TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar 7 Smartwatch Terbaik yang Telah Mendukung 4G LTE

Jadi bisa digunakan untuk streaming lagu atau mengirim pesan

ilustrasi Samsung Galaxy Watch 5 (dok. Samsung)

Konektivitas 4G LTE di smartwatch menjadi salah satu fitur paling membantu karena lewatnya, pengguna jadi bisa terhubung ke internet tanpa harus tethering lewat HP mereka dan menggunakan fitur-fitur seperti streaming lagu, melakukan panggilan dan mengirim pesan.

Di pasaran saat ini, ada cukup banyak smartwatch yang telah dibekali dengan dukungan 4G LTE dan berikut 7 di antaranya direkomendasikan untuk dipinang.

1. Samsung Galaxy Watch 5

ilustrasi Samsung Galaxy Watch 5 (dok. Samsung)

Samsung Galaxy Watch 5 mengalahkan banyak smartwatch saat ini dan karenanya tak heran jika bisa berada di nomor 1 di daftar ini. Berkat Wear OS yang diusungnya, pengguna jadi bisa mengakses banyak aplikasi yang disediakan di Play Store, menikmati integrasi langsung dengan aplikasi serta layanan Google dan merasakan performa yang mulus. Smartwatch ini juga punya sejumlah fitur kesehatan, di samping fitur-fitur unik yang tidak bisa ditemukan di smartwatch non-Samsung dan dukungan 4G LTE untuk konektivitas.

2. Apple Watch Series 8

ilustrasi Apple Watch Series 8 (dok. Apple)

Apple Watch Series 8 tidak membawa banyak inovasi baru, namun tetap memberikan peningkatan pada Watch Series 7 yang notabene telah luar biasa. Salah satunya ada pada bagian software lewat watchOS 9, di samping sensor suhu kulit yang kini makin sempurna lagi. Selain itu, Watch Series 8 juga punya fitur pelacakan tidur dan siklus menstruasi sehingga cocok untuk wanita. Lewat dukungan konektivitas 4G LTE yang diusungnya, smartwatch ini juga bisa digunakan untuk streaming lagu atau melakukan panggilan.

Baca Juga: Ini 7 Smartwatch Tahan Air Terbaik 2022 untuk Berenang

3. Google Pixel Watch

ilustrasi Google Pixel Watch (dok. Google)

Meski tidak dapat dibilang sempurna, mengingat smartwatch ini merupakan smartwatch pertama dari Google, tidak dapat disangkal jika Pixel Watch jadi salah satu smartwatch menarik jika dilihat dari segi estetika. Chipset yang digunakan memang terbilang lawas namun sama seperit Samsung Galaxy Watch 5, Pixel 5 menawarkan pengalaman Wear OS yang mulus dan luar biasa. Selain itu, smartwatch ini juga telah mendukung 4G LTE meski beberapa fiturnya seperti perpesanan tetap membutuhkan HP untuk bisa digunakan.

4. Apple Watch SE 2

ilustrasi Apple Watch SE 2 (dok. Apple)

Untuk harganya, Apple Watch SE 2 menjadi smartwatch dengan 4G LTE terbaik untuk dibeli saat ini, terutama untuk mereka yang telah terjun ke dalam ekosistem Apple. Meski terbilang terjangkau, Watch SE 2 tetap memiliki fitur-fitur canggih seperti Walkie-Talkie, kemampuan untuk melakukan panggilan serta mengirim pesan dan dukungan streaming konten. Untuk membuat harga Watch SE 2 jadi bisa serendah mungkin, Apple menghilangkan sejumlah fitur kesehatan seperti sensor oksigen dalam darah, ECG dan suhu kulit.

5. Samsung Galaxy Watch 4

ilustrasi Samsung Galaxy Watch 4 (dok. Samsung)

Samsung Galaxy Watch 4 mungkin sudah berusia satu tahun, namun tetap bisa diandalkan di 2022 ini. Faktanya, Galaxy Watch 4 hampir sama seperti Galaxy Watch 5 terutama dari segi performa, fitur canggih dan dukungan software. Galaxy Watch 4 memang tidak memiliki sensor suhu kulit atau baterai dengan kapasitas sangat besar, namun dua hal tersebut merupakan sesuatu yang dapat dikompromi. Sama seperti yang lain di daftar ini, Galaxy Watch 4 juga telah mendukung konektivitas 4G LTE sebagai alternatif dari konektivitas Wi-Fi.

6. Garmin Forerunner 945 LTE

ilustrasi Garmin Forerunner 945 LTE (dok. Garmin)

Forerunner 945 LTE bukanlah smartwatch terbaru dari Garmin, namun saat ini menjadi satu-satunya varian Forerunner dengan konektivitas 4G LTE. Namun perlu dicatat bahwa dukungan konektivitas 4G LTE adalah menggunakan fitur darurat atau live race tracking ala Garmin. Terlepas dari usianya, smartwatch ini masih kompeten untuk digunakan olahraga seperti lari. Kekuatan terbesar smartwatch ini ada pada fitur pelacakan kesehatan dan latihannya, mulai dari Body Battery hingga Training Readiness.

Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Membeli Smartwatch

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya