Comscore Tracker

5 Smartphone "Jadul" Ini Masih Layak untuk Kamu Miliki di 2018

#Gadget101: Walaupun "jadul" tapi mantan smartphone flagship

Smartphone flagship saat ini memang sudah dilengkapi teknologi yang semakin canggih, tetapi beberapa smartphone belum tentu dapat membuat lompatan besar dibandingkan generasi sebelumnya dalam hal teknologi atau desain. Jika dihubungkan ke smartphone (atau gadget lain, dalam hal ini), flagships umumnya dianggap yang terbaik dalam hal fitur, spesifikasi dan teknologi yang semakin canggih.

Tetapi masalahnya, smartphone flagship pasti memiliki harga yang selangit. Tapi tak perlu khawatir, smartphone - smartphone "jadul" berikut masih layak untuk kamu miliki sekarang dan pernah mendapat cap "flagship" pada zamannya. Dan tentunya harganya sekarang jauh lebih bersahabat.

1. OnePlus 3T

5 Smartphone Jadul Ini Masih Layak untuk Kamu Miliki di 2018techradar.com

Smartphone yang satu ini merupakan mantan flagship pada tahun 2016. Walaupun sudah tertinggal hampir 2 tahun, OnePlus 3T masih layak disandingkan dengan smartphone dari tahun 2018. Sebut saja spesifikasi seperti RAM sebesar 6GB, Qualcomm Snapdragon 821, GPU Adreno 530, panel AMOLED, pengisian cepat, dll. Selain itu OnePlus 3T juga dilengkapi dengan kamera dengan resolusi 16MP baik kamera depan maupun belakang. Smartphone ini dijual dengan harga kisaran Rp 6 jutaan untuk varian 64GB.

2. Samsung Galaxy Note Edge (Note 4)

5 Smartphone Jadul Ini Masih Layak untuk Kamu Miliki di 2018samsung.com

Banyak dari spesifikasi Note Edge yang akan terasa sangat akrab bagi siapa pun yang sering melihat spesifikasi - spesifikasi terkini. Note Edge hadir dengan layar AMOLED dengan tepi melengkung beresolusi QHD, 3GB RAM, memori hingga 64GB dan slot kartu microSD, dan kamera belakang 16MP dengan OIS dan aperture f /2.2.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari, teknologi Quick Charge 2.0, dukungan NFC, dan bahkan pembaruan untuk Android 6.0 Marshmallow. Kelemahan satu-satunya dari Note Edge adalah prosesor Snapdragon 805 yang sudah cukup tua yang akan terasa sedikit lamban, tetapi ini tentu bukan chip yang lambat. Smartphone ini sekarang dibanderol dengan rentang harga Rp 2-3 jutaan.

3. LG G4

5 Smartphone Jadul Ini Masih Layak untuk Kamu Miliki di 2018Cnet.com

Pertama kali dirilis pada April 2015, LG G4 masih masuk akal untuk direkomendasikan kepada seseorang yang mencari smartphone bagus dengan harga yang cukup terjangkau. Sektor fotografi ponsel ini masih dinilai lebih baik daripada beberapa smartphone modern oleh DxOMark dan dilengkapi dengan opsi pemotretan manual. Belum lagi ini adalah ponsel terakhir yang menyempurnakan seri G asli LG yang cukup mengesankan, sebelum LG melakukan proyek modifikasinya yang dapat dibilang gagal dengan G5.

Prosesor, memori, dan hardware ponsel ini masih sebanding dengan banyak handset mid-end masa kini. Snapdragon 808 masih menawarkan kinerja yang lumayan, RAM 3GB, memori 32GB, layar LCD dengan resolusi QHD, dukungan NFC, Quick Charge, pengisian daya nirkabel, dan dukungan audio 24-bit, yang semuanya memastikan masih layak disandingkan dengan smartphone keluaran terbaru. Kamu dapat membeli smartphone ini dengan harga sekitar Rp 2 jutaan.

4. LG V20

5 Smartphone Jadul Ini Masih Layak untuk Kamu Miliki di 2018techradar.com

LG V20, ponsel dual-screen dan dual-kamera, pertama kali diluncurkan di India dengan harga Rp 11 jutaan pada Desember 2016. Dilengkapi dengan spesifikasi unggulan 2016 seperti chipset Qualcomm Snapdragon 820, Adreno 530 GPU, layar QHD, dll. Juga dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya seperti Hi-Fi Quad DAC, layar sekunder, dan body military-grade. Selain itu, ini adalah ponsel pertama yang datang dengan Android 7.0 Nougat. Saat ini, kamu dapat membelinya dengan harga kisaran Rp 7 jutaan.

5. Google Pixel

5 Smartphone Jadul Ini Masih Layak untuk Kamu Miliki di 2018techradar.com

Dalam upaya untuk mengikuti keberhasilan iPhone, Google memberhentikan seri Nexus dengan mengeluarkan seri ponsel premium, Google Pixel. Pixel dan Pixel XL berhasil mencetak angka 89 pada DXOMark, situs web peringkat kualitas gambar pada ponsel. Skor ini adalah skor tertinggi yang dicatat oleh smartphone sampai akhirnya dikalahkan oleh HTC U 11.

Meskipun tidak datang dengan fitur yang begitu mewah, pengalaman stock android digabungkan dengan kamera yang memukau dan perangkat keras yang superior membuatnya menjadi primadona. Sekarang Google Pixel telah kedatangan seri terbarunya yaitu Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL yang tentunya harganya lebih mahal. Seri pertama dari Google Pixel ini sekarang dibanderol dengan harga Rp 7 jutaan.

Jadi mau beli yang mana nih?

Hendi Handoko Photo Verified Writer Hendi Handoko

An ordinary guy with extraordinary dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya