Comscore Tracker

7 Konsol Game Handheld Terbaik Sepanjang Masa

Didominasi konsol handheld garapan Nintendo

Video game merupakan media terbaik untuk bersantai dan melepas penat yang sempat memiliki satu masalah besar, yaitu hanya bisa dimainkan di TV atau monitor, sehingga sulit untuk bisa dinikmati sembari bepergian.

Menjawab masalah tersebut, hadirlah konsol handheld yang hadir dengan ukuran compact dan layar bawaan, sehingga sangat memudahkan untuk digunakan di mana pun dan kapan pun.

Sama seperti konsol rumahan, konsol handheld juga mengalami perkembangan dan melahirkan banyak produk dalam beberapa dekade terakhir. Berikut beberapa di antaranya yang terbaik yang telah dirangkum buatmu!

1. Steam Deck

7 Konsol Game Handheld Terbaik Sepanjang Masailustrasi Steam Deck (tomshardware.com)

Steam Deck membawa revolusi baru kepada pasar konsol gaming portabel. Konsol garapan Valve ini menjembatani konsol dan PC dengan memberi pemain cara mudah untuk memainkan game-game PC di perangkat dengan form-factor handheld.

Fakta bahwa pemain bisa memainkan game seperti Cyberpunk 2077 atau Elden Ring secara handheld terbilang luar biasa dan belum bisa dicapai oleh konsol handheld sebelumnya.

Selain itu, Steam Deck juga dibanderol di harga yang masuk akal untuk spesifikasi serta fitur yang dimilikinya. Yang kurang dari konsol ini mungkin hanyalah ketersediaan yang kini masih sangat langka.

2. PlayStation Portable

7 Konsol Game Handheld Terbaik Sepanjang Masailustrasi PlayStation Portable (indianexpress.com)

PlayStation Portable atau yang biasa disingkat PSP merupakan usaha pertama Sony untuk masuk ke dalam industri konsol gaming handheld. Berbeda dengan konsol handheld garapan Nintendo yang berfokus pada desain menarik dan harga terjangkau, Sony lebih fokus terhadap spesifikasi mumpuni pada PSP.

Sayangnya, PSP kurang begitu diminati di pasar Amerika, tetapi untungnya sukses dan laris manis di rumahnya sendiri, yaitu Jepang. Maka dari itu, tak heran jika PSP terus mendapat banyak suplai game berkualitas sejak pertama kali dirilis, dengan beberapa di antaranya masih menarik untuk dimainkan sekarang.

3. Nintendo 3DS

7 Konsol Game Handheld Terbaik Sepanjang Masailustrasi Nintendo 3DS (gizmodo.com.au)

Nintendo 3DS menjadi salah satu konsol handheld terbaik Nintendo meski memang harus diakui, jika konsol yang sempat dirilis ulang pada 2014 itu memiliki sejumlah kekurangan. Beberapa diantaranya seperti analog dengan desain piringan yang tidak sebaik desain analog konvensional dan layar yang tidak begitu bagus.

Meskipun begitu, 3DS memiliki satu hal yang tidak dimiliki oleh banyak konsol handheld lain yaitu katalog game yang sangat fantastis. Ada ratusan game berkualitas untuk 3DS dengan sebagian besar di antaranya, hingga saat ini, masih eksklusif alias hanya bisa dimainkan di 3DS saja.

Baca Juga: Steam Deck vs Nintendo Switch OLED, Adu Konsol Handheld

4. PlayStation Vita

7 Konsol Game Handheld Terbaik Sepanjang Masailustrasi PlayStation Vita (tomsguide.com)

Meluncur dengan layar OLED pada 2011 silam, PlayStation Vita atau PS Vita menarik minat banyak pemain terutama mereka yang penasaran langkah selanjutnya dari Sony di pasar konsol handheld.

Tidak dapat disangkal jika PS Vita menjadi salah satu konsol handheld dengan kesan paling premium hingga kini, yang juga mendapat dukungan banyak game sempurna hingga akhirnya resmi ”pensiun” pada 2019 kemarin.

Salah satu alasan mengapa konsol ini menarik adalah fakta bahwa konsol ini bisa digunakan untuk memainkan game PSP, tetapi dengan resolusi yang lebih baik, sehingga kualitas visual yang dihadirkan tampak lebih tajam.

5. Nintendo Switch

7 Konsol Game Handheld Terbaik Sepanjang Masailustrasi Nintendo Switch (t3.com)

Nintendo Switch merupakan salah satu konsol handheld paling ditunggu-tunggu dan hadir saat banyak pemain ingin sebuah konsol handheld baru. Mampu dimainkan lewat untuk menghadirkan pengalaman konsol konvensional sebagai alternatif dari penggunaan secara handheld atau portabel, Switch merupakan konsol yang sangat menarik.

Semua seri game besar Nintendo ada di Switch, dalam bentuk yang tentu saja lebih memuaskan, baik dalam bentuk visual maupun gameplay. Mulai dari Mario, Zelda, hingga Metroid, Switch memiliki banyak game berkualitas untuk ditawarkan.

6. Evercade

7 Konsol Game Handheld Terbaik Sepanjang Masailustrasi Evercade (tomsguide.com)

Evercade merupakan konsol handheld yang sangat menarik untuk mereka yang menyukai game retro. Konsol ini menggunakan sistem cartridge namun dengan banyak game dalam satu cartridge.

Meski pada dasarnya ROM dari game yang ada di dalam cartridge dijalankan menggunakan emulator, semuanya dibuat agar bisa berjalan mirip seperti konsol aslinya.

Game-game yang tersedia di Evercade tidak hanya datang dari satu generasi konsol saja, tetapi pemain juga bisa memainkan banyak game klasik dari berbagai era. Harga Evercade tergolong murah, tetapi secara kualitas tidak murahan.

7. Nintendo Game Boy Advance SP

7 Konsol Game Handheld Terbaik Sepanjang Masailustrasi Nintendo Game Boy Advance SP (youtube.com/MoGaming)

Nintendo Game Boy sendiri merupakan konsol handheld yang fantastis, tetapi lewat desain clamshell, Game Boy Advance SP menjadi salah satu konsol handheld terbaik yang pernah dibuat hingga kini.

Melalui layar backlit yang dimilikinya, Game Boy Advance SP jadi lebih memuaskan untuk memainkan game-game GBA yang notabene sangat luar biasa. Baik untuk memainkan game Metroidvania atau game klasik Game Boy (karena konsol ini juga telah mendukung backward compatible), Game Boy Advance SP merupakan konsol handheld sempurna yang mengeksekusinya segalanya dengan sangat baik.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa konsol game handheld terbaik sepanjang masa. Dari tujuh konsol handheld di atas, adakah yang senang kamu mainkan saat waktu luang?

Baca Juga: 7 Konsol Gaming Retro Terbaik untuk Kamu Beli di 2022

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya