Comscore Tracker

Lagi Buka Aplikasi di HP, Tiba-tiba Keluar? Cek dulu 4 Hal Ini

Aduh padahal lagi ngerjain tugas

Pernah gak, lagi asyik chatting, gaming, atau buka suatu aplikasi buat produktif, eh tiba-tiba mendadak keluar sendiri atau biasa dibilang force close. Rasanya kesel banget gak sih? Apalagi kita lagi mengerjakan tugas, upload konten, dan nge-game

Nah, IDN Times sudah merangkum untuk kamu beberapa penyebabnya dan beberapa solusi biar kamu gak keki. Simak terus sampai habis di bawah ya!

1. File cache yang penuh

Lagi Buka Aplikasi di HP, Tiba-tiba Keluar? Cek dulu 4 Hal IniMenghapus file cache (Shutterstock/Rohane Hamilton)

File cache adalah data sementara dari aplikasi yang kamu punya dan tersimpan di memori HP ketika kamu menggunakannya. Setiap aplikasi memiliki file cache sendiri dan membutuhkan ruang penyimpanan. Nah menghapus file cache ini bisa mengosongkan ruang penyimpanan sementara di HP-mu. Jadi bisa lebih lancar deh! 

Kamu bisa menghapusnya secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih di Google Play Store atau Store lainnya. Untuk menghapus cache secara manual ikuti langkah berikut ini.

  • Masuk ke pengaturan
  • Klik pengelola aplikasi
  • Klik aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya
  • Pilih “Clear Cache”

Beres deh!

Baca Juga: Meledak saat di-Charge? Ini 7 Mitos Seputar Baterai Handphone

2. Aplikasi corrupt dan perlu di-install ulang

Lagi Buka Aplikasi di HP, Tiba-tiba Keluar? Cek dulu 4 Hal IniInstall ulang Facebook di HP (Shutterstock/D K Grove)

Jika sudah dibersihkan cache-nya tapi ternyata masih tetap sama, bisa jadi aplikasi yang kamu jalankan itu corrupt atau perlu di-install ulang agar aplikasi bisa me-reset dan terunduh sempurna. Dengan begitu aplikasi yang kamu pakai diharapkan bisa lancar kembali. 

Untuk caranya sangat mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini: 

  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih pengelola aplikasi
  • Cari aplikasi yang akan di-uninstall
  • Lalu pilih “Uninstall"    

Semoga jadi solusi untukmu, ya!

3. RAM yang penuh

Lagi Buka Aplikasi di HP, Tiba-tiba Keluar? Cek dulu 4 Hal IniMemori RAM yang harus diperhatikan (Dok. vivo)

RAM adalah Random Access Memory yang membantu kinerja prosesor HP dengan lebih baik. Semakin besar kapasitas RAM di HP tentu saja akan lebih cepat membantu prosesor untuk memproses data atau aplikasi yang akan kamu buka. 

Bahkan kamu bisa membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Oleh karena itu kamu harus cek berapa kapasitas RAM kamu dan kalau sudah penuh hapus aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan. 

Atau kamu membutuhkan lebih banyak RAM karena banyak aplikasi yang penting buatmu? Kamu bisa cek vivo V21. Setelah diperkenalkan resmi pada bulan Juni lalu, vivo menghadirkan produk terbaik untuk menemani penggunanya dalam masa seperti ini. Mengusung fitur terkini 8GB + 3GB Extended RAM, vivo V21 dapat mendukung kamu yang membutuhkan smartphone mumpuni dan juga relevan dalam multitasking dan produktivitas hariannya.

Lagi Buka Aplikasi di HP, Tiba-tiba Keluar? Cek dulu 4 Hal Ini8GB + 3GB Extended RAM (Dok. vivo)

Memori RAM pada vivo V21 dapat memanfaatkan ruang memori internal yang idle sebesar 3GB dan menambah RAM menjadi 11GB sehingga dapat meringankan jumlah memori Double Data Rate (DDR) yang digunakan. Fitur terkini ini, berguna untuk meningkatkan kelancaran kamu ketika menjalankan berbagai aplikasi. Kamu dapat merasakan pengalaman membuka lebih dari 20 aplikasi dalam waktu yang bersamaan lebih lancar tanpa khawatir memiliki gangguan. Mantap gak tuh? 

Selain itu guys, vivo V21 pun hadir dengan menyematkan spesifikasi lainnya yaitu, 44MP Autofocus Super Night Selfie, Ultra Slim Design dengan dua pilihan warna stylish Diamond Flare dan Roman Black, 64MP Night Camera dan NFC Multifunctions. Kesemua spesifikasi ini dihadirkan untuk mendukung konsumen menangkap momen terbaik kamu dan tampil stand out tanpa batas.

Beradaptasi dengan keadaan saat ini, bagi kamu yang khawatir untuk ke luar rumah, vivo menawarkan Layanan Antar ke Rumah untuk pembelian smartphone vivo. Layanan pesan antar ini menerapkan prosedur standar kebersihan dan keamanan mulai dari proses penyiapan barang hingga barang sampai ke tangan konsumen. 

Kamu juga dapat menghubungi Live Chat pada website resmi vivo dan vivo Official WhatsApp di nomor 0811-9760-1111 jika ingin bertanya seputar produk vivo atau layanan lainnya, membeli produk vivo, hingga berkonsultasi jika ada masalah dengan smartphone vivo. Ingin tahu lebih lanjut? Cek aja di sini!

4. Operating system yang tidak kompatibel

Lagi Buka Aplikasi di HP, Tiba-tiba Keluar? Cek dulu 4 Hal IniMemperbarui sistem operasi baik untuk HP kamu (Shutterstock/TY Lim)

Nah, ini juga penting guys. Soalnya saat ini banyak aplikasi sudah diperbarui menyesuaikan sistem operasi terbaru. Namun bisa jadi HP kamu masih menggunakan sistem operasi yang lama atau belum terbaru. Hal itu tentu membuat aplikasi yang kamu punya tidak kompatibel, akhirnya biasanya tidak bisa dibuka atau bisa dibuka tapi di tengah-tengah langsung keluar-keluar sendiri. 

Untuk mengetahuinya kamu bisa ikuti langkah ini: 

  • Masuk menu pengaturan
  • Klik “About”
  • Klik “Check System Update”
  • Jika tersedia update, pilih “Download”
  • Tunggu hingga proses download upgrade selesai
  • Jika selesai, muncul tombol konfirmasi untuk proses reboot dan pilih “Restart” 

Nah itulah yang bisa kamu lakukan jika aplikasi sering keluar-keluar sendiri saat kamu gunakan. Biar gak kesel coba deh lakukan langkah-langkah tersebut. Semoga makin lancar dan produktif ya! (WEB) 

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya