Comscore Tracker

5 Tipe Data dalam Dunia Programming yang Harus Kamu Ketahui

Pemahaman data dapat mengembangkan kariermu dalam bidang IT

Untuk kamu yang terjun dalam bidang programming mungkin akan menyadari keberadaan data dalam proses implementasinya. Tipe data merupakan hal yang sangat penting, apalagi dalam dunia kompitasi teknis.

Tipe data yang dimaksud biasanya berkaitan dengan atribut atau potongan data yang dapat berkaitan dengan sistem komputer, sehingga dapat ditafsirkan nilainya. Untuk dapat menerapkan tipe data dengan baik, maka kamu perlu mengetahui beberapa tipe data berikut ini yang kerap digunakan dalam dunia programming.

1. String

5 Tipe Data dalam Dunia Programming yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi programmer (pexels.com/@divinetechygirl)

String merupakan salah satu tipe data yang juga kerap digunakan dalam programming. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa string merupakan tipe data yang cukup populer.

Secara umum, string merupakan kompilasi dari berbagai urutan karakter dan data yang kerap digunakan untuk menyimpan suatu teks. Meski begitu, string juga bisa saja menyimpan angka atau pun simbol, namun tetap saja akan seolah disimpan dalam bentuk teks atau bilangan bulat.

2. Boolean

5 Tipe Data dalam Dunia Programming yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi programmer (pixabay.com/@innovalabs)

Tipe data yang tak boleh ketinggalan untuk kamu ketahui adalah boolean. Tipe data ini sebetulnya dapat merepresentasikan suatu nilai yang memiliki makna salah atau pun benar dalam suatu data.

Biasanya, boolean hanya dapat menunjukkan perbandingan dua nilai berdasarkan urutan angkanya yang lebih besar atau lebih kecil. Misalnya, angka 0 direpresentasikan sebagai false, sementara angka 1 adalah true.

Baca Juga: 5 Fakta Dunia Teknologi yang Harus Kamu Ketahui 

3. Character (Char)

5 Tipe Data dalam Dunia Programming yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi programmer (pexels.com/@divinetechygirl)

Character adalah salah satu tipe data yang biasa digunakan untuk menyimpan kompilasi dari satu huruf, simbol, tanda baca, angka, bahkan space kosong. Bahkan, tipe data ini juga kerap digunakan dalam banyak sistem pemrograman modern.

Bahkan, biasanya character juga kerap direpresentasikan dalam bentuk karakter alfabel, sehingga menampilkan karakter melalui kode numerik kecil. Inilah satu hal unik dari keberadaan tipe data character.

4. Integer

5 Tipe Data dalam Dunia Programming yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi programmer (pexels.com/@anete-lusina)

Integer merupakan salah satu tipe data yang dapat merepresentasikan suatu bilangan bulat ataupun umerik. Bahkan tipe data ini juga bisa menyimpan bilangan bulat atau pun bilangan yang tidak terdapat komponen pecahan di dalamnya.

Bilangan yang bisa disimpan pada sistem integer juga umumnya sekitar 16 hingga 2^16 atau sekitar 65.536 bit. Meski demikian, bit-bit yang dihasilkan integer biasanya memiliki signifikasi yang sederhana.

5. Floating point

5 Tipe Data dalam Dunia Programming yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi programmer (pexels.com/@divinetechygirl)

Floating point merupakan salah satu tipe data yang sangat unik atau bahkan biasa digunakan untuk komputasi teknis. Tipe data ini mampu menyimpan angka-angka dengan pecahan moneter.

Bahkan, penggunaan floating point disebut-sebut mampu menyimpan metode angka selayaknya kalkulator. Untuk total bit, biasanya dimulai dari 24 hingga 128 bit.

Sebetulnya, ada banyak sekali tipe data yang dapat kamu pelajari dalam dunia pemrograman. Namun, beberapa data yang telah disebutkan sebelumnya dapat menjadi referensi bila kamu baru mencoba peruntungan di bidang programming. Mana tipe data yang familiar untukmu?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Keyboard Terbaik untuk Programming 

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya