Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Ganti HP Baru demi Tren Belaka

Iya sih biar gaya, tapi gak begitu juga!

Penggunaan HP di zaman modern ini sudah menjadi kebutuhan utama yang tidak terbantahkan. Hal ini memberikan peluang bagi para produsen HP untuk selalu menghadirkan tipe dan jenis HP yang lebih mutakhir.

Namun hadirnya HP dengan tipe dan jenis baru tidak selamanya kita butuhkan, apalagi tujuan utamanya adalah demi mengikuti perkembangan zaman belaka. Paling tidak ada lima alasan mengapa kamu gak perlu ganti HP hanya demi tren belaka, buang-buang uang lho!

1. Pemborosan yang tidak terkontrol

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Ganti HP Baru demi Tren BelakaPexels.com/Artem Beliaikin

Setiap kali produsen HP mengeluarkan produk terbarunya, akan ada peningkatan spesifikasi sekaligus performa untuk memberikan experience lebih. Namun seiring meningkatnya spesifikasi, harga yang di berikan juga ikut meningkat.

Secara tidak sadar, mengganti HP hanya demi tren belaka merupakan pemborosan yang susah untuk di kontrol. Mengganti HP setiap ada produk yang lebih baru sangat berdampak pada management keuangan kamu.

2. Tidak semua fitur bisa kamu manfaatkan dengan baik

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Ganti HP Baru demi Tren BelakaInstagram.com/xiaomi.global

Mengganti HP baru hanya demi tren belaka sebenarnya sangat tidak efisien, secara kamu sendiri tidak mengharapkan sebuah fitur yang akan membantu kegiatan kamu sehari-hari. Dari awal kamu membeli hanya mengikuti sebuah tren, bukan melihat fungsi atau kegunaan dari HP tersebut.

Makanya pemanfaatan fitur akan sangat kurang atau bahkan tidak pernah terpakai sama sekali. Kamu membeli HP hanya untuk terlihat lebih keren, bukan karena semua fitur HP yang ada.

Baca Juga: [QUIZ] Apakah Sudah Saatnya Kamu Ganti HP? Cari Tahu Lewat Kuis Ini

3. Mudah bosan dan ingin selalu ganti

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Ganti HP Baru demi Tren BelakaInstagram.com/xiaomi.global

Kita semua tahu bahwa peluncuran HP setiap tahunnya semakin banyak terjadi, ini membuat kamu menjadi lebih tertarik untuk terus menerus mengganti karena dari awal kamu membeli bukan untuk kebutuhan, tapi karena sebuah tren belaka.

Tentu karena hal ini kamu akan mudah bosan dengan HP yang kamu punya, meskipun itu masih tergolong baru dan belum lama launching. Jika ada HP keluaran terbaru, kamu akan langsung tertarik dan ingin segera mengganti.

4. Harga beli yang masih tinggi

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Ganti HP Baru demi Tren BelakaInstagram.com/xiaomi.indonesia

HP baru, harga baru. Realita masa kini yang tidak bisa kamu bantah, bahkan harga yang ditetapkan sangat tinggi di perlisan awal. Untuk kamu yang sering mengganti HP demi tren belaka, pengeluaran uang kamu sangat tidak efisien.

Harga awal dari suatu launching HP memang sangat tinggi, hal ini terjadi karena produk tersebut masih fresh dan belum banyak yang punya. Lebih baik tunggu beberapa minggu hingga beberapa bulan ke depan, harganya akan lebih normal dari sebelumnya.

5. Pengeluaran uang yang tidak bijak

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Ganti HP Baru demi Tren BelakaPexels.com/Super Kuncheek

Seiring perkembangan zaman, harga HP dari tahun ke tahun semakin menggila. Tentu karena ada pembaruan perangkat dan sejenisnya, sehingga performa HP semakin lancar untuk kita gunakan. Namun bagaimana jadinya jika kamu sering mengganti HP hanya karena tren belaka?

Tentu kamu sama saja mengeluarkan uang secara tidak bijak, harga HP untuk saat ini cukup tinggi dari nominal jutaan hingga belasan juta. Jika kamu mengganti berulang kali, pengeluaran uang kamu akan sangat banyak, itu pun kita tidak tahu apakah kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada.

Jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk mengganti HP baru, cobalah untuk berpikir ulang mengapa kamu harus menggantinya.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Terburu-buru Ganti Gadget Terbaru

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya