TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Xiaomi 13 Ultra vs Samsung S23 Ultra, Lebih Unggul Mana?

Sama-sama punya kamera canggih

ilustrasi Xiaomi 13 Ultra vs Samsung S23 Ultra (dok. Xiaomi | dok. Samsung)

Xiaomi 13 Ultra vs Samsung S23 Ultra sedang ramai diperbincangkan oleh netizen. Bukan tanpa alasan, kedua ponsel seri ultra tersebut sama-sama mengusung kamera sebagai sektor unggulannya.

Setelah Samsung dengan kamera 200 MP-nya, kini Xiaomi meluncurkan ponsel dengan quad camera yang masing-masing punya sensor 50 MP. Kira-kira, apa saja perbandingan kelebihan dan kekurangannya? Baca terus di sini, ya!

Xiaomi 13 Ultra vs Samsung S23 Ultra

Samsung S23 Ultra resmi dirilis secara global pada akhir Februari 2023 lalu. Ponsel ini diklaim jadi smartphone dengan megapiksel tertinggi. Fiturnya pun tidak main-main. Samsung mengeklaim kalau ponselnya ini bisa digunakan untuk memotret bintang. 

Menyusul Samsung, Xiaomi pun merilis flagship baru dengan seri Xiaomi 13 Ultra. Dilansir situs Xiaomi China, perangkat ini punya empat kamera yang terdiri dari lensa wideperiscope telephoto, telephoto, dan ultrawide. Keempatnya, masing-masing punya resolusi 50 MP. 

Sekilas terkesan sama, bukan? Yuk, mari bedah lebih lanjut perbandingan Xiaomi 13 Ultra vs Samsung S23 Ultra dari berbagai sektor dalam ulasan ini!

1. Sama-sama top end spesifikasi

ilustrasi Xiaomi 13 Ultra vs Samsung S23 Ultra (dok. Xiaomi | dok. Samsung)

Baik Xiaomi maupun Samsung, melabeli produknya dengan seri flagship. Oleh karena itu, tidak heran jika masing-masing produsen menyematkan spesifikasi terbaru dan andal. Kedua perangkat ini sama-sama dibekali dengan silikon Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2.

Pada Galaxy S23 Ultra, chipset yang disematkan lebih tinggi daripada teknologi Samsung yang sebelumnya digunakan. Klaimnya, upgrade khusus tersebut mampu meningkatkan kinerja GPU menjadi lebih maksimal. 

Dari sisi layar, keduanya mengandalkan teknologi OLED yang luar biasa. Samsung Galaxy S23 Ultra sedikit lebih besar dengan layar berukuran 6,8 inci, sedangkan pesaingnya hanya 6,7 inci. Meski demikian, keduanya adaptif serta menggeser refresh rate dari 1-120 Hz lengkap dengan resolusi WQHD+. 

2. Xiaomi 13 Ultra punya RAM lebih besar

babad.com

Keduanya memiliki memori internal yang bervariasi dengan kapasitas tertinggi mencapai 1TB. Selain itu, baik Xiaomi maupun Samsung, tidak menyediakan opsi peningkatan kapasitas alias penyimpanan yang diperluas. 

Dari sisi RAM, Xiaomi 13 Ultra lebih unggul. Perangkat tersebut memiliki variasi RAM dengan kapasitas hingga 16GB. Di sisi lain, Samsung hanya menyematkan ruang tertinggi sebesar 12GB untuk perangkat Samsung S23 Ultra. 

Baca Juga: Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra 200MP, Secanggih Apa?

3. Samsung Galaxy S23 Ultra punya S-pen

Samsung Galaxy S23 Ultra (dok. Samsung)

Samsung merilis Galaxy S23 Ultra sebagai ponsel multifungsi yang mendukung berbagai kegiatan. Baik untuk bekerja, bermain game, hingga desain yang bisa untuk mencoret-coret. Guna mendukung fiturnya, Samsung menyematkan built in stylus pen.

Adanya S-pen tersebut menjadi keunggulan tersendiri. Sebab, kamu tidak akan menemukan tambahan pena yang tersedia packed dengan ponsel Xiaomi 13 Ultra. Meski demikian, perangkat ini mungkin mendukung penggunaan stylus pen eksternal. 

4. Xiaomi 13 Ultra punya desain lebih menonjol

potret kamera Xiaomi 13 Ultra (mi.com)

Xiaomi menghadirkan 13 Ultra dengan desain yang out of the box. Alih-alih membuat kameranya berjejer layaknya berbagai ponsel minimalis kekinian, Xiaomi justru membuatnya melingkar. 

Bukan hanya itu, bagian luarnya pun menggunakan kulit silikon dengan tekstur. Punuk kameranya dibuat menonjol sehingga bagian belakang ponsel tampak berbeda dari kebanyakan smartphone

Namun, jika kamu mencari ponsel dengan dimensi lebih kecil, Samsung S23 Ultra lebih unggul. Bobotnya pun jauh lebih ringan. Keduanya hadir dalam variasi warna beragam mulai dari hitam, putih, dan hijau untuk Xiaomi 13 Ultra. Adapun untuk Galaxy S23 Ultra tersedia dalam warna lavender, limau, biru, dan merah.

5. Xiaomi 13 Ultra punya pengisian daya lebih cepat

potret fitur fast charging Xiaomi 13 Ultra (mi.com)

Fast charging merupakan salah satu fitur unggulan di berbagai smartphone kekinian. Begitu pula pada perbandingan Xiaomi 13 Ultra vs Samsung S23 Ultra. Keduanya memiliki kemampuan pengisian daya cepat. 

Meski demikian, Xiaomi 13 Ultra unggul dalam hal tersebut. Sebab, perangkat ini menawarkan opsi pengisian daya dengan kabel 90W dan wireless 50W. Sementara, Samsung Galaxy S23 Ultra mendukung fast charging 45W untuk wired dan 15W untuk wireless

Di luar itu, Xiaomi menyertakan kabel pengisi daya di dalam kotak pembelian. Adapun Samsung tidak menyediakan kabel dalam pembelian Galaxy S23 Ultra. 

Baca Juga: 7 HP yang Mirip Samsung S23 Ultra dengan Spesifikasi Unggul

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya