TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Cara Mempercepat Jaringan WiFi di Rumah, Anti Lemot!

Gampang kok!

flipboard.cn

Salah satu hal menyebalkan dalam hidup adalah saat koneksi WiFi melambat, terlebih kita lagi membutuhkannya sekali. Koneksi internet melambat bisa jadi banyak penyebabnya, salah satunya adalah karena pengaturan router atau penghubung dan pengirim paket data. 

Saat koneksi WiFi di rumahmu mulai lambat, terlebih karena kesalahan pada pengaturan router maka coba perbaiki dengan cara mempercepat jaringan WiFi berikut deh! Dijamin, koneksimu kembali lebih cepat dari biasanya. 

1. Coba cek posisi router.

trustedreviews.com

Jika koneksi WiFi melambat karena ada masalah pada router maka coba cek posisinya. Biasanya, kalau posisi router-mu salah alias gak benar maka itu menyebabkan koneksi terganggu.

Jangan sekali-kali letakkan router di dekat jendela, karena ini bisa bikin sinyal internet gak tersalurkan dengan merata di dalam ruangan. Selain itu, jangan letakkan router di lantai (terlebih jika lantaimu terbuat dari bahan semen, beton dan logam) atau tempat yang rendah karena akan susah mengirim sinyal.

Baca Juga: Bentuk Asli Sinyal Wi-Fi yang Bikin Kamu Melongo Karena Saking Indahnya!

2. Hindari meletakkan router di dekat barang elektronik lain. 

thewirecutter.com

Ya, jangan sekali-kali meletakkan router-mu dekat perangkat elektronik lainnya seperti microwave, telepon nirkabel atau televisi. Perangkat elektronik apapun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik dapat mengganggu dan melemahkan sinyal WiFi. 

Lagian nih, gak ada juga kan yang mau meletakkan router di dekat dapur!

3. Usahakan atur antena router dalam posisi berdiri. 

cio.com

Ini penting banget, soalnya antena router dalam posisi vertikal alias berdiri membuat sinyal dapat terpancar dengan baik serta sempurna. Posisi antena yang berdiri bisa bikin sinyal terpancar secara horizonyal, sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau ke seluruh bagian ruangan. 

Baca Juga: Waspada, 6 Aktivitas Ini Mending Gak Kamu Lakukan Saat Pakai WiFi Umum

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya