TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Cek dan Update Android Terbaru Langsung dari HP

Biar tidak ketinggalan fitur baru

ilustrasi Android (unsplash.com/Tom Caillarec)

Jadi salah satu sistem operasi smartphone yang paling banyak digunakan, Android selalu melakukan update terbaru. Pihak pengembang juga terus menghadirkan fitur dan performa yang lebih baik untuk penggunanya.

Setiap perangkat yang mendukung akan mendapatkan pembaruan, tetapi tidak semua akan ter-update otomatis. Lantas, bagaimana cara cek dan update Android terbaru? Simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi, Mudah dan Efektif

1. Cara cek Android terbaru

Cara pertama untuk mengecek apakah Android-mu sudah versi terbaru atau belum adalah dengan masuk ke menu 'Pengaturan'. Setelah itu, cari opsi 'Tentang Ponsel' atau 'Tentang Perangkat'. Untuk keterangan menunya, tergantung merek ponselmu, ya.

Setelah mengekliknya, kamu akan melihat informasi mengenai sistem operasi Android yang digunakan. Kalau sudah, lanjut cek informasi tersebut di internet untuk memastikan apakah sudah terbaru atau belum. Jika tersedia pembaruan, biasanya akan muncul tombol untuk update sistem operasi manual. 

2. Cara update Android terbaru

ilustrasi aplikasi Android berbahaya (unsplash.com/Freestocks)

Cara update Android terbaru bisa dilakukan dengan manual melalui ponselmu. Cukup masuk ke menu 'Pengaturan' dan cari opsi 'Pembaruan Perangkat Lunak'. Ketuk 'Cek Pembaruan', lalu klik 'Unduh' jika terdapat update sistem operasi

Setelah itu, ponsel akan meminta untuk menginstal pembaruan dengan cara klik 'Install sekarang'. Tunggu hingga proses unduhan dan pemasangan selesai. Perangkat mungkin perlu dimatikan guna mengaktifkan pembaruan.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah, Wajib Dicoba!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya