Comscore Tracker

Tanpa Disadari, 5 Hal Sepele Ini Bisa Membuat Handphone Cepat Panas

Mengakibatkan penurunan performa secara drastis, lho!

Pernahkah handphone kamu mengalami peningkatan suhu yang tidak wajar? Jika iya, jangan terlalu menganggap remeh tentang hal ini. Perubahan suhu yang tidak normal bisa terjadi karena beberapa sebab, salah satunya penggunaan yang tidak tepat.

Jika hal ini tidak segera di atasi, akan terjadi penurunan performa dan juga kenyamanan, karena panas yang dihasilkan sangat mengganggu aktivitas kamu dalam menggunakan telepon genggam.

Maka dari itu, yuk kita simak tentang lima hal sepele yang bisa membuat handphone kamu cepat panas, biar bisa lebih bijak dalam menggunakan teknologi kedepannya. Apa saja?

1. Meletakkan handphone di atas kasur atau bantal sembari menggunakannya

Tanpa Disadari, 5 Hal Sepele Ini Bisa Membuat Handphone Cepat PanasPexels.com/cottonbro

Menggunakan handphone di atas kasur atau bantal sudah menjadi kebiasaan yang tidak terhindarkan. Kenyamanan dalam menggunakan handphone memang terjamin, hanya saja peningkatan suhu panas pada handphone akan semakin meningkat. Mengapa?

Karena suhu panas dari handphone yang harusnya dikeluarkan tertahan oleh kasur atau bantal, sehingga temperatur handphone tidak kunjung menurun atau bahkan meningkat secara drastis.

2. Menggunakan animasi sebagai wallpaper

Tanpa Disadari, 5 Hal Sepele Ini Bisa Membuat Handphone Cepat PanasPexels.com/Oliur Rahman

Animasi atau gambar bergerak memang terlihat indah ketika dijadikan sebagai wallpaper. Hanya saja, kinerja handphone kamu akan semakin menurun dan suhu akan bertambah panas, karena sistem bekerja lebih keras dari sebelumnya.

Menampilkan gambar bergerak di layar depan handphone kamu akan menambah beban dari sistem itu sendiri. Padahal, sebuah sistem pada suatu perangkat sudah menjalankan berbagai macam aplikasi bawaan, jika terus bertambah maka secara otomatis peningkatan suhu juga ikut terjadi. 

Baca Juga: Boros Baterai, Aplikasi-aplikasi Ini Bikin Handphone Cepat Lowbat

3. Bermain game tanpa henti

Tanpa Disadari, 5 Hal Sepele Ini Bisa Membuat Handphone Cepat PanasPexels.com/Joseph Redfield

Perkembangan video game berbasis iOs dan Android semakin pesat, hampir semua orang menikmati berbagai macam game dengan tampilan visual yang memadai. Namun, itu semua menjadi penyebab dari suhu handphone yang meningkat secara drastis.

Bermain game mobile secara non-stop sudah menjadi kebiasaan generasi masa kini, bahkan mereka rela begadang karena sudah ketagihan. Namun apapun jenis handphone yang kamu gunakan, terlalu sering bermain game akan membuat perangkat cepat panas.

4. Memasang aplikasi secara berlebihan

Tanpa Disadari, 5 Hal Sepele Ini Bisa Membuat Handphone Cepat PanasPexels.com/MOHI SYED

Hadirnya berbagai macam aplikasi untuk perangkat mobile sangat membantu aktivitas manusia sehari-hari. Hanya saja, masih banyak orang yang tidak bisa mengontrol pemasangan aplikasi di handphone miliknya dan bahkan terkesan berlebihan.

Terlalu banyak memasang aplikasi dapat membuat kinerja handphone semakin berat, itu tandanya peningkatan suhu sudah pasti akan terjadi. Meskipun kamu tidak menggunakannya, aplikasi yang terpasang terkadang berjalan di latar belakang.

5. Menggunakan casing handphone yang kurang tepat

Tanpa Disadari, 5 Hal Sepele Ini Bisa Membuat Handphone Cepat PanasPexels.com/Fernando Arcos

Penggunaan case pada handphone memang sangat penting dan bahkan dianjurkan, namun pemilihan case yang tidak tepat akan membuat temperatur handphone itu sendiri menjadi cepat panas.

Hal ini terjadi karena hawa panas yang harusnya keluar tertahan oleh case handphone itu sendiri. Makanya, jangan sampai salah pilih case karena efek dan dampak buruknya sangat terasa pada kenaikan suhu.

 

Itu dia deretan hal sepele yang seharusnya tidak kamu lakukan demi menjaga temperatur handphone tetap stabil. Peningkatan suhu handphone sangat berpengaruh pada performa handphone itu sendiri, jadi jangan terlalu diangap enteng ya.

Baca Juga: Meledak saat di-Charge? Ini 7 Mitos Seputar Baterai Handphone

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya