Comscore Tracker

7 Hal Baru yang Gamer Inginkan dari Playstation 5

Ulasan berikut mewakili keinginan gamer konsol, terutama Playstation

Sulit dipercaya, akan tetapi PlayStation 4 sudah memasuki tahun kelima di pasaran. Saat pertama kali dirilis, konsol rumahan generasi keempat milik Sony tersebut berhasil menjadi salah satu konsol terlaris sepanjang masa dengan segudang game eksklusif yang menjadi daya tarik utama.

Nah, kini generasi selanjutnya dari Playstation atau yang akan disebut sebagai PS5 kabarnya sedang dalam tahap pengembangan. Analis dari Wedbush Securities - Michael Pachter meramalkan bahwa PS5 akan terlihat di tahun 2019, meski ada kemungkinan akan muncul dan diumumkan di tahun ini.

Bersamaan dengan itu, mulai banyak gamer yang bertanya-tanya tentang sesuatu apa yang baru di PS5. Maka dari itu, untuk mewakili keinginan gamer Playstation di seluruh dunia, berikut IDN Times ulas beberapa hal baru yang kami -gamer- inginkan dari Playstation 5.

1. Kapasitas penyimpanan yang lebih besar

7 Hal Baru yang Gamer Inginkan dari Playstation 5ps4storage.com

PlayStation 5 harus memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dari PS4, yang pada versi slim atau dasarnya hanya dibekali dengan HDD sebesar 500GB. 4K hampir bisa dipastikan bakal jadi standar kualitas grafis dari PS5 itu sendiri, dan seperti yang sudah kita lihat di PS4 Pro dan Xbox One X, kualitas visual berbasis 4K memakan banyak ruang penyimpanan.

Minimal, bekali PS5 dengan HDD sebesar 1TB atau lebih (kalau misal ada PS5 Pro). Dan tentu saja, PS5 harus sudah mendukung upgrade penyimpanan eksternal maupun internal.

2. Kontroller dengan fitur wireless charging

7 Hal Baru yang Gamer Inginkan dari Playstation 5technobezz.com

Dualshock 4 bagi banyak orang dianggap sebagai salah satu kontroller terbaik yang pernah dibuat, sehingga Sony tidak perlu melakukan banyak perombakan lagi pada kontroller PS5 alias Dualshock 5. Akan tetapi, akan jadi sangat menyenangkan apabila Sony menambahkan satu fitur keren pada DS5 yang bisa dibilang paling diidam-idamkan gamer konsol yaitu wireless charging.

Jika raksasa teknologi seperti Samsung dan Apple sudah mulai memasukkan fitur ini ke jajaran smartphone andalan mereka, kenapa tidak dengan Sony?

3. Mendukung Bluray 4K

7 Hal Baru yang Gamer Inginkan dari Playstation 5techradar.com

Dengan asumsi bahwa PS5 nantinya masih akan menggunakan game berformat CD, Sony hanya perlu melakukan satu upgrade kecil namun penting yaitu dukungan Bluray 4K. Untuk beberapa alasan yang tak terduga, Sony memilih untuk tidak memasukkan disk drive 4K ke PS4 Pro, sebuah pilihan yang membingungkan mengingat Sony adalah perusahaan yang mempelopori popularitas Blu-ray di Playstation 3.

Microsoft saja berhasil memberikan dukungan Bluray 4K kepada Xbox One S, yang notabene bukan konsol versi premium. Sehingga akan sangat memalukan apabila PS5 nantinya tidak mendapat dukungan semacam ini.

4. Fitur Cross-Platform

7 Hal Baru yang Gamer Inginkan dari Playstation 5gamerant.com

Salah satu kelemahan terbesar dari konsol dan game yang dirilis untuk Playstation saat ini adalah ekosistem online-nya yang terpisah. Microsoft dengan baiknya, merangkul game cross-platform antara Xbox dan PC dalam beberapa tahun terakhir, dan bahkan Nintendo baru-baru mengizinkan Rocket League versi Switch untuk bisa dimainkan bersama melalui platform yang berbeda.

Sayangnya, sikap keras Sony untuk memblokir hal-hal seperti itu sangat memuakkan dan bersifat anti-konsumen. Semoga saja, di PS5 nantinya Sony akan sadar dan memasukkan fitur paling menguntungkan bagi gamer online ini.

5. Bisa digunakan untuk bermain game PS4

7 Hal Baru yang Gamer Inginkan dari Playstation 5ign.com

Banyak orang yang setuju apabila nantinya, PS5 memiliki fitur backwards-compability atau dalam bahasa mudahnya, bisa digunakan untuk bermain game konsol generasi sebelumnya. Tentu saja, Sony memiliki alasan yang cukup jelas ketika PS4 tidak bisa digunakan untuk bermain game PS3 lantaran perbedaan arsitektur.

Pada titik ini, sangat tidak mungkin apabila PS5 nantinya bisa digunakan untuk bermain game dari semua konsol versi sebelumnya. Namun setidaknya, Sony harus membawa firmware PS4 agar gamer PS4 tidak kehilangan game mereka, ketika beralih ke konsol selanjutnya.

6. Tetap merilis game eksklusif

7 Hal Baru yang Gamer Inginkan dari Playstation 5wccftech.com

Salah satu alasan kenapa Sony mampu mendominasi pasar konsol sejauh ini, adalah fakta bahwa dukungan game eksklusif untuk PS4 yang selalu mengalir. Ketika Microsoft membuat game eksklusif untuk Xbox One yang pada faktanya juga berakhir untuk Windows, Sony telah praktis membuat PS4 menjadi konsol yang harus dimiliki sendiri.

Judul seperti Uncharted 4: A Thief's End, Bloodborne, dan Horizon Zero Dawn adalah beberapa game terbaik yang hanya tersedia di PlayStation. Pada PS5 nantinya, Sony hanya perlu mempertahankan siklus rilis game eksklusif secara konsisten agar kesuksesan PS4 bisa terulang kembali.

7. Tidak sampai Rp 7 juta ketika pertama kali dirilis

7 Hal Baru yang Gamer Inginkan dari Playstation 5lifehacker.com.au

Harga awal ketika pertama kali diluncurkan selalu menjadi momen yang sangat krusial sekaligus penting bagi konsol baru, mengingat keputusan pemberian harga semacam ini bisa saja berakhir mengerikan. Ketika mengumumkan PS4 di E3 2013, Sony mematoknya senilai $400 atau $100 lebih murah ketimbang Xbox One kepunyaan Microsoft.

Sulit memang untuk melihat apakah nantinya PS5 akan diberi harga yang murah, mengingat spesifikasi PS5 nampaknya akan jauh lebih tinggi dan tentunya akan jauh lebih mahal dari PS4. Berapapun harganya, diharapkan PS5 memiliki harga yang terjangkau dan kompetitif. Ya, $500 atau sekitar Rp 7 juta nampaknya menjadi harga yang paling pas untuk PS5.

Demikian tadi beberapa ulasan tentang hal baru yang diharapkan gamer dari Playstation 5. Bagaimana dengan kamu, apakah setuju dengan poin diatas? Atau mungkin punya permintaan lain terkait fitur yang harus dihadirkan Sony di PS5? Tulis dikolom komentar ya!

Line Ads

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You

I Want More !