Comscore Tracker

Jangan Sok Tahu, 5 Hal Sepele Ini Bikin Kamu Harus Ganti Baterai HP

Baterai bocor bikin dompet bocor juga

Jakarta, IDN Times - Ibarat sayur terasa hambar tanpa garam, hidup kita terasa hambar tanpa HP. Mustahil kalau kamu gak setuju dengan statement ini. Jadi, pasti kebayang dong bagaimana jadinya kalau HP tiba-tiba lowbat di saat kita memerlukannya? Langsung deh lirik kanan-kiri sambil cari colokan listrik untuk nge-charge sebelum akhirnya mati total.

Tapi sekarang pertanyaannya adalah baterai HP kamu lowbat memang karena sudah waktunya di-charge atau justru lowbat karena ‘bocor’ nih? Meski sama-sama lowbat, tapi penyebabnya jangan dianggap sepele dan kamu harus tahu penyebabnya. Jangan sampai kamu harus ‘lem biru’ alias lempar beli baru hanya karena lima kebiasaan buruk ini ya! Awas bisa nyesel, harga service-nya bisa lebih mahal.

1. Cabut charger sebelum penuh atau charge HP semalaman

Jangan Sok Tahu, 5 Hal Sepele Ini Bikin Kamu Harus Ganti Baterai HPShutterstock/DAMRONG RATTANAPONG

Ini nih kebiasaannya anak millennial kalau nge-charge HP. Mungkin kalau baru sesekali dilakukan, gak akan terasa efeknya. Tapi percayalah, semakin sering kamu nge-charge HP dan gak lebih dari 100 persen, maka usia si baterai pun juga akan ikut berkurang dan gak lagi kuat. Apalagi, kalau baterai HP kamu berjenis Lithium Ion (Li-Ion).

Ingat, segala sesuatu yang berlebihan pun juga gak selamanya bagus. Termasuk ketika kamu nge-charge HP semalaman. Ini sangat berpotensi merusak baterai sekaligus HP kamu sendiri, karena mau gak mau baterai akan terus mendapatkan aliran listrik meski sebenarnya sudah penuh. Jangan aneh-aneh deh, kalau sudah penuh langsung dicabut saja. Kalau perlu pakai alarm sebagai pengingat!

2. Pakai charger palsu

Jangan Sok Tahu, 5 Hal Sepele Ini Bikin Kamu Harus Ganti Baterai HPShutterstock/nampix

Memangnya kamu pikir, selama HP bisa terisi saat dicolok itu sudah berarti aman? Siapa bilang! Sampai kapanpun, charger original gak akan bisa setara dengan yang palsu. Kalau kamu gak percaya, perhatikan deh kalau ada orang yang saat nge-charge dengan charger palsu. Pasti HP mereka akan ikut panas ‘kan?

Jangan anggap remeh ya! Kalau HP kamu mudah atau cepat panas saat di-charge, ini bisa bikin durasi pengisian daya baterai jadi lebih lama. Bahkan di beberapa HP, akan ada notifikasinya tuh bahwa pengisian daya baterai akan jadi lebih lama. Fix, itu kamu pakai charger palsu tuh! Buruan ganti deh, daripada nanti nyesel!

3. Main HP sambil di-charge

Jangan Sok Tahu, 5 Hal Sepele Ini Bikin Kamu Harus Ganti Baterai HPShutterstock/ArtOfPhotos

Kenapa sih kamu masih sering nakal buat main HP saat di-charge? Tunggu sebentar lagi deh, nanti juga penuh. Selain aliran listrik ini bisa berbahaya untukmu, ini justru mengakibatkan persentase daya baterai jadi stuck di situ-situ saja akibat kamu memakainya. Ingat, ini bisa merusak badan kamu, sebab adanya radiasi yang bertambah dari aliran listriknya.

Makanya, pilih HP yang punya kapasitas baterai besar dong. Memangnya gak capek ya harus rutin bolak-balik ke colokan untuk nge-charge HP? Coba deh ganti HP lama kamu dengan Samsung Galaxy S20 FE, soalnya HP ini punya kapasitas baterai yang lebih besar nih yaitu 4500 mAH. Lebih dari itu, ini sudah termasuk fitur PowerShare dan juga Super-fast Wireless Charging 2.0, jadi kamu gak butuh waktu lama untuk nge-charge baterainya.

Jangan Sok Tahu, 5 Hal Sepele Ini Bikin Kamu Harus Ganti Baterai HPIDN Times/Samsung

Samsung Galaxy S20 FE ini juga sudah dilengkapi dengan AI, di mana ini bisa menganalisis aplikasi mana saja yang diduga menguras banyak daya baterai. Selain gak boros baterai, dijamin HP kamu jadi anti nge-lag deh meskipun kamu pakai seharian. Mau main game seharian atau nonton drama Korea juga bisa! Apalagi layar Infinity-O Super AMOLED 6,5 inci Samsung S20 FE ini juga sudah beresolusi Full HD+ dengan support HDR 10+ dan 120 Hz refresh rate. Smooth banget deh pokoknya!

4. Charge melalui laptop

Jangan Sok Tahu, 5 Hal Sepele Ini Bikin Kamu Harus Ganti Baterai HPShutterstock/Andrii Spy_k

Bawa kabel data, tapi kepala charger-nya lupa dibawa? Ada yang bilang sih, solusinya nge-charge saja di laptop. Wah, yang kasih info ini kelewatan nih kasih infonya. Cara ini gak direkomendasikan kalau gak urgent ya, sebab radiasi, tekanan dan juga tegangan antara HP dan laptop itu pasti berbeda.

Perbedaan ini, bisa bikin HP kamu jadi ikut panas karena secara gak langsung seakan ‘dipaksa’ laptop untuk menerima radiasi, tekanan dan tegangan yang lebih tinggi. HP pasti akan menerima aliran ini dan baterai akan terisi, tapi jika terlalu sering bisa bikin mesin dan baterai kamu cepat rusak. Percaya deh!

5. Sesekali boleh, tapi jangan terlalu sering pakai powerbank

Jangan Sok Tahu, 5 Hal Sepele Ini Bikin Kamu Harus Ganti Baterai HPShutterstock/Remitski Ivan

Dilema nih, karena memang pada dasarnya kehadiran powerbank diperuntukkan untuk HP yang lowbat dan tanpa harus mencoloknya ke colokan listrik. Ya, sesekali boleh deh, tapi jangan terlalu sering ya alias gunakan saat darurat saja. Pasalnya, ini justru akan membuat baterai HP jadi lebih cepat bocor, apalagi powerbank ‘kan third party-nya charger.

Itulah lima kebiasaan buruk yang bisa ‘menggerogoti’ usia baterai HP kamu. Kalau kamu sayang sama HP kamu, jangan aneh-aneh kayak gini ya, guys! (CSC)

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya