Comscore Tracker

5 Fitur Canggih yang Menjadi Tren di Industri Smartphone di 2019

HP kamu punya salah satu fitur canggih itu?

Mulai dari layar dengan rasio screen-to-body yang lebih tinggi dan hingga dukungan pengisian daya super cepat, 2019 menjadi tahun di mana banyak fitur canggih mulai diperkenalkan ke dalam industri smartphone. Fitur-fitur tersebut menariknya, tidak hanya menyambangi HP-HP kelas atas seperti flagship, namun juga turut serta dibawa oleh HP kelas menengah seperti mid-range atau bahwa kelas paling rendah yaitu entry-level.

Nah, dengan 2019 yang akan segera berakhir, berikut IDN Times telah rangkum 5 fitur yang menjadi tren di industri smartphone di 2019.

1. Layar punch-hole

5 Fitur Canggih yang Menjadi Tren di Industri Smartphone di 2019androidpit.com

Layar dengan punch-hole menjadi ‘wajah’ bagi banyak HP di tahun ini dan kemungkinan akan terus berlanjut di banyak HP yang diluncurkan di kuartal pertama 2020. Tidak seperti notch, punch-hole hadir dengan lingkaran merah – yang umumnya di letakkan di pojok kanan atau kiri layar – sebagai ‘rumah’ bagu kamera selfie.

Ini dibuat guna meningkatkan pengalaman menonton yang lebih baik, karena secara penampilan punch-hole menjadi bagian dari layar itu sendiri. Salah satu HP dengan layar punch-hole paling populer adalah Samsung Galaxy S10 Series.

2. Kamera dengan resolusi 48MP dan 64MP

5 Fitur Canggih yang Menjadi Tren di Industri Smartphone di 2019theverge.com

Fitur populer selanjutnya yang menjadi hits di tahun 2019 adalah jumlah megapiksel kamera yang lebih tinggi. Ini dimulai dengan sensor 48MP buatan Sony dan Samsung, yang digunakan di banyak HP brand-brand besar seperti Xiaomi, Realme dan OnePlus.

Tren kemudian bergeser ke kamera 64MP yang diperkenalkan oleh Samsung, dengan Realme XT menjadi HP pertama yang mencicipi sensor itu. Selanjutnya, itu diikuti oleh banyak HP lain seperti Redmi Note 8 Pro dan Samsung Galaxy A70s. Tahun depan, giliran kamera 108MP yang diprediksi akan mengambil alih tren.

Baca Juga: Layar Lebih Mulus, Ini 7 Smartphone Tanpa Notch Terbaik di 2019!

3. Empat kamera belakang

5 Fitur Canggih yang Menjadi Tren di Industri Smartphone di 2019androidauthority.com

HP dengan empat kamera belakang mendapat tempat tersendiri di tahun 2019 dan saking banyaknya, sampai-sampai HP dengan kamera sebanyak itu, menjadi sesuatu yang nampak biasa. Konfigurasi yang juga seri disebut dengan ‘quad-camera’ ini umumnya menawarkan sensor yang masing-masing punya fungsi dan tugasnya sendiri.

Biasanya empat kamera belakang tersebut terdiri dari kamera utama, kamera telephoto dengan kemampuan optical zoom, kamera ultra-wide untuk menangkap objek yang lebih luas dan makro untuk mendapatkan foto kualitas terbaik dalam jarak dekat.

4. Dark Mode

5 Fitur Canggih yang Menjadi Tren di Industri Smartphone di 2019digitaltrends.com

Selain di sisi hardware, sisi software juga mendapatkan tren baru di tahun ini yaitu Dark Mode. Ini merupakan fitur yang tidak hanya lebih aman bagi mata namun juga hemat daya baterai. Fitur ini juga dilengkapi dengan penyesuaian tema dan visual untuk penggunaan di waktu siang dan malam.

Dark Mode atau yang bisa disebut dengan Mode Gelap ini, tahun ini mulai diperkenalkan di dua OS terbaru paling populer yaitu Android 10 dan iOS 13. Selain itu, brand-brand lain juga tidak mau kalah dengan menambahkan fiturke dalamskinAndroidkustom mereka seperti MIUI 11, One UI 2.0 dan ColorOS 7.

5. Layar dengan refresh rate 90Hz

5 Fitur Canggih yang Menjadi Tren di Industri Smartphone di 2019phonearena.com

Punch-hole tidak sendirian karena refresh rate 90Hz juga menjadi salah satu fitur layar unggulan yang sangat populer di tahun 2019. Semua dimulai ketika OnePlus memperkenalkan seri OnePlus 7 dengan layar 90Hz – naik dari layar 60Hz di seri sebelumnya.

Refresh rate yang tinggi sendiri meningkatkan pengalaman melihat layar secara keseluruhan, lewat scrolling yang lebih mulus dan animasi yang lebih baik. Fitur yang satu ini sejatinya masih termasuk ke dalam kelas mewah sehingga kehadirannya hanya bisa ditemui di HP-HP kelas atas.

Itulah tadi sedikit ulasan menarik mengenai fitur apa saja yang menjadi tren di tahun 2019. Apakah salah satu fitur di atas ada di HP kamu? Dan fitur apa saja yang kamu inginkan untuk menjadi tren di industri smartphone tahun depan?

Baca Juga: Tahan Percikan Air, 5 Smartphone Motorola 2019 dengan Splash Resistant

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya