Comscore Tracker

Apple Rilis MacBook Pro 16, Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Membelinya

Dilengkapi dengan banyak fitur mewah

Minggu lalu, Apple mengumumkan MacBook Pro terbaru dengan layar 16 inci. Ini menjadi seri MacBook Pro pertama yang memiliki layar dengan ukuran di atas 15 inci. Sebelumnya, layar MacBook Pro paling tinggi berada di 15 inci.

Selain layar yang lebih baik, MacBook Pro 16 juga membawa beberapa peningkatan signifikan seperti di bagian keyboard, speaker dan juga baterai. Baiklah tanpa perlu basa-basi lagi, berikut 7 alasan kenapa kamu harus membeli MacBook Pro 16.

1. Layar Retina dengan ukuran dan resolusi yang lebih tinggi

Apple Rilis MacBook Pro 16, Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Membelinyatechradar.com

Untuk awalan, MacBook Pro 16 hadir dengan layar Retina 16 inci di resolusi 3,072 x 1920 dan kerapatan pixel mencapai 226 ppi. Sebagai perbandingan, MacBook Pro 15 tahun lalu dibekali dengan layar Retina 15,4 inci di resolusi yang lebih kecil yaitu 2,880 x 1,800 dan kerapatan pixel yang hanya mencapai 220 ppi. Maka sama seperti lini terbaru dari MacBook Pro, layar MacBook Pro 16 juga memiliki tingkat kecerahan 500 nits dengan teknologi True Tone dan DCI-P3 wide color gamut.

2. Keyboard yang lebih ‘layak’

Apple Rilis MacBook Pro 16, Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Membelinyamarco.org

Salah satu keluhan dari MacBook Pro seri sebelumnya adalah butterfly keyboard yang selain memiliki key travel yang buruk, juga sering kali tidak merespons ketika ditekan. Untungnya, di MacBook Pro 16 terbaru kali ini, Apple memperbaikinya.

MacBook Pro 16 dilengkapi dengan Magic Keyboard, yang menggunakan mekanisme ‘scissor’, yang didesain ulang. Ini menawarkan 1mm key travel untuk pengalaman mengetik yang lebih baik. Touch Bar masih disediakan bersama dengan tombol fisik ESC baru di pojok kiri atas.

3. Opsi RAM dan penyimpanan yang lebih beragam

Apple Rilis MacBook Pro 16, Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Membelinyasoyacincau.com

Label “Pro” menjadikan MacBook Pro memiliki segala sesuatu yang tidak dimiliki MacBook biasa, termasuk opsi RAM dan penyimpanan yang lebih beragam. MacBook Pro 16 bahkan menyediakan model dengan RAM 8GB dan SSD 8TB. Itu dua kali lipat dari MacBook Pro 15 tahun lalu yang maksimal hanya di RAM 32GB dan SSD 4TB.

Selain itu, RAM sekarang juga lebih cepat pada 2,666MHz dibandingkan 2,400MHz pada seri sebelumnya. Untuk prosesor sendiri, MacBook Pro 16 menyediakan opsi Intel Core i7 6-core hingga Core i9 8-core.

Baca Juga: Harga Gak Bohong, Ini 10 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Apple Watch

4. Sistem pendingin yang ditingkatkan

Apple Rilis MacBook Pro 16, Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Membelinyaanandtech.com

Peningkatan besar lain yang dimiliki oleh MacBook Pro 16 adalah desain termal yang diperbarui terutama di model dengan prosesor Intel Core i9. Impeller yang diusung, kini jauh lebih besar sehingga memungkinkan kipas untuk bekerja dengan lebih maksimal.

Selain itu, heatsink juga mendapat peningkatan agar dapat menyebarkan panas dengan lebih cepat. Apple mengklaim bahwa perbaikan ini memungkinkan MacBook Pro 16 untuk dapat bekerja dengan maksimal di waktu yang lama, tanpa menghasilkan panas yang berlebih.

5. GPU yang lebih kuat

Apple Rilis MacBook Pro 16, Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Membelinyadigitalartsonline.co.uk

MacBook Pro 16 ditenagai oleh GPU AMD Radeon Pro 5000M series yang bisa di-upgrade hingga Radeon Pro 5500M dengan 8GB GDDR6 VRAM. Jika dibandingkan dengan MacBook Pro 15 tahun lalu yang hanya dibekali dengan Radeon Pro 560X, MacBook Pro 16 menawarkan peningkatan performa motion render sebesar 90 persen dan effect render sebesar 75 persen. Sedangkan untuk game seperti Fortnite dan Rise Of The Tomb Raider, Apple menyebut ada peningkatan performa gaming sebesar 90-95 persen.

6. 6 speaker dengan mikrofon kualitas studio

Apple Rilis MacBook Pro 16, Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Membelinyafcp.co

MacBook Pro 15 tahun lalu telah memiliki sepasang speaker stereo yang fantastis, namun Apple mengubah segalanya di MacBook Pro 16. Apple menghadiahi MacBook Pro 16 dengan 6 speaker yang didukung dengan force-canceling woofer dan Dolby Atmos.

Selain speaker, MacBook Pro 16 juga mendapatkan peningkatan mikrofon dengan kemampuan meminimalkan noise sebesar 40 persen. Apple mengklaim bahwa mikrofon pada MacBook Pro 16 dapat menyaingi mikrofon kelas profesional yang biasanya digunakan di studio.

7. Baterai dengan daya tahan mencapai 11 jam

Apple Rilis MacBook Pro 16, Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Membelinyapcmag.com

Bersama dengan layar yang lebih besar, Apple juga meningkatkan kapasitas baterai MacBook Pro sebesar 100Wh. Dengan ini, MacBook Pro 16 jadi bisa bertahan hingga 11 jam untuk penggunaan standar seperti browsing atau streaming video. Bersamaan dengan itu, MacBook Pro 16 juga dilengkapi dengan adaptor 96W yang lebih kuat dan dapat mengisi daya lebih cepat ketimbang adaptor 87W yang sebelumnya dimiliki oleh MacBook Pro 15 tahun lalu.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai beberapa alasan mengapa kamu membeli MacBook Pro 16. Untuk harganya sendiri, MacBook Pro 16 dibanderol di harga mulai dari US$ 2,399 atau sekitar Rp33 juta. Tertarik?

Tertarik untuk beli rilisan baru Apple? kamu bisa beli MacBook Pro 16 di Tokopedia promo untuk dapetin diskon tambahan!

Baca Juga: Apple Buat Kejutan, Layar iPhone 12 Akan Mengecil Seukuran iPhone 5

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Just For You