Comscore Tracker

7 HP yang Membuat 2014 Jadi Tahun Terbaik bagi Industri Smartphone

Tahun 2014 dihiasi dengan segudang smartphone ikonik

Sudah lebih dari lima tahun, 2014 meninggalkan kita dengan kenangan indah terutama dari industri smartphone. Bahkan, dalam sedekade terakhir, 2014 dianggap sebagai tahunnya HP pintar.

Di tahun tersebut, berbagai brand terkenal seperti Samsung, HTC, LG dan Motorola, meluncurkan sejumlah produk ikonik. Selain itu, 2014 juga menjadi saksi dari lahirnya salah satu HP Android terpopuler sepanjang masa. Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut 7 HP yang menjadikan 2014 sebagai tahun terbaik untuk smartphone.

1. HTC One M8

7 HP yang Membuat 2014 Jadi Tahun Terbaik bagi Industri Smartphonetechspot.com

Setelah meluncurkan One M7 yang mendapat banyak apresiasi di tahun 2013, HTC kembali dengan One M8 di tahun 2014. One M8 dianggap sebagai salah satu HP paling indah yang pernah dibuat.

Ini menawarkan yang premium bersama dengan finishing matte, yang membuat kompetitor seperti Samsung Galaxy S5, malu. Selain itu, ini juga membawa speaker BoomSound hadap depan yang luar biasa serta fitur HTC Sense yang telah disempurnakan untuk memberikan pengguna alternatif yang lebih menarik dari Samsung TouchWiz dan LG UI.  

2. LG G3

7 HP yang Membuat 2014 Jadi Tahun Terbaik bagi Industri Smartphonetechradar.com

Pada tahun 2014, LG menggebrak pasar smartphone dengan merilis G3 yang menghadirkan layar mewah beresolusi Quad HD. Layarnya sendiri menggunakan panel IPS dengan ukuran 5,5 inci dan dinilai punya ukuran sempurna karena tidak terlalu besar maupun terlalu kecil.

Di samping itu, G3 juga hadir dengan spesifikasi yang solid, kamera dengan kualitas di atas rata-rata dan juga baterai yang cukup awet. Meski bisa dibilang merupakan salah satu HP ‘eksperimen’ dari LG, G3 tetap mampu tampil ciamik dan menyaingi HP-HP keren dari brand lain.

3. Samsung Galaxy Note 4

7 HP yang Membuat 2014 Jadi Tahun Terbaik bagi Industri Smartphonearstechnica.com

Ketika HP dengan ukuran besar mulai menjadi populer di tahun 2014, Samsung masuk ke dalam pasar itu melalui seri Galaxy Note. Di tahun 2014, Samsung merilis Galaxy Note 4 yang dinilai sebagai ‘true-flagship’ karena spesifikasi yang diusungnya benar-benar mendefinisikan kemewahan yang dimilikinya.

Galaxy Note 4 dibekali dengan spesifikasi kelas atas, layar beresolusi Quad HD, S Pen baru dan kamera yang lebih baik berkat fitur OIS (optical image stabilization). Galaxy Note 4 dan S Pen membuktikan bahwa Samsung HP berkelas lain di luar seri Galaxy S.

Baca Juga: Dari Mahal ke Murah, 10 Smartphone Terbaik dengan Baterai 5.000 mAh

4. OnePlus One

7 HP yang Membuat 2014 Jadi Tahun Terbaik bagi Industri Smartphonetechradar.com

Di tahun 2014, OnePlus memulai perjalanan mereka di pasar HP terjangkau dengan OnePlus One. Ini menawarkan spesifikasi kelas atas, namun dengan harga yang benar-benar ramah dompet.

Menariknya, OnePlus One memprioritaskan user-experience di sisi software, ketimbang hardware seperti rating IP dan desain berbahan metal, yang notabene membuat harga HP menjadi selangit. Hingga kini, OnePlus masih terus mempertahankan tradisi tersebut dan menjadi salah satu brand yang kualitas HP-nya berada di kelas brand besar seperti Samsung dan Google.

5. Google Nexus 6

7 HP yang Membuat 2014 Jadi Tahun Terbaik bagi Industri Smartphoneandroidpit.com

Ketika HP dengan layar besar mulai menjadi tren, Google – dengan sedikit bantuan dari Motorola – memutuskan untuk merilis HP Nexus berdimensi besar, dengan layar 6 inci beresolusi Quad HD sebagai salah satu nilai jual utamanya. Itu disebut sebagai Nexus 6 dan membawa spesifikasi terbaik di masanya seperti Snapdragon 805, RAM 3GB dan baterai 3,220mAh. Nexus 6 juga dikenal dengan speaker hadap depannya yang mengesankan, kamera yang tidak seburuk kompetitor sebelah dan desain ergonomis terlepas dari ukurannya yang besar.

6. Sony Xperia Z3

7 HP yang Membuat 2014 Jadi Tahun Terbaik bagi Industri Smartphonecnet.com

Sony cukup ganas di tahun 2014, dengan merilis banyak HP luar biasa. Tak tanggung-tanggung, 6 bulan setelah merilis Xperia Z2, Sony kembali dengan meluncurkan Xperia Z3.

Meski spesifikasi yang diusung tidak begitu mengesankan, Xperia Z3 tetap impresif karena menghadirkan desain kombinasi metal dan kaca yang menarik, serta optimalisasi software yang baik. Dan sama seperti seri-seri Xperia Z sebelumnya, Xperia Z3 juga memiliki varian ‘minimalis’ dengan embel-embel ‘Compact’, yang bisa jadi alternatif menarik bagi mereka yang tidak suka HP berukuran besar.

7. Motorola Moto X

7 HP yang Membuat 2014 Jadi Tahun Terbaik bagi Industri Smartphonecnet.com

Motorola Moto X mungkin bukan HP terkuat ketika dirilis di tahun 2014, namun kemampuannya untuk dikustomisasi secara meluas, membuatnya unik dan berbeda dari yang lain. Berkat Moto Maker, hampir setiap bagian dari Moto X bisa dikustomisasi.

Seperti body belakang misalnya, yang standarnya terbuat dari plastik, bisa diubah menjadi body berbahan kayu dengan desain ukiran. Sayangnya, pasca Moto X dirilis, Motorola tidak bisa benar-benar menawarkan sesuatu yang menarik dan berakhir kalah dari kompetitor sebelah.

Itulah tadi sedikit ulasan menarik mengenai HP-HP yang menjadikan 2014 sebagai tahun terbaik untuk industri smartphone. Pernah memiliki salah satu HP ikonik di atas?

Baca Juga: 7 HP Terbaik dalam Satu Dekade Terakhir, Punya Salah Satunya?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya