Comscore Tracker

5 Cara Mencegah Panas Berlebih pada Komputer, Dijamin Awet!

Suhu tinggi membuat kinerja PC dan laptop terhambat

Keberadaan komputer, baik itu PC, laptop, dan tablet telah memudahkan kehidupan manusia untuk melakukan banyak hal. Teknologi tersebut memang sudah sangat lekat dengan pekerjaan manusia di berbagai bidang. Namun, layaknya barang elektronik pada umumnya, komputer memiliki musuh berat bernama suhu panas.

Avast dalam lamannya menyatakan bahwa suhu CPU ideal pada saat beban normal adalah 40 hingga 65 derajat Celcius. Namun, temperatur ini bisa naik ke angka 75 hingga 80 derajat Celcius manakala komputer digunakan untuk bekerja berat, seperti bermain game atau edit grafik. Nah, komputer dengan suhu yang melebihi 80 derajat Celcius bisa dianggap terlalu panas.

So, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan supaya suhu PC dan laptop milikmu tetap terjaga dalam rentang yang ideal. Apa saja? Yuk, simak artikelnya sampai tuntas.

1. Pasang pendingin tambahan

5 Cara Mencegah Panas Berlebih pada Komputer, Dijamin Awet!ilustrasi kipas tambahan untuk prosesor (pexels.com/Martin Lopez)

Ada beberapa jenis pendingin untuk komputer, seperti kipas, heatsink, pendingin cair, nitrogen cair, dan termoelektrik. Nah, karena kali ini kita membahas cara yang simpel, maka kipas atau fan bisa diambil sebagai contoh utama. Pada PC, mungkin ada baiknya kamu memerhatikan jumlah kipas di casing PC-mu. Jika menggunakan VGA eksternal, sebaiknya jumlah kipas di casing adalah 4 sampai 6 unit.

Ingat, ya, kipas bagian depan dan bawah casing harus mengisap udara segar. Lalu, kipas bagian belakang dan atas casing wajib mengeluarkan hawa panas. Jika ada kipas yang tidak bekerja normal, coba cari penyebabnya. Kalau memungkinkan, ganti saja kipasnya dengan yang baru dan berkualitas.

Terus, bagaimana dengan laptop? Pada laptop, kamu juga bisa menambahkan kipas tambahan di bagian bawah (dudukan) perangkat. Kipas ini bentuknya mirip tatakan yang tentu saja fungsinya menurunkan suhu pada laptop. Belilah tatakan kipas dengan kualitas baik sehingga bisa menurunkan temperatur laptop dengan stabil.

2. Ganti pasta termal secara berkala

5 Cara Mencegah Panas Berlebih pada Komputer, Dijamin Awet!ilustrasi menggunakan pasta termal untuk prosesor (digitaltrends.com/Corsair)

Mengganti pasta termal atau thermal paste secara berkala juga bisa mencegah komputer mengalami panas berlebih. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, kamu bisa membawa komputer milikmu ke toko atau mekanik yang bisa menggantinya dengan baik. Sebetulnya, pasta ini tidak secara langsung mendinginkan komputer pada saat ia bekerja dengan beban tinggi.

Namun, tugas utamanya lebih kepada merambatkan panas menuju ke heatsink supaya panas mudah dilepas. Dengan adanya pasta termal, komponen yang bekerja dengan kapasitas penuh tidak akan tersiksa karena terlalu kepanasan. Untuk penggunaan berat, pasta wajib diganti setidaknya 6 hingga 12 bulan sekali. Dalam penggunaan sedang, penggantian pasta bisa lebih lama.

3. Perhatikan juga suhu ruangan

5 Cara Mencegah Panas Berlebih pada Komputer, Dijamin Awet!ilustrasi PC di ruangan dingin (pexels.com/Roberto Nickson)

Menggunakan AC atau pendingin ruangan adalah cara ampuh yang dapat memengaruhi penurunan suhu pada komputer kita. Namun, jika tidak menggunakan AC pun, kita masih bisa mengatur suhu ruangan supaya tidak panas dan pengap. Hindari juga ruangan yang dipenuhi dengan asap rokok. Yup, sirkulasi udara yang segar juga ternyata memengaruhi suhu di PC atau laptop yang tengah kalian gunakan.

Ingat poin 1 di atas, kipas pada PC dan laptop juga berfungsi untuk mengisap udara dari luar. Itu artinya, dengan udara yang dingin dan segar, temperatur di dalam komponen komputer pun juga akan stabil dan bahkan turun. Nah, jika temperatur pada PC, laptop, dan tablet milikmu bisa terjaga dalam angka ideal, umur dari komputer tersebut juga bakal lama atau awet.

Baca Juga: 7 Monitor Komputer Terbaik di Tahun 2022, Apa Istimewanya?

4. Bersihkan komputer secara berkala

5 Cara Mencegah Panas Berlebih pada Komputer, Dijamin Awet!ilustrasi membersihkan PC (pexels.com/Anete Lusina)

Jangan malas membersihkan komputermu. Pada laptop, mungkin kamu membutuhkan bantuan dari mekanik atau pihak yang ahli karena casing laptop memang lebih sulit untuk dibuka. Namun, untuk PC kamu bisa melakukannya sendiri. Jika debu-debu yang menempel tidak terlalu parah, kamu bisa menggunakan blower dengan kecepatan angin sedang. Cara ini dapat dilakukan tanpa melepas komponen di dalam casing.

Bisa juga dikombinasikan menggunakan kuas halus untuk membersihkannya lebih maksimal. Oh, ya, perhatikan kekuatan angin agar tidak terlalu keras dan jangan sampai ada semprotan air di dalam blower yang kamu gunakan. Nah, kalau gak mau repot, kamu bisa menggunakan jasa pembersih komputer profesional. Mereka bahkan menggunakan bahan pembersih khusus untuk membersihkan komponen elektronik secara aman.

5. Gunakan komputer secara rutin

5 Cara Mencegah Panas Berlebih pada Komputer, Dijamin Awet!ilustrasi memakai laptop secara rutin (pexels.com/George Milton)

Menggunakan PC, laptop, dan tablet secara rutin akan membuat kinerja dari perangkat tersebut menjadi optimal dan semestinya. Zaman dulu, ada sebuah mitos yang menyatakan bahwa makin jarang komputer digunakan, makin awet juga komponen di dalamnya. Well, rupanya, anggapan tersebut justru keliru. Pasalnya, komputer yang sangat jarang dipakai justru akan lebih mudah rusak.

Komponen kelistrikan di komputer kita malah akan menyimpan begitu banyak uap air dan kelembapan karena ia tidak pernah menghasilkan panas. Nah, pada saat kita mengaktifkannya kembali, debu dan kotoran akan menumpuk di sela-sela sirkuit chip atau motherboard. Hal ini membuat arus listrik di dalamnya tidak stabil dan tentu akan berdampak komputer terserang panas berlebih.

Jadi, membiarkannya mati dalam kurun waktu yang lama, itu justru akan merusak komponen yang ada di dalamnya. Aktifkan dan gunakan komputer secara rutin dengan cara yang benar, hal ini akan membuat perangkat yang kalian miliki menjadi tahan lama dan terhindar dari kerusakan.

Cara-cara di atas bisa dilakukan dengan simpel dan mudah. Jika komputermu masih saja terserang panas berlebih, coba bawa ke tempat perbaikan profesional. So, semoga artikel ini dapat menambah wawasan buat kamu, ya.

Baca Juga: 7 Tips Membeli Mouse untuk Komputer, Ini Pertimbangannya

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya