Comscore Tracker

Nokia 2.3 Dirilis, Ini Spesifikasi dan Fitur Unggulannya!

Bawa baterai yang bisa bertahan hingga dua hari

Untuk memperluas pasar entry-level gaming mereka, HMD Global melalui Nokia merilis HP kelas budget atau entry-level terbaru bernama Nokia 2.3. HP yang satu ini diumumkan Nokia di sebuah event khusus di Kairo, Mesir beberapa hari yang lalu.

Nokia 2.3 menjadi penerus dari Nokia 2.2, yang diluncurkan Nokia pada Juni kemarin. Sama seperti HP Nokia lainnya, Nokia 2.3 juga termasuk HP Android One. Untuk detail lebih lengkap mengenai spesifikasi dan fitur, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Layar memukau yang minim bezel

Nokia 2.3 Dirilis, Ini Spesifikasi dan Fitur Unggulannya!trashbox.ru

Nokia membekali Nokia 2.3 dengan layar yang mereka sebut sebagai In-Cell display. Ukurannya berada di 6,2 inci dengan resolusi HD+ dan aspect ratio 19:9. Nokia sendiri mengklaim bahwa teknologi layar baru yang mereka bawa itu, dapat menghasilkan gambar yang tajam terlepas dari resolusinya yang masih 720p.

Tidak jauh berbeda dengan Nokia 2.2, layar Nokia 2.3 masih minim bezel di bagian kanan kiri. Namun, di bezel bagian bawah layar agak kurang begitu minim, karena dijadikan tempat untuk menaruh logo Nokia.

2. Spesifikasi terbaik di kelasnya

Nokia 2.3 Dirilis, Ini Spesifikasi dan Fitur Unggulannya!gtmagazine.it

Status entry-level, tidak menghentikan Nokia 2.3 untuk tampil gahar di sisi spesifikasi. Nokia 2.3 dipersenjatai dengan chipset quad-core Helio A22 dari MediaTek, dengan empat core ARM Cortex-A53 berkecepatan 2 GHz.

Untuk GPU-nya, diserahkan kepada PowerVR GE6320 berkecepatan 650MHz. Menemani Helio A22, ada juga RAM 2GB dan penyimpanan 32GB yang bisa diekspansi dengan kartu microSD hingga 400GB. Sementara untuk baterai, cukup besar di kapasitas 4,000mAh yang Nokia sebut bisa bertahan hingga dua hari.

Baca Juga: Resmi Dirilis di Indonesia, Apa Keistimewaan Nokia 2.2 dari Lainnya?

3. Desain compact namun premium

Nokia 2.3 Dirilis, Ini Spesifikasi dan Fitur Unggulannya!techjuice.pk

Nokia 2.3 berbagi banyak kesamaan dengan Nokia 2.2 di bagian desain. Nokia memiliki polymer sebagai ‘bahan dasar’ dari body Nokia 2.3 yang disandingkan bersama dengan sasis aluminium. Dengan ukurannya yang terbilang compact, Nokia 2.3 berhasil tampil premium berkat kehadiran tekstur 3D nano dengan pola bergaris, yang sekaligus menambah kenyamanan ketika digenggam. Tidak sampai situ saja, tiga pilihan warna yang menarik yaitu Cyan Green, Sand dan Charcoal, juga semakin menaikkan nilai estetika dari Nokia 2.3.

4. Tiga kamera dengan fitur lengkap

Nokia 2.3 Dirilis, Ini Spesifikasi dan Fitur Unggulannya!mashable.com

Di bagian fotografi, Nokia 2.3 hadir dengan tiga kamera – dua kamera di bagian belakang dan satu kamera di bagian depan. Dua kamera belakang yang dimiliki masing-masing berkekuatan 13MP f/2.2 serta 2MP depth-sensor dan telah dilengkapi dengan fitur yang terhitung lengkap.

Salah satu yang unggulan adalah “recommended shot” yang akan mengambil banyak foto lalu lewat bantuan AI, dipilih mana yang terbaik. Sementara itu untuk kamera depan, berkekuatan 5MP f/2.4 yang dapat digunakan untuk face unlock.

5. Android One dengan jaminan update OS

Nokia 2.3 Dirilis, Ini Spesifikasi dan Fitur Unggulannya!mysmartprice.com

Salah satu nilai jual utama yang dimiliki oleh Nokia 2.3 adalah Android One. Nokia 2.3 berjalan di Android 9 Pie, yang selain bebas bloatware, juga memiliki tampilan stock. Tidak hanya itu saja, keuntungan lain yang didapatkan dari Android One adalah jaminan update sistem operasi dan patch keamanan.

Nokia 2.3 sendiri mendapat jaminan update OS hingga dua tahun dan patch keamanan hingga tiga tahun. Itu artinya, selain mendapatkan update ke Android 10, Nokia 2.3 juga dipastikan akan mendapatkan update ke Android 11.

Demikian tadi sedikit ulasan mengenai spesifikasi dan fitur Nokia 2.3. Jika kamu tertarik, Nokia 2.3 dibanderol di harga yang sangat terjangkau yaitu €105 atau sekitar Rp1,6 juta.

Baca Juga: 5 Smartphone Nokia dengan Layar Luas, Pas Buat Nonton KDrama

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You