Comscore Tracker

7 Alasan untuk Pilih Chromebook daripada Laptop Windows

Terkesan diremehkan, Chromebook nyatanya tak kalah menarik

Jika dulu laptop hanya ditenagai oleh sistem operasi dari Microsoft yakni Windows, kini sudah mulai banyak laptop bertenaga Chrome OS yang jauh lebih berbeda. Laptop dengan sistem operasi dari Google itu umumnya disebut sebagai Chromebook dan hadir tidak hanya dalam bentuk konvensional saja, namun juga konvertibel dengan layar yang bisa dilepas maupun engsel yang bisa diputar.

Meski terbilang baru, Chromebook nyatanya mengungguli laptop berbasis Windows di beberapa bagian. Berikut 7 alasan untuk memilih Chromebook ketimbang laptop Windows.

1. Lebih terjangkau

7 Alasan untuk Pilih Chromebook daripada Laptop Windowsfinancialtimes.com

Tidak dapat diragukan lagi apabila Chromebook merupakan jenis laptop paling terjangkau yang bisa dibeli saat ini. Chromebook selalu berada di yang paling atas ketika berbicara mengenai harga melawan laptop berbasis Windows yang menawarkan performa di level yang sama.

Selain itu, Chrome OS yang jadi sistem operasi utama Chromebook juga berjalan lebih optimal di perangkat dengan spesifikasi rendah. Hingga kini, belum ada laptop berbasis Windows yang bisa memberikan performa sama untuk harga yang setara dengan Chromebook.

2. Bebas virus

7 Alasan untuk Pilih Chromebook daripada Laptop Windowsceotodaymagazine.com

Berbeda dengan Windows, tidak ada yang namanya virus di Chrome OS. Sistem operasi utama Chromebook itu menjalankan aplikasi berbasis web yang berjalan di jendela browser. Ini tentu berbeda dengan aplikasi Windows yang diinstal secara terpisah dan bisa ditunggangi oleh virus.

Tidak hanya itu saja, tiap aplikasi yang dijalankan di Chrome OS juga berjalan di sandbox virtual unik yang membuatnya terpisah dari sistem operasi utama. Sehingga, sekalipun ada malware yang muncul di halaman aplikasi tertentu, itu tidak akan langsung menginfeksi keseluruhan sistem.

3. Waktu booting lebih gesit

7 Alasan untuk Pilih Chromebook daripada Laptop Windowspcmag.com

Berbeda dengan mayoritas laptop Windows yang butuh waktu cukup lama untuk booting – terutama jika dalam posisi mati – Chromebook jauh lebih cepat. Bahkan bisa lebih cepat jika dinyalakan setelah dalam posisi sleep.

Sistem operasi yang ringan jadi salah satu alasan mengapa proses atau waktu booting Chromebook jauh lebih cepat. Di samping itu, cepatnya waktu booting juga dibarengi dengan performa gesit baik dalam membuka maupun menjalankan aplikasi tertentu, tak peduli keterbatasan spesifikasi yang dimiliki.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Chromebook, Laptop dengan Operating System yang Berbeda

4. Proses set-up yang cepat

7 Alasan untuk Pilih Chromebook daripada Laptop Windowstechradar.com

Selain booting, salah satu proses terlama dalam menggunakan laptop Windows adalah proses set-up. Proses ini tidak bisa selesai dalam waktu instan terutama untuk laptop yang baru dibeli atau yang baru diinstal ulang.

Chromebook di sisi lain, menawarkan proses set-up yang cepat karena pengguna dapat secara langsung mensinkronisasikan akun Google mereka. Dengan kata lain jika laptop Windows butuh berjam-jam sebelum siap digunakan, Chromebook hanya butuh beberapa menit dan bisa langsung digunakan.

5. Katalog aplikasi lebih lengkap

7 Alasan untuk Pilih Chromebook daripada Laptop Windowschromeunboxed.com

Chrome OS menjadi pemenang ketika berbicara soal katalog aplikasi. Sejauh ini, belum ada sistem operasi manapun yang mampu menyamai atau melampaui Chrome OS dalam hal ini.

Chrome OS hadir dengan Play Store yang berisi aplikasi Android, di samping beberapa aplikasi berbasis web dan Chrome Web Store yang menawarkan ribuan opsi lain. Baru-baru ini, Google juga mendukung aplikasi Linux untuk berjalan di Chrome OS dan pengguna bahkan juga bisa menjalankan aplikasi Windows di Chromebook via aplikasi bernama Parallels.

6. Bersahabat untuk anak-anak

7 Alasan untuk Pilih Chromebook daripada Laptop Windowsexpertreviews.co.uk

Tidak hanya ringan, Chrome OS yang berjalan di Chromebook juga dibuat sesederhana mungkin sehingga anak-anak bisa mempelajari dengan minim instruksi sekalipun. Tak heran jika sebagian besar sekolah menggunakan Chromebook sebagai perangkat pendukung pembelajaran untuk murid-murid mereka.

Selain itu, Chromebok juga dirancang untuk menggunakan penyimpanan cloud sebagai tempat menyimpan data penting seperti dokumen. Dengan begitu, jikalau Chromebok mengalami kerusakan, datanya tidak akan ikut rusak atau hilang.

7. Bisa digunakan sekalipun dalam posisi offline

7 Alasan untuk Pilih Chromebook daripada Laptop Windowspcmag.com

Salah satu mitos terkenal mengenai Chromebook adalah anggapan bahwa Chromebook tidak lebih seperti Google Chrome yang notabene hanya bisa digunakan dalam posisi online atau terkoneksi ke internet. Klaim itu tentu saja salah karena dalam posisi offline sekalipun pengguna masih bisa melakukan beragam aktivitas seperti membaca dan menulis email di Gmail, mengedit foto, mendengarkan lagu, menonton film hingga mengerjakan dokumen di Google Docs. Ini mungkin tidak memposisikan Chromebook di atas laptop Windows, namun setidaknya setara dan tidak di bawahnya.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa alasan untuk memilih Chromebook ketimbang laptop berbasis Windows. Meski kini belum sepopuler laptop Windows, lewat kemudahan dan dukungan yang terus diberikan Google, bukan tidak mungkin Chromebook dapat mendominasi dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Chromebook vs iPad, Mana yang Lebih Layak Kamu Beli?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya