Comscore Tracker

Chipset In-House Baru dan 6 Bocoran Lain Google Pixel 6

Diperkirakan rilis akhir tahun 2021

Tahun lalu, codename untuk HP-HP baru dari Google terungkap yaitu Passport, Raven dan Oriole. Passport digadang-gadang merujuk pada HP dengan mekanisme lipat (seperti bentuk paspor), sementara Raven dan Oriole diprediksi adalah Pixel 6.

Pixel 6 sendiri diperkirakan baru akan dirilis menjelang akhir tahun ini, namun rumor atau bocoran mengenai desain hingga spesifikasi terutama chipset, menjadi salah satu bahan pembicaraan yang ramai di internet. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ulasan mengenai bocoran informasi dari Google Pixel 6.

1. Desain

Chipset In-House Baru dan 6 Bocoran Lain Google Pixel 6tomsguide.com

Google tidak pernah pernah takut dalam melakukan perombakan desain di tiap seri Pixel, jadi masuk akal jika Pixel 6 nantinya akan punya desain yang jauh berbeda dibanding pendahulunya. Salah satu leaker – Jon Prosser mengungkap hasil render dari Pixel 6 berdasarkan foto asli Pixel 6 yang ia dapat.

Dapat dilihat jika desain Pixel 6 sangat berbeda, terutama di bagian belakang di mana ada modul kamera horizontal yang membentang di sisi atas. Di bagian depan, layarnya masih menggunakan punch-hole namun kini dengan sensor fingerprint dalam layar.

2. Layar

Chipset In-House Baru dan 6 Bocoran Lain Google Pixel 6news.in-24.com

Google memulai tren refresh rate tinggi pada HP mereka di Pixel 4 dan tren itu nampaknya akan berlanjut di Pixel 6. Namun yang jadi pertanyaan adalah apakah mereka akan tetap bertahan di 90Hz atau justru naik ke 120Hz.

Selain refresh rate, Developer Preview untuk Android 12 yang pasti akan digunakan Pixel 6, juga mengungkap sejumlah fitur lain dari itu. Yang pertama adalah kembalinya autentikasi wajah yang sebelumnya ada di Pixel 4 namun dihilangkan di Pixel 5 dan sensor fingerprint dalam layar seperti yang ditampilkan pada hasil render di poin sebelumnya.

3. Chipset

Chipset In-House Baru dan 6 Bocoran Lain Google Pixel 6techfeedthai.com

Selanjutnya adalah chipset yang sejujurnya cukup menarik. Laporan terbaru dari 9to5Google mengklaim jika chipset “Whitechapel” siap digunakan di HP buatan Google yang rilis musim gugur ini, salah satunya Pixel 6.

Bagi yang tidak tahu, Whitechapel merupakan codename dari chipset in-house buatan Google yang disebut-sebut memiliki performa di antara Snapdragon 865 dan 888. Lewat Whitechapel, kualitas fotografi Google yang sudah luar biasa juga diklaim bakal lebih baik lagi. Jika rumor ini benar, maka Google akan sama seperti Apple, membuat chipset sendiri untuk perangkat unggulan mereka.

Baca Juga: Ini 7 Toko Aplikasi Terbaik Alternatif Google Play Store 

4. Kamera

Chipset In-House Baru dan 6 Bocoran Lain Google Pixel 6indianexpress.com

Kamera jadi salah satu nilai jual utama HP Pixel dan seri terbarunya yaitu Pixel 6 dikabarkan akan punya dua kamera belakang. Selain itu, dirumorkan pula bahwa akan ada varian “Pro” dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama (disebut-sebut 50MP), ultra-wide dan telephoto dengan kemampuan optical zoom 5x.

Di samping meningkatkan kualitas hardware, Google juga mengonfirmasi bahwa mereka akan menyempurnakan kemampuan AI untuk kamera Pixel 6 di samping bekerja sama dengan para ahli untuk akurasi warna kulit manusia yang lebih realistis.

5. Baterai

Chipset In-House Baru dan 6 Bocoran Lain Google Pixel 6pocket-lint.com

Seri Pixel sebelumnya yaitu Pixel 5 dibekali dengan baterai 4,000mAh yang dalam beberapa pengujian hanya bisa bertahan kurang dari 10 jam (dalam mode refresh rate 90Hz). Angka itu terbilang rendah dibanding HP dengan kelas atau harga yang sama.

Karenanya, masuk akal jika Google membenahi masalah itu dengan memberi baterai lebih besar di Pixel 6, terutama jika memang nantinya bakal mengadopsi refresh rate lebih tinggi lagi. Rumor menyebut jika Pixel 6 akan punya baterai 4,500mAh sementara Pixel 6 Pro naik sedikit di angka 5,000mAh.

6. Jadwal rilis

Chipset In-House Baru dan 6 Bocoran Lain Google Pixel 6androidpolice.com

Jika dibanding aspek lain, jadwal rilis jadi yang paling mudah ditebak. Google selalu merilis HP Pixel mereka di bulan Oktober (kecuali Pixel 5 kemarin yang rilis di bulan September). Karenanya, besar kemungkinan jika Oktober mendatang bakal jadi bulan perilisan Pixel 6.

Anggapan ini juga didukung oleh Max Weinbach – salah satu leaker kredibel yang menyebut jika Google memang berencana untuk merilis Pixel 6 dan 6 Pro pada Oktober tahun ini. Akan tetapi, apabila lambatnya proses produksi chip menjadi hambatan, maka bukan tidak mungkin jika perilisannya diundur ke November.

7. Harga

Chipset In-House Baru dan 6 Bocoran Lain Google Pixel 6lifewire.com

Alasan mengapa Pixel 5 tahun lalu dibanderol di harga yang lebih dibanding Pixel 4 adalah fakta bahwa Pixel 5 merupakan HP mid-range, tidak seperti Pixel 4 yang berkelas flagship. Berkaca dari itu, terdapat kemungkinan yang sangat kecil apabila Google akan menurunkan harga Pixel 6 nantinya terutama jika spesifikasi atau fitur yang dimiliki lebih mengarah ke status atau label flagship.

Jadi, Pixel 6 kemungkinan akan dibanderol di kisaran harga mulai dari US$799 (Rp11,4 juta). Kendati demikian, menarik untuk melihat langkah Google: bertahan di harga premium atau turun harga untuk menggaet lebih banyak konsumen.

Demikian tadi ulasan mengenai rumor dan bocoran dari seri flagship dari Google yaitu Pixel 6. Untuk kamu sendiri, apa yang kamu harapkan dari Pixel 6?

Baca Juga: 8 Pengumuman Besar di Google I/O 2021, Ada Android 12

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya