Comscore Tracker

Samsung Galaxy Note10 Lite: Bocoran Spek yang Sejauh Ini Diketahui

Dirumorkan akan memiliki nama lain yaitu Galaxy A81

Tahun depan, akan menjadi tahun yang sangat menarik bagi dunia smartphone. Selain chipset baru dan konektivitas 5G yang akan lebih meluas, beberapa brand besar seperti Apple dan Samsung, juga tengah bersiap untuk merilis sejumlah HP baru.

Terutama untuk Samsung, brand asal Korea ini dikabarkan akan merilis varian ‘lite’ dari seri Galaxy Note 10. Menyusul kabar ini, rumor dan bocoran info mencuat ke permukaan internet, yang memberikan sedikit gambaran akan seperti apa Galaxy Note 10 Lite nantinya. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

1. Nama

Samsung Galaxy Note10 Lite: Bocoran Spek yang Sejauh Ini Diketahuisamsungtips.com

Yang pertama yaitu nama, Galaxy Note 10 versi ‘ringan’ nampaknya akan resmi bernama Galaxy Note 10 Lite. Jika ini benar, maka Galaxy Note 10 Lite akan menjadi HP flagship dengan status ‘lite’ pertama yang pernah dirilis Samsung.

Lebih lanjut, sejumlah laporan menyebut bahwa di beberapa region atau wilayah, Galaxy Note 10 Lite akan disebut sebagai Galaxy A81. Jika laporan ini benar, maka Galaxy Note 10 Lite akan bergabung dengan seri Galaxy A 2020, menemani Galaxy A21, A31, A51, A61, A71 dan A91. 

2. Desain

Samsung Galaxy Note10 Lite: Bocoran Spek yang Sejauh Ini Diketahuigsmarena.com

Beralih ke desain, render yang dirilis oleh 91Mobiles menampilkan bahwa Galaxy Note 10 Lite, akan memiliki layar yang sama seperti Note 10 dan Note 10 Plus, dengan notch di bagian tengah atas. Yang paling menarik ada di bagian kamera belakang, yang akan membawa modul persegi seperti yang ditawarkan oleh iPhone 11 dan Pixel 4.

Headphone jack juga terlihat kembali dan port USB-C akan dipertahankan. Selain itu, terlihat juga bahwa body belakang Galaxy Note 10 Lite masih akan dilapisi dengan kaca premium seperti dua saudaranya.

3. Spesifikasi

Samsung Galaxy Note10 Lite: Bocoran Spek yang Sejauh Ini Diketahuiandroidauthority.com

Galaxy Note 10 Lite diperkirakan akan mengusung layar Dynamic AMOLED 6,5 inci atau 6,7 inci dengan dukungan HDR10+ dan desain curved atau melengkung. Untuk bagian dapur pacu, Galaxy Note 10 Lite disebut-sebut akan menggunakan Exynos 9810 yang sebelumnya digunakan di Galaxy S9 dan Note 9.

Itu akan ditemani oleh RAM 6GB, penyimpanan internal 128GB dan baterai 4.500mAh, yang notabene jadi yang paling besar di antara semua HP di keluarga Galaxy Note 10. Sementara untuk fotografi dikabarkan akan membawa tiga kamera belakang dan satu kamera depan.

4. Fitur yang dipertahankan

Samsung Galaxy Note10 Lite: Bocoran Spek yang Sejauh Ini Diketahuitechradar.com

Bukan Galaxy Note namanya jika tidak memiliki S Pen. Terlepas dari statusnya sebagai HP paling ‘rendah’ di seri Galaxy Note 10, Note 10 Lite tetap akan mempertahankan S Pen – lengkap dengan fitur-fitur baru nan canggihnya. Itu bisa dilihat dari render yang ada di poin kedua.

Di bagian lain, Galaxy Note 10 Lite juga masih akan mengenakan One UI – dengan versi 2.0 terbaru tentunya – berbasis Android 10. Sejauh ini, baru S Pen dan One UI saja yang hampir bisa dipastikan masih dibawa oleh Galaxy Note 10 Lite.

5. Fitur yang dihilangkan

Samsung Galaxy Note10 Lite: Bocoran Spek yang Sejauh Ini Diketahuidigitaltrends.com

Untuk meminimalkan harga dari Galaxy Note 10 Lite, Samsung tentu harus memotong sejumlah bagian. Salah satu yang paling mungkin dihilangkan adalah sensor fingerprint dalam layar. Dikabarkan bahwa Galaxy Note 10 Lite akan menggantikan itu dengan sensor fingerprint yang diletakkan di samping.

Sebelumnya, Samsung melakukan hal yang sama pada Galaxy S10e, yang notabene merupakan varian ‘hemat’ dari keluarga Galaxy S10. Sejauh ini, hanya sensor fingerprint dalam layar saja yang diprediksi akan dihilangkan.

6. Harga

Samsung Galaxy Note10 Lite: Bocoran Spek yang Sejauh Ini Diketahuislashgear.com

Menurut sumber yang dapat dipercaya yaitu Roland Quandt dari WinFuture, Galaxy Note 10 Lite diperkirakan akan dibanderol di harga US$701 atau sekitar Rp9,8 juta. Harga tersebut adalah harga untuk model dengan penyimpanan internal 128GB.

Jika info tersebut benar, maka Galaxy Note 10 Lite akan  lebih murah dari harga awal varian ‘budget’ seri Galaxy S10 yaitu Galaxy S10e. Dan jika dibandingkan dengan Galaxy Note 10 ‘biasa’, maka Galaxy Note 10 Lite lebih hemat US$248 atau sekitar Rp3,4 juta.

7. Ketersediaan

Samsung Galaxy Note10 Lite: Bocoran Spek yang Sejauh Ini Diketahuien24.news

Info dari 91Mobiles menyebut bahwa peluncuran Galaxy Note 10 Lite – yang juga akan dirilis bersamaan dengan Galaxy S10 Lite, ditunda hingga pertengahan Januari 2020. Belum diketahui kapan Galaxy Note 10 Lite akan masuk ke Indonesia, namun jika berkaca dari dua Note 10 lain, dapat dipastikan bahwa Note 10 Lite akan dirilis secara resmi di Indonesia. Galaxy Note 10 Lite sendiri akan memiliki tiga varian warna yaitu Black, Red dan juga White – dengan efek semacam pelangi.

Demikian tadi informasi terkait hal-hal yang sejauh ini diketahui tentang Samsung Galaxy Note 10 Lite. Perlu dicatat bahwa sebagian besar info di atas baru sebatas rumor dan bocoran, sehingga belum pasti akan terealisasi di produk finalnya. 

Baca Juga: Rumor dan Bocoran Terbaru dari Samsung Galaxy S11e, S11 & S11 Plus

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya