TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apple Watch Series 6 vs Series 7, Apa Saja yang Bedanya?

Desain agak mirip, namun punya banyak hal baru

ilustrasi Apple Watch Series 6 dan Watch Series 7 (tomsguide.com)

Bersama dengan seri iPhone 13 dan dua iPad terbaru (iPad 9 & iPad Mini 6), Apple juga meluncurkan Apple Watch Series 7 pada event anyar yang mereka selenggarakan tak lama ini. Kehadiran Watch Series 7 seakan menampik rumor yang berhembus kencang yang menyebut jika smartwatch itu bakal punya desain yang sepenuhnya baru atau berbeda. Watch Series 7 masih memiliki tampilan yang mirip-mirip dengan pendahulunya – Watch Series 6.

Namun sebagai entri teranyar, Watch Series 7 tentu membawa sejumlah hal baru yang membuatnya jauh lebih baik dari Watch Series 6. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

1. Desain

ilustrasi desain Apple Watch Series 7 (arstechnica.net)

Tidak jauh berbeda dengan produk-produk Apple lainnya, Watch Series termasuk perangkat yang setiap generasinya hampir selalu punya tampilan yang sama. Untungnya, Apple sedikit merubah tren “membosankan” itu pada Watch Series 7.

Watch Series 7 memang masih nampak sama jika dilihat sekilas dan punya ukuran berbeda untuk dipilih yaitu 40mm dan 44mm, namun Apple memutuskan untuk mengurangi ketebalan pinggiran bezel menjadi 1,7mm saja. Apple sendiri sempat dikabarkan akan mengusung desain flat-edge (yang awalnya diperkenalkan pada seri iPhone 12) pada Watch Series 7, namun untuk saat ini, Apple masih bertahan dengan desain pinggiran curved yang sama.

2. Layar

ilustrasi perbedaan layar Apple Watch Series 6 dan Watch Series 7 (gsmarena.com)

Masih berkaitan dengan desain, peningkatan terbesar Watch Series 7 dibanding Watch Series 6 berada di sisi layar. Layar Watch Series 7 kini 20 persen lebih besar daripada pendahulunya, yang mana itu bisa dicapai berkat bezel lebih tipis di angka 1,7mm yang dimilikinya.

Dengan begitu, Watch Series 7 jadi punya ruang ekstra untuk menampilkan informasi seperti bisa menampilkan 50 persen lebih banyak teks ketika membaca pesan atau email. Di samping ukuran yang lebih lega, layar Watch Series 7 juga jauh lebih tahan retak dan 70 persen lebih terang dari layar Watch Series 6.

Baca Juga: 7 Smartwatch Terbaik 2021 dengan Harga di Bawah Rp600 Ribu

3. Spesifikasi

ilustrasi Apple Watch Series 7 (9to5mac.com)

Beralih ke spesifikasi, Watch Series 7 dipersenjatai oleh chipset S7 buatan Apple sendiri yang diklaim punya performa 20 persen lebih baik dari chipset S5 pada Watch SE tahun lalu. Bersama dengan chipset anyar itu, Watch Series 7 juga dibekali dengan RAM 1GB dan penyimpanan 32GB.

Dari jeroan yang peningkatannya tidak begitu signifikan, Watch Series 7 nampaknya lebih berfokus pada efisiensi daya ketimbang performa mumpuni. Sebagai perbandingan, Watch Series 6 yang meluncur tahun lalu ditenagai oleh chipset S6 (yang diklaim lebih cepat 20 persen dari Watch Series 5), di samping RAM 1GB dan penyimpanan 32GB.

4. Baterai

ilustrasi pengisian daya pada Apple Watch Series 7 (9to5mac.com)

Ketika Watch Series 6 dirilis, smartwatch tersebut tidak memiliki daya tahan baterai yang lebih baik dari pendahulunya. Sayangnya, hal serupa berlanjut pada Watch Series 7. Watch Series 7 memiliki baterai dengan daya tahan hingga 18 jam yang sama seperti Watch Series 6 dan Watch Series 5.

Nampaknya, chipset S7 yang harusnya lebih hemat daya jadi hanya bisa menawarkan daya tahan serupa dengan chipset generasi sebelumnya, karena Watch Series 7 memiliki fitur always-on display yang lebih terang dan performa lebih baik, yang sepertinya agak boros daya. Untuk pengisian daya, Watch Series 7 diklaim bisa isi daya 33 persen lebih cepat dari pendahulunya.

5. Fitur kesehatan

ilustrasi fitur kesehatan pada Apple Watch Series 7 (dailyadvent.com)

Apple menambahkan banyak fitur kesehatan baru pada Watch Series 6 seperti monitor oksigen darah, ECG, pelacakan tidur dan integrasi langsung dengan Fitness+. Nah pada Watch Series 7, Apple memang tidak memberikan banyak fitur kesehatan baru, namun ada beberapa yang bisa sangat berguna bagi atlit maupun pengguna yang gemar berolahraga.

Beberapa fitur kesehatan anyar yang diusung Watch Series 7 antara lain, pendeteksi jatuh untuk pesepeda dan algoritma yang lebih baik untuk pelacakan bersepeda e-bike. Tidak hanya itu, berkat sistem operasi baru yaitu WatchOS 8, Watch Series 7 kini juga bisa melacak olahraga seperti pilates dan tai chi.

6. Fitur spesial

ilustrasi fitur spesial pada Apple Watch Series 7 (dignited.com)

Lewat layar dengan ukuran lebih besar, Watch Series 7 jadi bisa mendapat dukungan keyboard on-screen full QWERTY yang telah mendukung QuickPath untuk memprediksi teks yang akan diketik via machine learning. Karena layar yang lebih besar pula, beberapa aplikasi seperti Calculator, Stopwatch dan Timer juga mendapat pembaruan visual terutama di bagian tombol aplikasi yang dibuat lebih besar dan memanfaatkan ruang ekstra yang ada di layar. Terakhir, Watch Series 7 masih punya fitur ketahanan air yang sama dengan Watch Series 6, namun kini hadir dengan sertifikasi rating IP6X untuk fitur tahan goresan dan debu yang lebih baik.

Baca Juga: 7 Game Menyenangkan untuk Apple Watch 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya