Comscore Tracker

7 Keunggulan HP Samsung dibandingkan Brand Lain, Salah Satunya One UI!

Menjadi salah satu brand terpopuler di Indonesia

Setiap tahunnya, sejumlah brand besar dari industri smartphone terus berkembang dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka kepada para konsumen. Akan tetapi, di tengah keriuhan revolusi industri itu, Samsung tetap muncul sebagai yang terbaik.

Brand asal Korea ini terus memamerkan produk-produk terbaik mereka dan di Indonesia sendiri, Samsung menjadi salah satu brand terpopuler dengan total penjualan yang fantastis. Berikut 7 keunggulan HP Samsung dibandingkan brand lain.

1. Lini produk yang rapi

7 Keunggulan HP Samsung dibandingkan Brand Lain, Salah Satunya One UI!androidpit.com

Jika dibandingkan dengan brand sebelah, Samsung bisa dibilang punya lini produk yang paling rapi. Samsung dengan cerdas membagi kelas HP mereka berdasarkan kode huruf dengan rapi seperti M dan A untuk kelas entry-level dan mid-range, serta S dan Note untuk kelas flagship.

Selain itu, Samsung juga menggunakan angka di belakang huruf yang dengan mudah mendefinisikan kelas hardware yang dimiliki. Ini tentu saja menjadi poin plus karena memberikan kemudahan bagi calon pembeli untuk mencari tahu info mengenai HP yang mereka ingin beli.  

2. One UI

7 Keunggulan HP Samsung dibandingkan Brand Lain, Salah Satunya One UI!cellulare-magazine.it

One UI diluncurkan oleh Samsung di akhir 2018 untuk menggantikan Samsung Experience yang dinilai sudah usang. Sesuai namanya, One UI dioptimalisasi secara khusus untuk penggunaan satu tangan.

Lebih lanjut, pembaruan yang dibawa meliputi ikon yang lebih minimalis, fitur yang lebih lengkap dan navigasi yang lebih mudah. Selain itu, One UI hebat karena tersedia untuk semua HP Samsung dari kelas entry-level hingga mid-range. Jika terdapat kompetisi untuk UI HP terbaik, maka One UI akan menang dengan mudah dan mengalahkan UI ‘standar’ dari sejumlah brand lain.

3. Build-quality

7 Keunggulan HP Samsung dibandingkan Brand Lain, Salah Satunya One UI!9to5google.com

Bukan rahasia umum lagi apabila Samsung memiliki HP dengan build-quality kelas atas. Ini tentu bukan asumsi subjektif dari satu orang saja, karena di banyak pengalaman, pengguna benar-benar merasa durability atau ketahanan yang dimiliki oleh HP Samsung mereka.

Menariknya lagi, Samsung tidak pilih-pilih untuk menerapkan daya tahan ini dan membagikannya secara merata ke HP-HP entry-level, mid-range maupun flagship. Sejauh ini, konsistensi yang dimiliki oleh Samsung ini, belum begitu mampu dicapai oleh brand kompetitor sebelah.

Baca Juga: 7 Hal yang Penggemar Inginkan dari Samsung Galaxy S11, kalau Kamu?

4. Ekosistem pendukung yang lebih maju

7 Keunggulan HP Samsung dibandingkan Brand Lain, Salah Satunya One UI!androidauthority.com

Yang selanjutnya ini tidak berkaitan dengan sisi internal HP Samsung, melakukan sisi eksternal. HP Samsung unggul dibandingkan brand lain, karena didukung dengan ekosistem yang lebih maju. Salah satu contohnya adalah Samsung memiliki smartwatch (Galaxy Watch) dan wireless airbuds (Galaxy Buds), yang mana ekosistem semacam ini, belum dimiliki kebanyakan brand lain.

Selain itu, bagian lain dari ekosistem seperti DeX juga memudahkan pengguna untuk mengoneksikan HP mereka dengan PC. Pada titik ini, Samsung berada di kelas yang sama dengan Apple.

5. Miliki HP mid-range yang bersaing

7 Keunggulan HP Samsung dibandingkan Brand Lain, Salah Satunya One UI!sammobile.com

Untuk beberapa tahun kemarin, Samsung mungkin bukan brand yang punya HP luar biasa di kelas mid-range. Namun kini, semua itu berubah lewat lini Galaxy A, yang menawarkan HP kelas mid-range dengan spesifikasi dan harga yang bersaing.

Melalui ini, stereotip mengenai “HP berkualitas dari Samsung selalu mahal”, perlahan mulai sirna. Salah satu produk terbaik dari mereka yang baru-baru ini dirilis adalah Galaxy A51, yang menawarkan desain ala Galaxy Note 10 dengan harga sepertiganya. Saat ini, Samsung bisa dibilang merupakan rajanya HP mid-range mengalahkan Realme, Xiaomi dan Vivo.

6. Inovasi

7 Keunggulan HP Samsung dibandingkan Brand Lain, Salah Satunya One UI!androidpit.com

Inovasi telah menjadi identitas lama yang melekat di HP-HP Samsung. Hampir setiap HP Samsung selalu hadir dengan inovasi baru, yang kebanyakan berakhir di salin oleh brand sebelah. Beberapa yang terkenal adalah layar Super AMOLED, layar dengan desain curved atau lengkung dan mekanisme fold atau lipat.

Sama seperti ekosistem pendukung yang lebih maju, inovasi juga jadi salah satu keunggulan Samsung dibanding brand HP lain. Jika menilik dari pencapaian mereka dalam beberapa tahun terakhir, Samsung diperkirakan akan terus melahirkan inovasi-inovasi luar biasa.

7. Aplikasi bawaan yang berkualitas

7 Keunggulan HP Samsung dibandingkan Brand Lain, Salah Satunya One UI!sammobile.com

Apabila kebanyakan aplikasi bawaan dari brand sebelah punya fungsi yang minim atau kualitas yang biasa, Samsung justru sebaliknya dengan menyajikan aplikasi bawaan yang berkualitas. Salah satu di antaranya adalah Samsung Members, yang dapat dideskripsikan sebagai ‘tempat berkumpul’ para pengguna HP Samsung.

Selain itu, ada juga Samsung Pay – aplikasi dompet digital yang mendukung DANA dan GoPay (dikonfirmasi akan segera hadir). Ini membuktikan bahwa Samsung benar-benar serius dan memperhatikan kenyamanan untuk penggunanya.

Demikian tadi ulasan mengenai 7 keunggulan HP Samsung dibandingkan brand lain. Jika kamu punya pendapat lain terkait ulasan di atas, jangan sungkan-sungkan untuk mengungkapkannya di kolom komentar.   

Baca Juga: 7 Handphone Murah Terbaik Samsung 2019, Speknya Tetap Ciamik!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya