Comscore Tracker

7 Bocoran Info Seri Samsung Galaxy S30, Rilis Awal 2021

Akan ada tiga varian, sama seperti seri Galaxy S20

2020 berjalan begitu cepat, dengan kini telah memasuki kuartal keempat alias penghujung tahun. Itu artinya, hanya beberapa bulan lagi sebelum peluncuran entri terbaru dari lini HP flagship kebanggaan Samsung – Galaxy S30 Series.

Sejak awal, memang tidak ada banyak yang diketahui dari seri HP flagship unggulan ini, namun bukan berarti tidak ada rumor yang menyertainya. Beberapa rumor tersebar di seantero internet, memberi tahu kira-kira apa saja yang akan hadir di Galaxy S30 Series. Mulai dari desain, spesifikasi dan harga, berikut apa saja yang diketahui sejauh ini dari seri Samsung Galaxy S30.

1. Nama dan tanggal rilis

7 Bocoran Info Seri Samsung Galaxy S30, Rilis Awal 2021androidauthority.com

Tahun ini, Samsung mengubah skema penamaan lini Galaxy S mereka dengan loncat dari 10 ke 20 dan memperkenalkan varian “Ultra” yang baru. Samsung nampaknya masih akan menggunakan skema penamaan yang sama tahun depan, dan memberi nama seri terbaru dari lini Galaxy S mereka dengan Galaxy S30 alih-alih Galaxy S21.

Untuk tanggal rilis, Samsung kemungkinan besar akan merilis seri Galaxy S30 pada pertengahan Februari 2021. Kemungkinan ini didasarkan pada fakta bahwa sejak seri Galaxy S9, Samsung selalu meluncurkan entri terbaru dari seri Galaxy S mereka pada pertengahan Februari tiap tahunnya.

2. Varian

7 Bocoran Info Seri Samsung Galaxy S30, Rilis Awal 2021trustedreviews.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Samsung memperkenalkan varian baru tahun ini yaitu Ultra, yang tidak hanya hadir pada lini Galaxy S namun juga Galaxy Note. Dari situ, masuk akal untuk berasumsi bahwa seri Galaxy S30 tahun depan akan menghadirkan varian Ultra, mendampingi varian standar dan Plus yang berada di bawahnya.

Dengan asumsi bahwa seri Galaxy S30 akan memiliki tiga varian, maka sama seperti seri Galaxy S20 tahun ini, penampilan di antaranya ketiganya kemungkinan tidak akan berbeda. Faktanya, bocoran render menunjukkan bahwa tiga HP di seri Galaxy S30 nampak identik, dengan perbedaan yang tergolong minim.

3. Desain

7 Bocoran Info Seri Samsung Galaxy S30, Rilis Awal 2021androidauthority.com

Galaxy S30 varian standar dirumorkan memiliki dimensi 151,7 x 71,2 x 7,9mm. Layarnya berukuran 6,2 inci dengan desain flat dan memiliki punch-hole di tengah atas. Sementara itu, terdapat tiga kamera di bagian belakang yang disusun secara vertikal.

Untuk varian Plus, secara penampilan tidak jauh berbeda dengan varian standar. Desain layarnya flat, terdapat punch-hole di tengah atas dan modul tiga kamera belakang dengan penyusunan vertikal. Yang berbeda hanyalah ukuran layar yang dikabarkan 6,7 inci.

Terakhir adalah varian Ultra yang mengemas empat kamera belakang dengan modul yang lebih besar. Sementara bagian belakang lumayan berbeda, bagian depan varian Ultra agak mirip dengan dua varian lainnya, menghadirkan layar 6,7/6,9 inci dengan satu kamera selfie yang dikemas dalam punch-hole.

Baca Juga: 7 Aplikasi Resmi Samsung yang Wajib Dimiliki Pengguna Galaxy Series

4. Spesifikasi

7 Bocoran Info Seri Samsung Galaxy S30, Rilis Awal 2021notebookcheck.net

Terlalu dini memang untuk membahas soal spesifikasi, namun ada beberapa bagian yang besar kemungkinan akan hadir di seri Galaxy S30 nanti. Salah satunya adalah chipset Snapdragon 875 atau Exynos terbaru (untuk pasar luar Amerika) yang dipercaya akan jadi dapur pacu utama ketiga HP di seri Galaxy S30.

Mengingat ini adalah suksesor dari seri Galaxy S20, kemungkinannya sangat kecil bahwa seri Galaxy S30 akan mengalami downgrade. Jadi, seri Galaxy S30 nampaknya akan punya RAM tidak kurang dari 12GB, penyimpanan internal tidak kurang dari 128GB, dan layar yang tidak kurang dari resolusi 1440p dan refresh rate 120Hz.

5. Baterai

7 Bocoran Info Seri Samsung Galaxy S30, Rilis Awal 2021androidauthority.com

Salah satu rumor paling ramai dari seri Galaxy S30 adalah perihal kapasitas dan fitur pada baterai. Samsung dikabarkan tetap bertahan dengan 4,000mAh pada Galaxy S30 dan 5,000mAh pada Galaxy S30 Ultra. Sementara Galaxy S30 Plus, disebut-sebut akan dibekali dengan baterai 4,800mAh, meningkat dari 4,500mAh yang ada pada Galaxy S20 Plus.

Untuk fitur pada baterai, Samsung dirumorkan bakal memperkenalkan dukungan fast-charging 65W. Sayangnya, fitur tersebut dikabarkan hanya akan eksklusif untuk varian Ultra dan kalaupun tersedia di ketiga HP, hanya varian Ultra yang akan dibekali dengan kepala charger yang mendukung kecepatan pengisian dapat segesit itu.

6. Kamera

7 Bocoran Info Seri Samsung Galaxy S30, Rilis Awal 2021tomsguide.com

Tidak ada banyak rumor terkait kamera seri Galaxy S30, namun Galaxy S30 Ultra disebut-sebut akan tetap mempertahankan kamera utama 108MP yang sebelumnya digunakan di Galaxy S20/Note 20 Ultra. Di samping itu, akan ada dua kamera telephoto dengan salah satu di antaranya menggunakan lensa periscope.

Di bagian depan, kamera selfie 40MP pada Galaxy S20 Ultra nampaknya akan kembali pada Galaxy S30 Ultra. Dengan kamera depan yang berada di punch-hole, itu berarti seri Galaxy S30 tidak akan menjadi seri HP pertama dari Samsung yang dilengkapi dengan kamera selfie in-display atau di dalam layar.

7. Harga

7 Bocoran Info Seri Samsung Galaxy S30, Rilis Awal 2021androidauthority.com

Sejak Galaxy S9, Samsung selalu meningkatkan harga seri Galaxy S tiap tahunnya. Akan tetapi, kebiasaan itu sepertinya akan berhenti pada seri Galaxy S30 tahun depan. Beberapa alasan yang mendukung asumsi itu adalah fakta bahwa Samsung dikabarkan tidak senang dengan angka penjualan seri Galaxy S20, dan Galaxy S20 FE yang meraih kesuksesan global karena dibanderol dengan harga lebih murah.

Jadi, Galaxy S30 varian standar kemungkinan akan sama atau lebih murah dari US$999 (sekitar Rp14,2 juta) yang dibanderol untuk Galaxy S20. Varian Plus dan Ultra juga nampaknya akan mengikuti pendekatan yang sama. Dengan itu, seri Galaxy S30 akan lebih mudah diakses oleh semua orang terutama di masa pandemik yang dikabarkan masih akan berlangsung hingga tahun depan.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa hal yang sejauh ini diketahui dari seri Samsung Galaxy S30. Maka seperti seri-seri Galaxy S sebelumnya, seri Galaxy S30 hampir bisa dipastikan akan masuk dan dijual secara resmi di Indonesia. Tertarik?

Baca Juga: Harga Relatif Tinggi, Ini 7 Alasan Pengguna HP Samsung Sangat Loyal

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya