Comscore Tracker

7 Perangkat Apple yang Diprediksi Akan Rilis di Awal 2021

Akan diumumkan lewat serangkaian event

Apple diketahui selalu menyelenggarakan empat hingga lima event perilisan perangkat baru tiap tahunnya. Normalnya, Apple meluncurkan beberapa produk baru di awal tahun, namun karena pandemik yang sedang melanda, nampaknya mereka hanya akan merilisnya via event yang diselenggarakan online.

Tahun lalu contohnya, Apple merilis iPad Pro, Magic Keyboard dan MacBook Air pada Maret, diikuti oleh iPhone SE di April. Nah tahun ini, Apple sepertinya masih akan merilis cukup banyak perangkat di kuartal pertama 2021 dan berikut beberapa yang diprediksi bakal diluncurkan.

1. iPad Pro

7 Perangkat Apple yang Diprediksi Akan Rilis di Awal 2021androidauthority.com

Apple dikabarkan bakal meluncurkan iPad Pro model terbaru dengan teknologi layar mini-LED. iPad Pro edisi teranyar itu akan jadi perangkat Apple pertama yang mengadopsi teknologi layar baru yang kaya akan warna dengan hitam yang lebih gelap dan putih yang lebih putih, menciptakan kontras yang lebih baik.

Lini iPad Pro tahun ini kemungkinan akan sama seperti lini tahun lalu, namun dengan peningkatan di bagian spesifikasi di mana chipset A14 Bionic dipilih sebagai dapur pacu utama. Dengan itu, iPad Pro tahun ini juga akan mendukung konektivitas 5G.

2. iPad Mini

7 Perangkat Apple yang Diprediksi Akan Rilis di Awal 2021techradar.com

Selain iPad Pro dengan teknologi di bagian layar yang baru, perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook itu juga disebut-sebut sedang mengerjakan suksesor bagi iPad Mini 5. Sesuai namanya, iPad Mini 5 merupakan iPad versi mini atau kecil yang terakhir kali dirilis pada tahun 2019 sebagai generasi ke-5.

Nah tahun ini, generasi selanjutnya alias ke-6 dikabarkan akan meluncur dengan layar yang lebih besar yaitu 8,4 inci. Di samping itu, bezel di sekitar layarnya juga dirumorkan akan lebih tipis dari generasi sebelumnya. Meskipun begitu untuk desain keseluruhan, sepertinya tidak akan banyak berbeda.

3. AirPods 3

7 Perangkat Apple yang Diprediksi Akan Rilis di Awal 2021mobilesyrup.com

Terlepas dari fakta bahwa kualitas AirPods tidak pernah turun atau berakhir mengecewakan ketika edisi terbaru dirilis, tahun ini Apple dikatakan berencana meluncurkan AirPods terbaru. Laporan Bloomberg mengklaim bahwa AirPods 3 akan hadir dengan stem atau bagian “ekor” yang lebih pendek dan ear tips yang bisa diganti. AirPods sendiri merupakan salah satu TWS terlaris di dunia dan Apple nampaknya terus berusaha untuk membuat status itu terus bertahan dari tahun ke tahun.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Laptop Pesaing Apple MacBook Pro M1, Layak Kamu Beli! 

4. AirPods Pro 2

7 Perangkat Apple yang Diprediksi Akan Rilis di Awal 2021geektech.me

Di sektor true-wireless stereo atau TWS, AirPods 3 tidak sendirian karena AirPods Pro 2 juga dirumorkan akan diluncurkan oleh Apple tahun ini. Beberapa laporan bahkan mengatakan jika AirPods Pro 2 besar kemungkinan bakal hadir dengan desain yang cukup berbeda dengan generasi pertamanya.

Salah satu faktor yang membuatnya berbeda adalah bagian stem yang dikabarkan akan dipangkas atau dihilangkan. Jika rumor ini berakhir benar, maka AirPods Pro 2 bakal punya tampilan seperti kebanyakan TWS yang tersedia di pasaran saat ini.

5. AirTags

7 Perangkat Apple yang Diprediksi Akan Rilis di Awal 2021macrumors.com

AirTags jadi perangkat yang eksistensinya hampir dapat dikonfirmasi meski belum dirilis secara resmi. Berdasarkan bocoran informasi yang beredar, AirTags bakal menjadi jawaban Apple untuk Galaxy SmartTag dari Samsung dan Tile.

Lebih jelasnya, AirTags akan jadi perangkat kecil canggih yang bisa dipasangkan di tas kecil atau benda-benda penting lainnya. Tujuannya adalah untuk memberi tahu letak atau lokasi dari benda tersebut jika hilang. AirTags akan dibekali dengan chip ultrawide-band U1 yang juga ada di iPhone 12 dan Homepod Mini.

6. Apple TV

7 Perangkat Apple yang Diprediksi Akan Rilis di Awal 2021tomsguide.com

Selanjutnya adalah perangkat yang bisa disebut tidak begitu dipedulikan Apple karena versi terakhirnya dirilis pada September 2017 silam. Kabar baiknya, tahun ini Apple diklaim akan meluncurkan versi terbaru dari Apple TV.

Streaming box terbaru dari Apple ini diprediksi akan dilengkapi dengan chipset baru untuk performa yang lebih mumpuni dan remote, dengan fitur yang ditingkatkan. Dengan Apple yang meningkatkan fokus mereka di bidang gaming, tidak menutup kemungkinan apabila Apple TV generasi teranyar bakal dirancang untuk gaming.

7. MacBook Pro 14

7 Perangkat Apple yang Diprediksi Akan Rilis di Awal 2021techradar.com

Ada ekspektasi yang cukup besar terkait rencana Apple untuk memperbarui beberapa perangkat Mac mereka dengan chip M1 atau suksesor dari M1 itu sendiri. Kandidat terkuat yang kemungkinan besar akan mendapat pembaruan adalah MacBook Pro.

Menariknya, pembaruan tidak hanya hadir dari segi internal namun juga eksternal, di mana MacBook Pro dikabarkan akan punya model baru dengan layar 14 inci. Detail lebih lanjut menjelaskan apabila ukuran sasis MacBook Pro 14 masih akan sama dengan model 13,3 inci, namun kali ini, layarnya akan punya bezel yang jauh lebih tipis di berbagai sisi. Plus, desain yang diusung juga dirumorkan akan meniru desain flat-edge ala seri iPhone 12.

Demikian tadi ulasan mengenai perangkat Apple yang diprediksi bakal rilis di kuartal pertama tahun 2021. Dari 7 perangkat di atas, mana yang paling kamu antisipasi kehadirannya?

Baca Juga: 5 Produk Smartphone Apple yang Dibekali Chipset Seri Teranyar di 2021

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya