Triple Driver menawarkan kemegahan suara dan ketangguhan untuk segala aktivitas audio di kelas harganya.

5. HyperX Cloud Buds (Rp700 ribuan)

https://www.youtube.com/embed/0Wb3qffszQY

Bersaing dengan merek earphone dan headphone gaming kelas atas, HyperX menekankan segi "kenyamanan" dan "suara". Dengan earbud Cloud Buds, HyperX tetap menekankan segi kenyamanan untuk para gamer konsol dan mobile. Meskipun Cloud Buds lebih ditawarkan untuk gamer konsol handheld seperti Nintendo Switch, gamer konsol lain juga bisa tetap pakai, kok!

Dari segi suara, Cloud Buds dibekali dengan driver dynamic untuk tetap menunjukkan separasi bass dan treble yang tidak kalah jernih dengan earbud di atasnya. Earbud ini juga memiliki mikrofon dengan tombol kontrol yang memudahkanmu untuk mengontrol panggilan atau media dari perangkat.

6. Cooler Master MH710 (Rp600 ribu)

7 Rekomendasi Earphone Gaming Terbaik di Bawah Rp1,5 jutaCooler Master MH710 earphone. gnd-tech.com

Sesuai namanya, Cooler Master sebenarnya lebih menekankan produksi pendingin (cooler) untuk PC dan laptop. Namun, ternyata, mereka pun mau mencoba peruntungan dalam segi audio. Cooler Master merilis MH710 yang diperuntukkan untuk gamer di segala segmen.

Dari segi suara, MH710 memiliki driver Neodymium untuk menghasilkan suara yang jernih. Selain itu, earphone ini juga dilengkapi dengan teknologi Focus FX 2.0 yang dapat kamu tekan di belakang housing, sehingga kamu dapat menyesuaikan profil suara dengan kebutuhan dalam game.

7. Sony MDR-XB55AP (Rp500 ribu)

7 Rekomendasi Earphone Gaming Terbaik di Bawah Rp1,5 jutaMDR-XB55AP. sony.co.id

Earphone satu ini sebenarnya bukan dipromosikan sebagai earphone untuk gaming. Malah, earphone dari lini "Extra Bass" ini adalah salah satu lini termurah yang ditawarkan Sony, yaitu MDR-XB55AP. Namun, suara yang ditawarkan earphone berkabel pipih ini dikatakan cocok untuk gaming, terutama melihat harganya yang merakyat.

Dari segi suara, MDR-XB55AP dibekali dengan driver Neodymium untuk menjaga kejernihan suara di frekuensi tinggi. Sementara, Sony juga memberikan teknologi Duct Tape++ agar MDR-XB55AP dapat menghasilkan bass yang bertenaga dan responsif. Tak perlu khawatir, MDR-XB55AP juga sudah memiliki mikrofon! Jadi, jika kamu mencari earphone gaming dengan budget terbatas, MDR-XB55AP bisa dipertimbangkan.

7 Rekomendasi Earphone Gaming Terbaik di Bawah Rp1,5 jutaRazer Hammerhead True Wireless. theverge.com

Memiliki gaming gear yang tepat dapat menyokong skill gaming-mu untuk mengalahkan musuh dalam permainan. Salah satunya adalah dengan earphone gaming yang responsif dan sensitif agar kamu dapat mendengar pergerakan lawan. Tidak harus earpohone gaming, ternyata di beberapa kasus, earphone musik pun tidak kalah!

Tidak perlu rogoh kocek dalam-dalam, inilah 7 earphone gaming yang direkomendasikan di bawah Rp1,5 juta saja! Dari wireless seperti Razer Hammerhead True Wireless, hingga yang sederhana seperti Sony MDR-XB55AP, kamu dapat pilih senyamanmu. Dari 7 earphone tersebut, mana yang ingin kamu beli?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Earphone Bluetooth Terbaik Rp500 Ribuan

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya